Copied to clipboard!

Mitsubishi Xpander



MOBIL BARU

Mitsubishi Xpander Spesifikasi Lengkap & Harga Terkini

Author : Herdi Muhardi

03 Sep 2020


Mitsubishi Xpander merupakan mobil keluarga yang cukup fenomenal, kenapa? Sebab, mobil  ini menyedot perhatian masyarakat di tengah popularitas si kembar Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, kemudian Honda Mobilio, dan juga Suzuki Ertiga. 

Ya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), selaku distributor mobil penumpang Mitsubishi meluncurkan Mitsubishi Xpander saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. 

Pertama kali diperkenalkan di hadapan publik, tak sedikit yang menyebutkan bahwa  Mitsubishi Xpander cukup menarik. Bahkan MMKSI mengklaim Xpander merupakan sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) namun memiliki cita rasa seperti Sport Utility Vehicle (SUV).

Tentu saja, strategi menghadirkan Mitsubishi Xpander ini tak lepas dari perhitungan tepat Mitsubishi Motors Corporation (MMC), yang merasa bahwa produk yang tepat di pasar otomotif nasional adalah mobil jenis tersebut. Niatan MMC sendiri tak hanya sekadar menghadirkan Mitsubishi Xpander, sebab mereka berinvestasi mendirikan pabrik produksi mobil tersebut di kawasan industri GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat yang nilainya mencapai 65 miliar yen.

Oia, di pabrik tersebut Mitsubishi Xpander tidak hanya dijual untuk pasar domestik, tetapi juga di ekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, hingga Afrika. Bahkan mobil ini juga ditargetkan bakal diekspor ke 40 negara.

Kemunculan Mitsubishi Xpander juga dibarengi dengan berdirinya dan pembaharuan sejumlah dealer di beberapa kota di Indonesia. Hal ini tentu saja untuk memanjakan konsumen tak hanya dari segi penjualan, namun juga memberikan layanan purna jual yang baik kepada konsumen baru Mitsubishi, termasuk service dan spare part. 

Perbedaan Varian Mitsubishi Xpander - Wajib Tahu Sebelum Membeli

OLXer yang berniat membeli Mitsubishi Xpander sudah sepatutnya mengetahui bahwa mobil ini terdiri dari beberapa varian dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Seperti diketahui, beberapa varian Mitsubishi Xpander antara lain tipe GLX hanya menawarkan transmisi manual. Mobil jenis ini biasanya diminati konsumen fleet atau borongan. Selain itu ada juga varian GLS, Exceed, Sport dan juga Ultimate. Semuanya sudah dilengkapi transmisi manual dan otomatis.

Oia, Mitsubishi juga punya varian Xpander Cross, dimana tampilan untuk varian mobil ini dianggap lebih macho dan cocok bagi mereka yang gemar berpetualang. Mitsubishi Xpander Cross juga bisa disebut jadi varian tertinggi, karena aksen dan fitur-fitur yang dijejali lebih lengkap. Mitsubishi Xpander Cross juga hadir dalam tiga pilihan yaitu tipe manual dan otomatis serta premium package dengan transmisi AT. 

Meski memiliki perbedaan, semua tipe Mitsubishi Xpander sudah dibekali mesin 4A91,  MIVEC, DOHC, 16-Valve berkapasitas 1.5 liter dengan tenaga yang dihasilkan 103 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Perbedaan-perbedaan pada bagian Mitsubishi Xpander ini pula membuat harganya juga berbeda.

Berikut perbedaan Mitsubishi Xpander berdasarkan tipe:

Perbedaan Mitsubishi Xpander

GLX

 

Exceed

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

AT

AT

MT

Pre AT

Ban

Lebar

185

205

Aspek Rasio

65

55

Diameter

15

16

17

Material Velg

Steel

Alloy

Alloy-Two Tone

Dimensi

Panjang (mm)

4,475

4,500

Tinggi (mm)

1,695

1,700

1,750

Lebar (mm)

1,750

1,800

Jarak pijak (mm)

200

205

225

Sistem Pengereman

Depan

Disc Brake

Ventilated disc

Belakang

Drum brake

Suspensi

Depan

Macpherson Strut with Coil Spring

MacPherson Strut with Stabilizer

Belakang

Torsion Beam

Media

Audio

Audioless

Wide 2 Din audio AM/FM radio, CD/MP3, USB Player, Aux Input

Wide 2 Din touchscreen audio with AM/FM radio, USB player, iPhone/iPad/iPod, Bluetooth with hands free function, voice recognition, smartphone connectivity

Lain-lain

Warna Kabin

satu warna

Dua Warna

AC Double Blower

Ya

*spesifikasi lebih lengkap tersedia pada sub topik khusus membahas spesifikasi dan konfigurasi.

