Copied to clipboard!

Tiga mobil ini memiliki fitur yang memberikan udara pada kabin lebih segar dan mengurangi partikel debu dan virus masuk ke kabin.



BERITA

Mobil Ini Punya Fitur Untuk Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Author : Herdi Muhardi

12 Mar 2020


Berbagai cara untuk mencegah penyebaran virus Corona mulai dari tidak keluyuran di negara yang terjangkit, rajin mencuci tangan dengan bersih, hingga penggunaan masker dan tetap menjaga daya tahan tubuh.

Nah, di dunia otomotif, pabrikan mobil China, Geely menciptakan fitur yang disebut-sebut mampu mencegah penyebaran virus Covid-19, yaitu Intelligent Air Purification System (IAPS) atau Sistem Pemurnian Udara Cerdas.

Diketahui fitur IAPS ini dipasang di dalam sistem penyejuk udara atau Air Conditioner (AC) dan sudah diterapkan pada mobil terbaru Geely, yakni Geely Icon.

Dengan fitur ini, mobil listrik Geely Icon diklaim lebih bersih karena filter udaranya bersertifikasi N95. Artinya, kode filter N95 memiliki efisiensi penyaring 95 persen terhadap partikel yang memiliki ukuran 0,3 mikron.  

"Menanggapi epidemi virus korona, Geely Auto mengembangkan IAPS dalam waktu singkat yang disertifikasi N95. Sistem pemurnian udara yang sangat efisien ini bekerja pada pendingin udara Icon untuk mengisolasi dan menghilangkan unsur-unsur berbahaya di kabin termasuk bakteri dan virus," dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir caranddriver.

Ilustrasi sirkulasi udara Geely Icon
Ilustrasi sirkulasi udara Geely Icon. (Geely Auto)

Fitur yang dimiliki Geely Icon ini  rupanya mirip dengan fitur Bioweapon Defense Mode yang lebih dulu eksis di Tesla Model S dan Model X.

Diketahui, Tesla mengembangkan fitur tersebut untuk mengurangi partikel asap akibat kebaran hutan di California, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Adapun fitur besutan Tesla ini dianggap mampu memblokir hingga 99,7 persen partikel berukuran yang sama.

Virus Corona atau Covid-19 sebenarnya berukuran diameter lebih kecil, 0.06 sampai 0.14 mikrometer. Tapi karena penularannya via droplet atau percikan bersin, ukuran sebenarnya dari partikel virus ini konon sebetulnya cukup besar untuk diblokir filter dari fitur besutan Geely dan Tesla.

Memang kedua fitur tersebut tidak ada yang menjamin bisa 100 persen efektif melawan virus, tapi ya setidaknya mungkin bisa membantu untuk mengurangi penularan lewat udara.

Lagipula, jarang-jarang kan ada fitur di mobil yang dibuat khusus untuk melawan penyakit tertentu?