Copied to clipboard!

Jaguar E-Type lansiran 1961. (Carscoops)



MOBIL BEKAS

Mobil Jadul Terindah Buatan Jaguar, Harganya Masih Rp 4 Miliaran

Author : Herdi Muhardi

21 Oct 2020


Merek mobil Jaguar dikenal dengan berbagai produknya yang dibanderol cukup mahal. Harga yang ditawarkan disebut-sebut sebanding dengan kredibilitas Jaguar yang tak sungkan membenamkan teknologi dan fitur melimpah serta modern.

Lalu bagaimana jika mobil Jaguar bekas, apakah harganya akan murah seperti mobil-mobil pada umumnya?

Tentu saja tidak semuanya. Sebab jika mobil bekas yang dimaksud edisi spesial atau edisi terbatas, unik, bersejarah dan langka, maka harganya tetap mahal. Seperti halnya Jaguar -Type Series 1.

Dilansir Carscoops, Jaguar E-Type seri pertama ini bisa dibilang salah satu mobil terindah yang pernah dibuat Jaguar.

Jaguar E-Type
Jaguar E-Type 1961. (Carscoops)

Tak hanya sekedar indah, Jaguar E-Type edisi pertama jadi mobil tua-tua keladi, di mana mobilnya semakin lama semakin mahal juga harganya, yaitu berkisar  US$ 278.955 atau sekitar Rp 4,08 miliar.

Nah, salah satu Jaguar E-Type yang kini menjadi perbincangan yaitu milik seorang kolektor mobil asal Denmark. Dimana sang pemilik yang tidak disebutkan identitasnya sengaja terbak ke Inggris hanya untuk mencari tahu sejarah mobil yang diproduksi tahun 1961.

Usut punya usut, Jaguar E-Type milik pria Denmark tersebut ternyata pertama kali dimiliki seseorang yang berdomisili di New York, Amerika Serikat sejak 1961. Sang pemilik diketahui berpindah-pindah mulai dari Ohio dan juga Midwest.

Jaguar E-Type 1961
Jaguar E-Type 1961. (Carscoops)

Setidaknya selama 45 tahun Jaguar klasik tersebut cukup dirawat dan pernah dilakukan restorasi untuk pertama kalinya.

Tak berapa lama, Jaguar E-Type tersebut dijual oleh sebuah dealer Fort Lauderdale, Amerika Serikat pada 2015. Di dealer ini Jaguar E-Type diubah pada bagian interior dengan sentuhan kulit berkelir Carmen Red.

Mobil ini sempat terjual kepada Tomini Classics asal Dubai. Sang pemilik baru mengubah cat Jaguar E-Type dengan kelir Opalescent Gunmetal, serta mengembalikan warna interior seperti aslinya. Selain itu, dia juga memasang power steering dan radiator aluminium baru.  

Jaguar E-Type
Jaguar E-Type 1961. (Carscoops)

Hingga akhirnya, Jaguar E-Type berhasil dipinang oleh pemiliknya yang saat ini dari Denmark.

Adapun untuk urusan jantung pacu, mobil tercantik dari Jaguar ini sudah dibenamkan mesin enam silinder berkapasitas 3,8 liter yang mampu menghasilkan daya hingga 265 Tk  dan torsi 384 Nm.

Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 6,4 detik dan dapat melesat hingga 241 km per jam. Tentu saja, di massanya, mobil ini sangat mumpuni.

Nah, gimana OLXer pengen juga punya mobil ini? kira-kira di Indonesia ada nggak ya?