Perbedaan Harga Mitsubishi Xpander dari Setiap Tipe

Mitsubishi Xpander

Harga Juta

Perbedaan harga

GLX M/T

Rp 217.800.000

-

GLS M/T

Rp 234.300.000

Rp 16.500.000

EXCEED M/T

Rp 242.800.000

Rp 8.500.000

GLS A/T

Rp 245.300.000

Rp 2.500.000

EXCEED A/T

Rp 253.200.000

Rp 7.900.000

SPORT M/T

Rp 261.200.000

Rp 8.000.000

SPORT A/T

Rp 271.200.000

Rp 10.000.000

ULTIMATE A/T

Rp 275.100.000

Rp 3.900.000

Cross M/T

Rp 272.700.000

Rp 2.400.000

Cross A/T

Rp 282.700.000

Rp 10.000.000

Premium Package A/T

Rp 292.700.000

Rp 10.000.000

*harga mobil dapat mengalami perubahan dari waktu waktu baik baru atau bekas.

Dari varian Mitsubishi GLX M/T hingga varian Premium Package A/T  terdapat selisih harga hampir Rp 74,9 jutaan. Tipe manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Perbedaan dari masing masing tipe yang telah kami susun tentu akan mempermudah dalam mengambil keputusan tersebut.

Keunggulan Mitsubishi Xpander

Secara keseluruhan ada beberapa keunggulan dari Mitsubishi Xpander, antara lain:

1. Desain

Secara desain atau bentuk, meski disebut sebagai mobil Low MPV, namun kesan SUV justru terasa. Hal ini karena Mitsubishi Xpander memiliki bentuk yang lebar mirip SUV pada umumnya. Mobil ini juga telah mengusung konsep desain fascia Dynamic Shield pada bagian depan dan headlamp LED DRL dan grille berlapis krom sehingga terkesan modern dan mewah. 

Oia, body bongsor Mitsubishi Xpander dikarenakan memiliki suspensi dan Ground Clearance yang disetting lebih tinggi dari tanah. Untuk tipe suspensi depan menggunakan Macpherson Strut Coil Spring dan bagian belakang dibenamkan Torsion Beam. 

Untuk soal ground clearance, jarak dari tanah ke body mobil mencapai 200 mm.

2. Kabin dan Interior

Karena bentuknya tergolong besar, maka hal ini sangat berpengaruh terhadap ruang kabin menjadi lebih lega. Sehingga ruang gerak para penumpangnya menjadi lebih leluasa dan nyaman, serta dapat bebas bergerak. 

Kabin yang lega ini juga berimbas menjadi lebih banyak bawaan yang bisa diangkut di dalam bagasi. 

Bagian interior Mitsubishi Mitsubishi Xpander juga tergolong mewah untuk ukuran mobil Low MPV, seperti pada desain dashboard, lingkar kemudi, layar odometer, konsol tengah dan kendali, layar sentuh lengkap dengan beragam fitur entertainment yang menarik.

3. Fitur

Mitsubishi Xpander juga punya kelebihan lainnya, yaitu fitur yang melimpah mulai dari fitur keamanan, dan keselamatan sehingga memberikan nyaman nyaman bagi pengemudi dan penumpang. 

Beberapa fitur yang ada di Mitsubishi Xpander antara pengereman Anti-Lock Braking System (ABS), SRS Airbag, Immobilizer. Selain itu ada juga fitur Active Stability Control (ASC) yang menjaga kestabilan saat bermanuver, Emergency Stop Signal (ESS) dan Pedestrian Protection. Bahkan varian Sport dan Ultimate sudah ada Rear View Camera yang mempermudah saat parkir mundur. 

