Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriRenault Twizy, Spesifikasi dan Kelebihan Mobil Listrik Mini Terbaru!

    Renault Twizy, Spesifikasi dan Kelebihan Mobil Listrik Mini Terbaru!

    Renault Twizy baru-baru ini dirilis dan diimpor oleh Prestige Motorcars di Indonesia. Renault Twizy adalah mobil listrik mini dengan desain futuristis dan beberapa kelebihan yang membuat banyak orang tertarik.

    Harga Renault Twizy dibanderol mulai dari Rp 408 juta. Namun jika OLXer menginginkan mobil listrik dengan kapasitas dua orang penumpang, konsumen harus gerak cepat karena jumlahnya terbatas, yaitu hanya 30 unit dan terlebih dahulu melakukan booking fee sebesar Rp 25 juta.

    Jika melihat harganya yang bisa disebut tak murah dengan bentuk mobil kecil, lantas seberapa menarik spesifikasi  Renault Twizy?

    Spesifikasi Renault Twizy

    Renault Twizy mobil listrik mini dengan 2 seat. Mobil ini sejatinya tidak begitu baru, dan telah diperkenalkan pada tahun 2012. Kapasitas baterainya dirancang untuk penggunaan perkotaan dan memiliki jangkauan hingga 100 km dengan sekali pengisian daya. 

    Twizy didukung oleh motor listrik berkekuatan 17 Hp dan memiliki kecepatan tertinggi 80 km/jam. Mobil Ini tersedia dalam beberapa level trim yang berbeda, termasuk Twizy 45 dan Twizy 80, yang mengacu pada output daya maksimum motor listrik. 

    Fitur lain dari Twizy termasuk panel atap yang dapat dilepas, kaca depan lipat, dan bagasi kecil yang terletak di belakang jok pengemudi. Secara lengkapnya, berikut pembahasan spesifikasi dari Renault Twizy:

    Baca juga: Daftar Lengkap 15 Mobil Listrik Yang Dijual di Indonesia dan Harganya!

    Spesifikasi Eksterior

    Bagian belakang Renault Twizy
    Bagian belakang Renault Twizy.

    Dilihat dari bentuknya, Renault Twizy memiliki desain mungil namun tidak seperti mobil pada umumnya dengan panjang 2.338 milimeter (mm), lebar 1.381mm (depan) dan 1.080 mm (belakang), serta tingginya 1.454 mm. Sedangkan berat keseluruhan mobil ini bisa mencapai 450 kg.

    Pada bagian kaki-kaki depan dan belakang juga unik karena terlihat menjorok keluar dan terpisah dari bodi mobil. Adapun kaki-kaki mobil ini menggunakan velg ukuran 13 inch yang dibalut ban 125/80 pada bagian depan dan ban 145/80 untuk bagian belakang. Semua roda mobil ini menggunakan rem cakram.

    Mobil ini juga memiliki headlamp yang bulat dan bumper depan terlihat maju yang juga digunakan untuk pengisian daya. Pada bagian dilengkapi lampu LED dan lampu sein terpisah yang ada di bawah.

    Sedangkan saat hendak masuk ke dalam mobil, kita akan disambut dengan desain pintu bergaya scissors door atau pintu gunting. 

    Spesifikasi Interior

    Interior Renault Twizy
    Renault Twizy. (Prestige Motorcars)

    Masuk ke dalam kabin memang tentunya akan sangat berbeda dengan mobil lainnya, salah satunya kapasitas tempat duduk berkonfigurasi tempat 1+1. 

    Oia, layaknya transportasi umum bajaj dan sepeda motor yang posisi pengemudi ada di bagian tengah. Hanya saja, untuk mengendalikan arah roda sudah menggunakan lingkar kemudi. 

    Memang terlihat simple bagian kabin Renault Twizy, seperti pada bagian dashboard hanya terpampang Econometer digital, tombol lampu hazard, tombol transmisi dengan tiga pilihan R, N, dan D. 

    Tidak ada sistem hiburan seperti mobil-mobil pada umumnya. Akan tetapi mobil ini tersedia slot 12v yang dapat digunakan untuk pengisian daya baterai ponsel, handbrake berbentuk tuas, serta sabuk dua sabuk pengaman. Meski kecil, Renault Twizy sudah mempunyai sensor parkir, yang disebut  parking master.

    Baca juga: Ingin Beli Mobil Listrik? Simak Kelebihan dan kekurangannya!

    Spesifikasi Mesin dan Performa 

    Untuk jantung pacu, Renault Twizy  dibekali mesin 3CG-Electric asynchronous berteknologi Electric Direct Drive ditambah baterai berkapasitas 6.1 kWh yang mampu menghasilkan daya 13 kW yang ditransfer melalui transmisi otomatis gear reduction

    Dengan motor listrik, Renault Twizy yang tenaga baterainya bisa terisi hanya dalam waktu 3,5 jam mampu berakselerasi dari 0-45 km per jam dalam waktu 6,1 detik dan mampu melesat hingga 80 km per jam. 

    Untuk memberikan rasa nyaman, Renault Twizy sudah menggunakan suspensi Pseudo MacPherson – combination coil springs.

    Kelebihan Renault Twizy

    1. Pilihan Mobil Listrik Murah

    Dengan mulai populernya teknologi ramah lingkungan, mobil listrik sebenarnya punya peluang yang besar untuk dipilih masyarakat. Namun faktor penghambat terbesar ialah mahalnya harga mobil-mobil listrik yang saat ini tersedia.

    Renault Twizy bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih dengan harganya yang relatif berada di kisaran mobil menengah. Dengan harga mulai dari Rp408 Juta, mobil listrik mungil ini sudah bisa diboyong untuk Kamu.

    2. Lincah dan Cocok Di Perkotaan

    Renault Twizy memang didesain dengan mungil dan hanya memiliki kapasitas 2 penumpang. Dimensi yang kecil itu memungkinkan untuk mobilitas ke jalan-jalan sempit dan membuat konsumsi bahan bakar semakin efisien.

    3. Desain Futuristik

    Selain faktor harga dan ukuran, desain mobil ini bisa dikatakan “berbeda” dan sangat unik dibanding mobil-mobil lainnya. Jika mengendarai mobil ini, ada kesan yang menarik dan sangat mencuri perhatian.

    Nah, bagi kamu yang berminat untuk membeli mobil bekas, OLX Autos sebagai platform omnichannel jual beli mobil bekas terbesar di Indonesia menghadirkan program penjualan menarik hingga akhir tahun ini.

    Baca juga: 10 Fakta Menarik Wuling Air EV, Mobil Listrik Termurah!

    Konsumen bisa dengan mudah membeli mobil bekas berkualitas di OLX Autos dengan memilih skema kredit berupa pembayaran total down payment (TDP) sebesar Rp1 juta atau cicilan hanya Rp1 juta per bulan.

    OLXers bisa memilih dan membeli dari ribuan mobil bekas berkualitas yang dijual di OLX Autos. Apalagi di akhir tahun ini, OLX Autos punya program pembiayaan mobil bekas paling menarik.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OLX Autos Indonesia.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait