BERITA

Mitsubishi Xpander Cross, Ini Kehebatan dan Perbedaan dari Xpander Biasa

14 Nov 2019

Mitsubishi Xpander Cross secara resmi diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek Mitsubishi di Tanah Air. Menariknya, Indonesia jadi negara pertama yang meluncurkan Xpander bergaya crossover.

Diketahui, Mitsubishi Xpander Cross masih satu keluarga atau mengusung DNA yang sama dengan Xpander biasa yang saat ini sudah dijual dan cukup fenomenal daya tariknya. Bayangkan saja, sejak meluncur pada pertengahan Agustus 2017 sampai Oktober 2019, penjualan Xpander sudah terjual 140 ribu unit.

Nah, dengan adanya Mitsubishi Xpander Cross, diharapkan penjualannya akan kembali meroket. Meski mobil tersebut diprediksi dapat menggaet 1500-2.000 orang pembeli per bulannya.

Mitsubishi Xpander Cross
Tampilan Mitsubishi Xpander Cross. (End)

Nah, balik lagi soal Mitsubishi Xpander Cross, menurut Chief Product Specialist B & C Segment, Product Strategy Division Mitsubishi Motor Company Minoru Uehara, Xpander Cross adalah gabungan dari MPV dan SUV.

“Kami sudah membandingkan Xpander Cross dengan pemain Low SUV di sini (Indonesia). Kami menawarkan ruangan yang lebih lega dan interior yang lebih nyaman buat konsumen dalam hal lain penumpang di baris kedua dan ketiga. Ini hal yang tidak dimiliki oleh Low SUV lainnya,” ungkap Uehara saat meluncurkan Mitsubishi Cross di Jakarta.

Perbedaan dan Kelebihan

Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross. (End)

Tak hanya Low SUV, Uehara menyatakan, Xpander Cross juga sudah membandingkan dengan model Low MPV dimana mobil ini sudah dijejali fitur-fitur SUV, serta ketangguhannya berkat ground clearance lebih tinggi.

Ya, Mitsubishi Xpander ini memiliki jarak sasis ke tanah mencapai 225 milimeter. Angka ini lebih tinggi dibandingkan model Xpander biasa yang hanya 205 mm.

Tingginya Mitsubishi Xpander Cross dalam soal Ground Clearance karena telah dilakukan penyetelan ulang pada bagian suspensi MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di roda belakang, dimana mobil tersebut kini memiliki rebound spring atau per yang dipasang di dasar piston rod atau dalam sokbreker.

Dengan adanya rebound spring, maka hal ini meningkatkan kenyamanan berkendara, karena ketika mobil dipacu dengan kecepatan 70 km/jam akan masih stabilitas.

Desain pelek Mitsubishi Xpander Cross kini berukuran 17 inci. (End)

Selain itu, penggunaan desain pelel juga berbeda dan lebih besar ukuranya yaitu 17 inci dengan ban berukuran 205/55 R17. Sedangkan model sebelumnya hanya 16 inci.

Dengan perbedaan pada kaki-kaki yang lebih jangkung inilah membuat Xpander Cross memiliki kelebihan seperti sebuah SUV atau Crossover yang sanggup meladeni jalur-jalur offroad.

Nah, itu perbedaan dan kelebihan yang terlihat dari kaki-kaki namun tetap memberikan rasa nyaman. Sedangkan perbedaan yang sangat terlihat yaitu pada bagian eksterior.

Mitsubishi Xpander Cross
Tampang depan Mitsubishi Xpander Cross. (End)

Ya, tampilan wajah Mitsubishi Xpander Cross ini berbeda, seperti halnya gril kini dibalut black chrome dan ada garis horizontal lebih besar. Demikian juga ciri khas dynamic shieldnya ikut berubah.

Belum lagi, kesan SUV terlihat berkat desain skid plate pada bawah bumper, kemudian keberadaan lampu LED pada bagian headlamp dan foglamp. Sebaliknya, untuk penerangan pada model Xpander biasa masih menggunakan lampu halogen.