Kemudian ada juga Hill Start Assist (HSA) yang membantu mobil ketika berhenti di tanjakan, dan juga Brake Assist (BA).

4. Mesin dan Performa

Untuk jantung pacu,Mitsubishi Xpander cukup tangguh, hal ini berkat mesin tipe Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) berteknologi 4A91 DOHC berkapasitas 1.5 liter dengan 16 katup yang menghasilkan daya hingga 130 Tk pada putaran 6000 rpm dengan torsi 145 Nm per putaran 4000 rpm. 

Dengan mesin ini pula, Mitsubishi Xpander kuat di segala medan, dan paling penting saat melakukan perpindahan transmisi terasa halus dan irit bahan bakar. 

Harga - Harga Mitsubishi Xpander Bekas

Seperti diketahui, meski Mitsubishi  Xpander baru seumur jagung atau tiga tahun lamanya, namun ternyata walau terkadang ada yang menjual dengan status bekas, mobil ini tetap termasuk jadi paling banyak dicari konsumen OLX.co.id.

Di OLX, Mitsubishi Xpander dengan kondisi tangan kedua harganya masih cukup tinggi. Lihat saja, untuk model lansiran 2017 harganya masih di atas Rp 150 jutaan. Namun begitu ada juga beberapa harga yang berbeda-beda-beda. 

Tentu saja ada harga tinggi dan rendah, bisa sangat  bervariasi, tergantung tahun perakitan, kondisi mobil, jarak tempuh kilometer, hingga kelengkapan surat-surat.

Simak beberapa rekomendasi kami berikut ini:

*harga mobil bekas berbeda beda tergantung dari kondisi mobilnya. Rekomendasi kami tidak bersifat mutlak, namun didasarkan pada harga iklan mobil bekas di OLX.

Mitsubishi Xpander Harga di bawah Rp 200 juta

Apabila OLXer memiliki budget terbatas, namun tetap ingin membeli mobil Mitsubishi Xpander. Tentu pilihannya adalah memilih yang bekas. Namun tipe seperti apa atau tahun berapa sajakah untuk budget di bawah Rp 150 juta ini?

  •   XpanderTahun : 2017, 2018, dan 2019
  •   Xpander Tipe : Pilihannya dengan transmisi manual maupun otomatis 

Cek Disini Untuk Mitsubishi Xpander Harga Rp 150 Jutaan

Skema Cicilan Mitsubishi Xpander

Bagi sebagian orang mobil merupakan kebutuhan utama untuk mobilitas sehari hari, atau sebagian orang lainnya yang berfungsi sebagai gaya hidup. Apapun latar belakangnya membeli mobil bekas secara tunai tidak bisa ditempuh oleh semua orang. 

Nah bagi sebagian lainnya jalur kredit atau membeli secara mencicil adalah pilihannya. Berikut simulasi untuk beli kredit Mitsubishi Xpander

Kredit Mitsubishi Xpander Cicilan Rp 1,6  juta per bulan & Rp 2 Juta per bulan

Membeli mobil Mitsubishi baru atau bekas bisa juga dilakukan dengan cicilan kredit. Bahkan ada cicilan Rp 1,6 jutaan untuk Mitsubishi bekas. Sedangkan untuk Mitsubishi Xpander baru cicilan paling rendah Rp2,3 juta untuk tipe GLX M/T, dan Rp 2,5 juta untuk GLS M/T, hingga tipe Cross Premium Package A/T, Rp 3,2 jutaan. 

Lantas tipe apakah atau tahun berapakah yang bisa dibeli dalam rentan harga cicilan tersebut?

1. Tentukan terlebih dahulu mobil bekas atau baru

2. Kemudian pilih tipe sesuai selera dan kebutuhan

3. Selanjutnya pilih harga dan tahun produksinya

Misalkan ingin membeli Mitsubishi Xpander dengan cicilan kurang dari Rp 2  jutaan per bulan. Maka berdasarkan subtopik di atas bisa diperoleh beberapa tipe Mitsubishi Xpander namun dengan lama cicilan hingga delapan tahun.

Namun jika ingin cicilan Rp 4 jutaan, bisa saja membeli Xpander dengan cicilan selama lima tahun. 

