Copied to clipboard!
Bridgestone Turanza Eco Teknologi ENLITEN

Volkswagen ID.3 mobil listrik pertama dari Volkswagen (Foto : Bridgestone)



BERITA

Mobil Listrik VW ID.3 Pakai Bridgestone Turanza Eco Berteknologi ENLITEN

Author : Zainal Abidin

12 Aug 2020


Kesadaran masyarakat Eropa akan kelestarian lingkungan membuat penjualan mobil listrik terus meningkat. Peminat mobil listrik di pasar Eropa meningkat sebesar 58 persen di kuartal pertama tahun 2020 dengan angka penjualan mencapai 220 ribu unit. 

Besarnya angka penjualan mobil listrik di kawasan Eropa membawa merek ban terkenal dunia, Bridgestone untuk menghadirkan ban baru dengan berat yang ringan khusus untuk kendaraan listrik.

Turanza Eco dirancang khusus untuk mobil listrik terbaru Volkswagen, ID.3 serta menjadi ban pertama yang memiliki bahan baku lebih sedikit dari biasanya. 

“Bridgestone sangat bangga untuk dapat turut serta mempersembahkan performa dan kebaikan untuk lingkungan secara bersamaan melalui teknologi ENLITEN yang pertama kali dikenalkan melalui kendaraan listrik ID.3 milik Volkswagen. Sebagai perusahaan, kami berkomitmen untuk memberikan solusi khusus sebagai pabrik original equipment kepada para relasi bisnis untuk bersama-sama berkontribusi dalam masa depan mobilitas, dan memberikan nilai lebih kepada masyarakat. Dan kerjasama dengan Volkswagen ini benar-benar seiring dengan tujuan tersebut,” sambut Mark Tejedor, VP Original Equipment at Bridgestone EMIA.

Keunggulan utama dari ban ini adalah dirancang menggunakan teknologi ENLITEN yang ramah lingkungan, dan memiliki hambatan gulir yang sangat rendah, sekira 30 persen jika dibandingkan dengan ban premium lainnya.

Di sisi lain, Volkswagen ID.3 merupakan kendaraan listrik pertama dari pabrikan Jerman yang memang sudah ditunggu-tunggu. VW ID.3 diciptakan untuk memberikan manfaat berkendara sehari-hari. 

Selama pengembangan model listrik ini, Volkswagen mencari jenis ban yang sesuai dan bisa memberikan performa tingkat tinggi baik di permukaan basah maupun kering, dengan sistem pengereman yang sangat baik, umur ban yang panjang, dan yang paling penting memiliki hambatan gulir yang sangat rendah. 

Poin terakhir dianggap sangat penting karena hambatan gulir sangat berpengaruh dalam hal daya tahan baterai ID.3. Dan Bridgestone hadir menjawab semua kebutuhan tersebut dengan menciptakan Turanza Eco berteknologi ENLITEN. 

“ID.3 adalah ciptaan terhebat kami setelah seri Golf sebelumnya. Kami sadar bahwa ban pada mobil ini haruslah ban yang sempurna agar para pengendara benar-benar dapat merasakan seluruh performa kendaraan dan keuntungan yang diberikan pada lingkungan. Maka dari itu kami memilih Bridgestone dengan Teknologi ENLITEN untuk ID.3. Pengurangan hambatan gulir yang signifikan dengan adanya teknologi ini, memberikan efek yang sangat besar pada daya baterai ID.3, dimana hal ini sangatlah penting, ditambah saat ini banyak pihak yang menanyakan daya tempuh mobil listrik. Teknologi ENLITEN dapat membantu mengubah persepsi orang tentang visibilitas dari mobilitas. Ini merupakan teknologi yang sangat inovatif,” ungkap Karten Schebsdar, Head of Chassis Development, Volkswagen.

Turanza Eco memberi kontribusi penghematan konsumsi bahan bakar dan emisi CO2, dan secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik, memastikan VW ID.3 dapat menikmati perjalanan sejauh mungkin. 

Sebagai tambahan, penggunaan bahan baku Turanza Eco juga lebih ringan 2 kg dibandingkan kebutuhan bahan baku ban regular lainnya, sebuah keuntungan tambahan dari sisi sumber daya dan lingkungan.

Teknologi ENLITEN dan proses pencampuran bahan baku unik dalam menciptakan Turanza Eco dapat meningkatkan performa kompon tanpa mengesampingkan pentingnya daya cengkram.

Keduanya dikombinasikan dengan pola telapak tiga dimensi yang memaksimalkan kinerja saat berada di permukaan basah dan kering, meningkatkan kendali kendaraan dan kenyamanan berkendara mobil Volkswagen. 

Ban Turanza Eco dengan Teknologi ENLITEN tersedia dalam 3 jenis ukuran yaitu rim 18, 19 dan 20 untuk Volkswagen ID.3. Khusus untuk ukuran 19 dan 20, ban ini dilengkapi dengan Teknologi B-Seal milik Bridgestone, yaitu mampu membuat kendaraan tetap mampu berjalan meskipun terkena benda tajam pada bagian telapak.

Cerita sukses antara Bridgestone dan Volkswagen memang sudah terjalin sejak lama, termasuk pemecahan rekor putaran untuk kendaran listrik di jalur Nürburgring tahun lalu, membuktikan bahwa Bridgestone sebagai perusahaan ban melakukan banyak perubahan untuk memenuhi keinginan Volkswagen.