Copied to clipboard!
Tips Parkir Lama Saat PSBB

Tangki bahan bakar mobil biasakan full saat tidak akan dipakai dalam waktu lama (Foto : Google)



TIPS

Mobil Parkir Lama Saat PSBB, Usahakan Tangki BBM Dalam Kondisi Penuh

Author : Zainal Abidin

17 Sep 2020


Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat kembali berlaku di wilayah Jakarta. Masyarakat kembali harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, tak perlu berada di luar bila tidak ada urusan penting.

Bahkan aturan work from home bagi karyawan banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan.

Efeknya banyak kendaraan pribadi yang juga terpaksa istirahat di garasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Mungkin sampai ada pengumuman kapan PSBB dilonggarkan. 

Saat kita bicara jenis roda empat, kalau terlalu lama parkir, secara teknis memberikan efek yang kurang baik. Apalagi bila kita tidak tahu bagaimana harus memperlakukannya. 

Sebenarnya banyak sekali tips dan trik yang dibuat terkait perawatan mobil saat masa PSBB berjalan. Namun kali ini OLX lebih fokus membahas sisi bahan bakar di mobil yang sedang istirahat lama dalam garasi.  

Ada mitos berkembang di masyarakat, bahan bakar dalam tangki mobil yang diam dalam jangka waktu cukup lama bisa 'basi'

Menjawab hal ini, Unit Manager Communication Relations and CSR MOR III Eko Kristiawan, menyatakan hal itu tidaklah benar.

“Istilah bensin 'basi' itu sebenarnya tidak ada. Tapi dari penempatan posisi mobil saat parkir lama, atau kondisi tangki mobil yang tidak sempurna, itu yang mungkin bisa merubah kualitas dari bensin itu sendiri,” ungkap Eko Kristiawan beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Eko, sebelum memarkir mobil dan berencana untuk tidak menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya dipastikan kondisi tangki terisi penuh bahan bakar.

“Jangan sampai mobil dibiarkan diam lama dalam kondisi tangki kosong. Ini berpotensi menyebabkan terjadinya kondensasi yang bisa menyebabkan tangki berkarat,” jelasnya.

Eko sendiri mencoba untuk memberikan beberapa tips ringan saat mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama.

“Ketika mobil tidak sering dipakai selama PSBB, sebaiknya dipanaskan secara berkala. Ini dimaksudkan agar kondisi aki atau baterai tetap terjaga. Selanjutnya juga periksa oli mesin kendaraan dan bahan bakar, meski tidak digunakan bensin harus diisi full, agar tidak ada ruang yang menyebabkan pengembunan di tangki. Jadi kalau full itu akan aman dari pengembunan. Kemudian untuk urusan perawatan mesinnya, harus selalu memperhatikan manual book-nya, atau berkomunikasi langsung dengan mekanik dari bengkel resmi,” pungkasnya.