Berikut adalah gambaran atau simulasi cicilan kredit Mitsubishi Xpander. Silahkan sesuaikan berdasarkan kebutuhan masing masing.

Tipe Mobil Mitsubishi Xpander

Harga OTR

Pinjaman

Cicilan/Bln

Cicilan/Bln

Cicilan/Bln

Cicilan/Bln

5th

6th

7th

8th

GLX M/T

217,800,000

163,350,000

3,403,125

2,949,375

2,625,268

2,382,188

GLS M/T

234,300,000

175,725,000

3,660,938

3,172,813

2,824,152

2,562,656

EXCEED M/T

242,800,000

182,100,000

3,793,750

3,287,917

2,926,607

2,655,625

GLS A/T

245,300,000

183,975,000

3,832,813

3,321,771

2,956,741

2,682,969

EXCEED A/T

253,200,000

189,900,000

3,956,250

3,428,750

3,051,964

2,769,375

SPORT M/T

261,200,000

195,900,000

4,081,250

3,537,083

3,148,393

2,856,875

SPORT A/T

271,200,000

203,400,000

4,237,500

3,672,500

3,268,929

2,966,250

ULTIMATE A/T

275,100,000

206,325,000

4,298,438

3,725,313

3,315,938

3,008,906

Cross M/T

272,700,000

204,525,000

4,260,938

3,692,813

3,287,009

2,982,656

Cross A/T

282,700,000

212,025,000

4,417,188

3,828,229

3,407,545

3,092,031

Premium Pack A/T

292,700,000

219,525,000

4,573,438

3,963,646

3,528,080

3,201,406

Xpander Bekas

150,000,000

112,500,000

2,343,750

2,031,250

1,808,036

1,640,625

Xpander Bekas

200,000,000

150,000,000

3,125,000

2,708,333

2,410,714

2,187,500

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang membuat kredit Mitsubishi Xpander berbeda-beda, yaitu

*setiap bank memiliki ketentuan masing masing, simulasi ini dibuat berdasarkan gambaran umum perkreditan. Silahkan kunjungi bank terdekat untuk perhitungan pastinya

*Simulasi ini dihitung menggunakan DP 25%,

*Bunga flat 5% per tahun.

*Simulasi di atas belum termasuk asuransi dan biaya administrasi

Review Tampilan Eksterior dan Interior Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander memang sanggup menyedot perhatian konsumen di Indonesia. Hal ini karena desain yang ditawarkan memang sangat berbeda dibandingkan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan juga Suzuki Ertiga. 

sejak pertama kali diluncurkan desain Mitsubishi Xpander langsung mencuri perhatian. Belum lagi bagian wajah sudah mengusung desain Dynamic Shield yang membentuk huruf X, yang dikombinasikan dengan headlama di bagian bumper, serta penggunaan lampu Daytime Running Light (DRL), kemudian foglamp dibagian bawah. 

Melihat pada bagian samping, garis-garis mobil ini juga memiliki kesan keren dan tegas, apalagi pada bagian buritan, dimana lampu stop menggunakan rear combination lamp dengan bentuk L, sehingga memberikan kesan ciamik dan sporty. 

Untuk bagian interior, seperti yang disebutkan di atas, mobil ini kaya akan fitur-fitur melimpah yang tentunya sesuai dengan keinginan konsumen agar mempermudah dan memanjakan pengemudi dan penumpang.

Konfigurasi / Spesifikasi Mitsubishi Xpander Semua Tipe

Mesin

Untuk jantung pacu, Mitsubishi Xpander semua tipe disematkan mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve yang mampu menghasilkan daya hingga 103 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 103 Nm pada 6.000 rpm. 