Mitsubishi Xpander Cross
Tampilan samping Mitsubishi Xpander Cross. (End)

Sedangkan pada bagian samping Mitsubishi Xpander Cross dilengkapi wheel arch molding, serta side body garnish sehingga terkesan sporty. Selain itu, bagian spion juga sudah menggunakan sistem auto-folding.

Kesan mobil tangguh dan terlihat mirip mobil offroad tak lain keberadaan roof rail dan tampilan modern dengan adanya shark fin antenna.

Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross memiliki roofrail dan juga shark antenna. (End)

Sedangkan pada bagian buritan, menggunakan tailgate garnish berkelir piano black, serta skid plate lebih besar pada bagian bumper bawah, sehingga memberikan image tangguh.

Kaca belakang juga sudah dilengkapi Deffoger yang berfungsi untuk menghilangkan kabut atau embun ketika cuaca hujan atau kondisi dingin. Dengan adanya deffoger maka visibilitas pengendara menjadi lebih jelas. untuk mengaktifkan Deffoger juga cukup mudah yaitu hanya menekan tombol deffoger yang ada di dashbor.

Kabin Lebih Lengkap Fitur dan Senyap

Tak hanya luarnya saja, kabin mobil ini juga ikut diubah. Salah satu yang berbeda yaitu kehadiran fitur cruise control yang dipercaya memudahkan pengendara mengontrol kecepatan selama perjalanan.

Mitsubishi Xpander Cross
Tampilan lingkar kemudi Mitsubishi Xpander Cross. (End)

Ketika parkir juga tak perlu was-was, karena Mitsubishi Xpander Cross sudah dipasang rear camera dan sensor parkir yang terhubung layar audio.

Oia, Head unit Mitsubishi Xpander Cross juga dilengkapi layar sentuh berukuran tujuh inci, berbeda dibandingkan Mitsubishi Xpander biasa (tipe Ultimate).

Tampilan head unit Mitsubishi Xpander Cross. 

Hal yang tak bisa lepas dari masyarakat zaman now, mobil ini sudah memiliki power outlet yang ada di setiap baris depan, tengah dan belakang.

Selain itu, Mitsubishi Xpander Cross juga sudah dilengkapi sejumlah fitur keamanan seperti ABS + EBD, Brake Assist, Dual SRS Airbags, Hill Assistan System, Keyless Operation System, Parking Sensor + Rear View Kamera, Active Stability dan Traction Control.

Kabin mobil Mitsubishi Xpander Cross juga lebih kedap dari raungan suara mesin. Hal ini dipercaya berkat material penyerapan suara dan penghambatan getaran, sehingga kesenyapan mobil ini mendekati 80 persen articulation index.

Mitsubishi Xpander Cross
Mesin Mitsubishi Xpander Cross.

Untuk jantung pacu masih sama yaitu mengusung mesin 1.5 liter, MIVEC, DOHC 16 Valve yang sanggup menghasilkan daya hingga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Menyoal harga, Mitsubishi Xpander Cross untuk tipe transmisi manual dijual Rp 267,7  juta, tipe transmisi otomatis Rp 277,7 juta dan tipe dengan paket premium berupa leather seat dengan transmisi otomatis dibanderol Rp 286,7 juta. Semuanya dijual on the road Jakarta.

Untuk tipe Xpander Cross Premium Package harganya lebih mahal karena interiornya dilapis bahan kulit, emblem Xpander Cross berwarna hitam dan pembelian sudah termasuk pemasangan kaca film V-Kool.

Mitsubishi Xpander Cross
Tampilan belakang Xpander Cross. (End)

Adapun untuk memberikan pilihan warna  semua varian hadir dengan kelir Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Gray Metallic dan Sunrise Orange Metallic.

Jika OLXer tertarik, silahkan kunjungi dealer terdekat. Jangan lupa lakukan test drive. (Her)