Nah, mau tau detail mesin yang dibenamkan Mitsubishi Xpander secara lebih lengkap, berikut ulasannya:

Mesin

Varian / Tipe Mobil

GLX

Exceed

GLS

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

M

AT

MT

Pre AT

Kapasitas Mesin (cc)

1.499

Jumlah Silinder

4

Jumlah Katup

16

Tipe Penggerak

Roda Depan

Maksimal Tenaga (HP) / rpm

103/ 6.000

103/ 6.000

Maksimal Torsi (nm) / rpm

141 / 4.000

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Bahan Bakar (liter)

45

Konfigurasi mesin

4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve

Dimensi Kendaraan

Varian / Tipe Mobil

GLX

GLS

Exceed

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

MT

AT

MT

Pre AT

Panjang (mm)

4,475

4,500

Tinggi (mm)

1,695

1,700

1,750

Lebar (mm)

1,750

1,800

Radius Putar (m)

5,200

Jarak sumbu roda (mm)

2,275

Jarak pijak (mm)

200

205

225

Ban & Velg

Varian / Tipe Mobil

GLX

GLS

Exceed

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

MT

AT

MT

Pre AT

Lebar

185

205

Aspek Rasio

65

55

Diameter

15

16

17

   

Material Velg

Steel

Alloy

Suspensi dan Rem

Varian / Tipe Mobil

GLX

GLS

Exceed

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

MT

AT

MT

Pre AT

Rem Depan

Disc Brake

Ventilated disc

Suspensi depan

Macpherson Strut with Coil Spring

MacPherson Strut with Stabilizer

Rem Belakang

Drum brake

Suspensi belakang

Torsion Beam

Keselamatan dan Keamanan

Varian / Tipe Mobil

GLX

GLS

Exceed

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

AT

AT

MT

Pre AT

Anti lock Braking System

Ya

Brake Assist

No

Ya

Electronic Brake Distribution

Ya

Sensor parkir

No

Ya

Rearview Camera

No

Ya

Airbag system

SRS Airbag

Dual SRS Airbag

Child safety locks

Ya

Sabuk pengaman depan

Ya

ISOFIX

Ya

Uphill & Downhill Assist Control

Tidak

Hill Start Assist

Vehicle Stability Control System

Tidak

Active stability & Traction Control

Anti theft system

Tidak

Alarm system

immobilizer

Ya

Kenyamanan

Varian / Tipe Mobil

GLX

GLS

Exceed

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

AT

AT

MT

Pre AT

AC

Ya

Pengaturan posisi setir

Tilt & Telescopic

Power window depan

Auto Driver side only

Tombol multi fungsi di Stir

Tidak

Ya

Cruise Control

Tidak

Ya

Tidak

Ya

Engine start stop button

Tidak

Ya

Front & Rear Defogger

Front

Front & Rear

Ambient Lights

Tidak

Gearshift paddle

Tidak

Head-up Display

Tidak

Headrest

Adjustable

Keyless entry

Tidak

Smart Key

Power outlet

Ya

Power steering

Ya

Lampu baca

Halogen

Kursi lipat belakang

Ya 60:40

Pengaturan tempat duduk

Sliding and reclining seatback function

With height adjuster

Bahan tempat duduk

Fabric

High grade Fabric

Vanity mirror

Ya

Eksterior

Varian / Tipe Mobil

GLX

GLS

Exceed

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

AT

AT

MT

Pre AT

Lampu depan

Halogen

LED

Lampu kabut

Tidak

Halogen

LED

Kaca spion

Electric mirror

Electric mirror & retract

Roof rack and rail

Tidak

Roof rail

Rear Defogger

Tidak

Ya

Lampu Belakang

LED

Shark Fin

Short Pole

ya

Hiburan dan Komunikasi

Varian / Tipe Mobil

GLX

GLS

Exceed

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

AT

AT

MT

Pre AT

Audio

Audioless

Wide 2 Din audio AM/FM radio, CD/MP3, USB Player, Aux Input

Wide 2 Din touchscreen audio with AM/FM radio, USB player, iPhone/iPad/iPod, Bluetooth with hands free function, voice recognition, smartphone connectivity

Audio Steering Wheel

Tidak

Ya

Fitur dan Lain – lain

Varian / Tipe Mobil

GLX

 

Exceed

Sport

Ultimate

Cross

MT

AT

MT

AT

MT

AT

MT

AT

AT

MT

Pre AT

Warna Kabin

Satu Warna

Dua Warna

AC Double Blower

Ya

Promo Mitsubishi Xpander

Di awal September 2020, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan promo berupa layanan purna jual melalui After Sales Corporate Value ‘Mitsubishi ONE’ yang memiliki esensi utama yaitu “Forward Thinking for Customer”. 

Promo ini diberikan untuk perbaikan dan perawatan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors dalam rangka masih dalam euforia hari kemerdekaan Indonesia melalui ‘Merdeka Campaign’ pada periode 15 Agustus – 19 September 2020. 

  1. Promo perawatan kabin mobil

Tak ketinggalan, konsumen juga akan mendapatkan perawatan berkala kendaraannya untuk dapat a membersihkan kabin dengan Paket Cabin Treatment. Perawatan pada kabin serta penyemprotan desinfektan yang dapat dilakukan bersamaan dengan perbaikan biasa, perawatan berkala maupun penggunaan fasilitas Smart Package, serta Free Service pertama atau kedua.

Pelanggan dapat menikmati layanan ini dengan harga mulai dari Rp 49,000 tanpa pungutan biaya jasa. Melalui paket ini pula, pelanggan bisa mendapatkan diskon sebesar 25 persen untuk produk desinfektan. Produk desinfektan yang diberikan telah menggunakan komposisi yang direkomendasikan oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (U.S. EPA) yaitu BARDAC 205M. Promo paket ini berlaku untuk seluruh konsumen kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors. 

  1. Promo Tune-up Mobil Mitsubishi

Selain perawatan kabin, melalui Merdeka Campaign MMKSI juga menghadirkan paket untuk menjaga performa kendaraan dengan Paket Tune-up khusus untuk kendaraan penumpang Mitsubishi Motors dengan mesin gasoline.

Pelanggan yang ingin melakukan perbaikan umum kendaraannya dapat memilih paket Tune-up untuk dilakukan pemeriksaan ruang mesin dan penggunaan Mitsubishi Motors Genuine Chemical yaitu Fuel System Cleaner gasoline pada kendaraannya. 

Selain mendapatkan diskon sebesar 5 persen untuk Fuel System Cleaner, pelanggan juga mendapatkan satu kali penyemprotan desinfektan secara gratis pada paket ini. Paket Tune-up bisa didapatkan pelanggan dengan harga mulai dari Rp 192.000 (sudah termasuk biaya jasa).

  1. Promo Perawatan Berkala

Program menarik juga ditawarkan MMKSI untuk pelanggan kendaraan penumpang Mitsubishi Motors yang kendaraanya sudah diatas 50.000 kilometer² atau lebih dari 3 tahun (Out of Warranty) dan ingin melakukan perawatan berkala. 

Pelanggan dapat memilih Paket Ganti Oli. Dengan diskon sebesar 25 persen untuk penggantian oli dan gratis satu kali penyemprotan disinfektan. Paket ini berlaku untuk setiap penggantian oli 5W-30, 0W-20, 10W-30 dan 10W-40. Pelanggan dapat mendapatkan promo paket ini dengan harga mulai dari Rp 300.000,- (belum termasuk biaya jasa dan PPN 10%). Sehingga kendaraan yang sudah out of warranty pun dapat tetap terjaga dalam kondisi yang prima.

Selain itu, sejak 22 Agustus 2020, sebagai bagian dari pengimplementasian core value Mitsubishi ONE di dealer resmi Mitsubishi Motors, setelah mendapatkan layanan perbaikan dan perawatan kendaraan pelanggan berkesempatan mendapatkan merchandise Mitsubishi ONE berupa oil tag dan stiker mobil. 

Program ini berlaku untuk seluruh pelanggan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors selama persediaan masih ada.

Seluruh layanan purnajual tersebut bisa konsumen dapatkan di seluruh dealer resmi Mitsubishi Motors di Indonesia dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts)

Tips Membeli Mitsubishi Bekas 

Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli mobil impian. Termasuk jika ingin membeli mobil Mitsubishi Xpander bekas. Berikut hal yang harus diperhatikan;

  • Periksa service record dan kondisi mesin. Pastikan pemilik mobil Mitsubishi Xpander sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.
  • Periksa body dan cat. Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya dan pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.
  • Periksa interior. Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yang mulai berkarat.
  • Periksa kelengkapan surat. BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.

Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.

Review Pengalaman Mitsubishi Xpander

Kehadiran Mitsubishi Xpander pada 2017 lalu ternyata membuat Danang dan keluarga langsung jatuh hati pada MPV yang satu ini. Menurut pria asal Serpong, Tangerang Selatan itu, tak lama Xpander diluncurkan dia langsung membelinya.

“Pas beli 2017 nggak pake test drive, cuma liat barang di GIIAS 2017 terus langsung beli,” ungkap Danang.

Danang beralasan, Mitsubishi Xpander memiliki desain model yang berbeda dibandingkan kompetitor, termasuk soal melimpah ruah perihal fitur yang disematkan. 

Selain itu, Danang juga menyukai Mitsubishi Xpander karena hal yang paling menarik adalah servis gratis sampai 50.000 km. Bahkan setelah beberapa bulan dipakai mobil yang hanya digunakan secara normal ini tergolong irit soal bahan bakar.

Hal serupa juga dialami pria asal Depok bernama Harry. Kata dia, membeli Mitsubishi Xpander dikarenakan mobil tersebut memiliki kesan lebih besar, sehingga kabin luas dan nyaman. 

“Beli sejak 2018, secara eksterior oke, modern dan beda dari Low MPV kebanyakan. Interior bagus, kabin kedap dan nyaman,” ucapnya. 

Lalu bagaimana dengan performanya? Harry menjawab, cukup bertenaga dan mobil dengan bentuk yang besar tergolong irit bahan bakar.

FAQ - Pertanyaan seputar Mitsubishi Xpander

Pertanyaan-pertanyaan ini sengaja kami susun berdasarkan keingintahuan lebih lanjut dari pengguna atau calon pengguna. Terkait hal hal di luar informasi teknis dasar dari pabrikan Mitsubishi. Jika ada perihal lain yang ingin Anda tanyakan jangan ragu memberikan kolom komentar pada halaman ini.

Apa perbedaan Mitsubishi Xpander dengan Xpander Cross?

Secara eksterior Mitsubishi Xpander memiliki nuansa chrome di bagian luar, sedangkan  Xpander Cross tidak. Di bagian depan Xpander Cross menggunakan desain bumper yang berbeda dari Xpander MPV, dengan desain lebih kotak. Desain grill depan juga berbeda dengan balutan warna hitam. 

Lampu depan pada Xpander Cross menggunakan LED, sedangkan Xpander MPV masih bohlam halogen. Rumah lampu Xpander Cross dan Xpander MPV desain bumper depan berbeda.

Bagian samping Xpander Cross memiliki wheel arch molding berwarna hitam pada over fender dan side body garnish dan ew design 17-inch alloy wheel atau lebih besar dari Xpander yang menggunakan velg 16-inch.  

Pada bagian atap disematkan roof rail yang tidak ada pada Xpander MPV, ditambah antena Shark Fin sebagai standar di Xpander Cross. Pada bagian belakang, terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate yang lebih besar di bagian bawah bumper.

Xpander Cross menggunakan basis dari Xpander MPV varian tertinggi, selain itu, dimensi Xpander Cross lebih panjang 22mm (4.500 mm), lebih lebar 50 mm (1.800 mm), dan lebih tinggi 50 mm (1.750 mm) dibandingkan Xpander.

Meski Mitsubishi Xpander Cross menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di roda belakang, Namun damper, pegas dan posisi caster angle diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih.  Kemudian jarak ground clearance Xpander Cross lebih tinggi 20 mm menjadi 225 mm. 

Xpander Cross memiliki nuansa warna gelap lebih dominan di kabin, mulai dari trim pada jok, dashboard, dan pintu. Kombinasi warna hitam dan coklat menghiasi kabin Xpander Cross. Jok berbahan dasar fabric ada untuk transmisi manual dan otomatis, sedangkan pembungkus jok kulit dibalutkan pada opsi tertinggi Xpander Cross Leather Seat Premium Package. 

Fitur varian tertinggi di Xpander Ultimate dibuat lebih lengkap di Xpander Cross, seperti di dual airbags, active stability & traction control, cruise control serta hill start assist. 

Xpander Cross sudah dilengkapi dengan Cruise Control dan layar infotainment 7 inci yang sudah mendukung koneksi smartphone dan rear view camera. Hal ini setara dengan fitur yang juga ada pada Xpander Ultimate. 

Selain itu, Xpander Cross sudah dilengkapi fitur parking sensor.  Di mana parking sensor ini sebelumnya tidak terdapat di Xpander tipe apapun. Kemudian Xpander Cross mempunyai fitur defogger di kaca belakang yang sebelumnya tidak ada di Xpander. 

Apakah Mitsubishi Xpander memiliki pilihan bermesin 1.3 liter?

Jawabannya tidak ada. Diketahui, Mitsubishi memang sengaja tidak menyasar mesin 1.3 liter untuk diterapkan pada Mitsubishi Xpander. Walau mesin 1.3 liter cukup diminati, Mitsubishi memang belum berkeinginan menghadirkannya.

Sebaliknya, mesin 1.5 liter dianggap lebih pas digunakan pada Mitsubishi Xpander, karena mobil bermesin 1.3 liter biasanya  digunakan bukan untuk pribadi alias individu, melainkan konsumen fleet atau untuk digunakan usaha atau semacamnya. 

Bagaimana perawatan Mitsubishi Xpander?

Untuk perawatan rutin, sejatinya sama saja. Akan tetapi, Mitsubishi pernah mengklaim bahwa biaya perawatan Mitsubishi Xpander lebih murah 25 persen dibanding Toyota Avanza.

Pada 2019 lalu, disebutkan jika biaya oli mesin dengan spesifikasi 0W-20 sebanyak 4 liter, Xpander menghabiskan biaya sebesar Rp 317 ribu. Sedangkan untuk part berkala, seperti saringan oli, gasket, air cleaner, dan air refresher, Mitsubishi Xpander habis Rp 430 ribu.

Untuk chemical atau fluid, seperti brake fluid dan brake cleaner, Mitsubishi Xpander cukup menghabiskan biaya Rp 153.500.

Oia, setiap pembelian Mitsubishi Xpander juga bisa memiliki paket servis dan part gratis sesuai buku manual yang diberikan selama tiga tahun atau 50.000 kilometer ditambah lagi biaya perawatan selama dua tahun.

Mitsubishi Xpander selama 10.000 kilometer tidak dikenai biaya perawatan karena semua masih dijamin oleh MMKSI.

Mengapa harga Xpander cross jadi lebih mahal?

Mitsubishi Xpander Cross transmisi manual maupun otomatis memang dibanderol lebih mahal, hal ini karena mobil ini memang jadi varian paling lengkap dari segi fitur ataupun dimensinya. 

Beberapa penambahan membuat Xpander Cross berbeda yaitu keberadaan skid plate pada bumper depan bawah, disematkan lampu LED di headlamp dan foglamp terkesan high-class.

Xpander Cross juga dibuat lebih lebar 50 mm, kemudian menggunakan kaki-kaki berupa Alloy wheel 17 inch dan desainnya baru, kemudian ada roof rail, tailgate garnish dan skid plate di bumper belakang. Oia, Ground Clearance Xpander Cross juga paling tinggi yaitu 225mm 

Pada bagian interiornya Xpander Cross memiliki power outlet pada baris depan, tengah, dan juga belakang. Ditambah dengan ruang penyimpanan pada bagian bawah kursi, seat pocket di belakang kursi, dan berbagai ruang penyimpanan serbaguna lainnya. 

Oli untuk Mitsubishi Xpander?

Untuk oli mesin Mitsubishi Xpander, jika melihat spesifikasi mesin dan karakter komponen mesin yang dimiliki, maka jenis oli mesin yang paling tepat dan cocok yaitu  Oli mesin kelas low MVP seperti Oli SAE 0W-20.

Oli SAE 0W-20 merupakan oli mesin dengan tingkat kekentalan yang paling rendah atau encer di kelas low MVP. Arti dari 0W adalah Winter atau kondisi dingin. Saat kondisi mesin dingin oli bekerja pada angka 0 yang merupakan tingkat paling rendah atau encer dari sebuah oli mesin.

Sementara itu saat suhu mesin mulai naik, kekentalan dari oli akan berubah hingga mencapai SAE 20. Dengan memilih oli mesin SAE 0W-20 dan menggunakannya pada Mitsubishi Xpander, oli mesin jenis ini akan secara otomatis menjaga performa dan efisiensi dari mesin Mitsubishi Xpander