Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    BeritaMobil Pedesaan Juga Bisa Dibuat Truk 'Molen', Ini Buktinya

    Mobil Pedesaan Juga Bisa Dibuat Truk ‘Molen’, Ini Buktinya

    Ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 secara resmi dibuka Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto. Acara yang digelar di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta, 28-29 September 2019 ini menampilkan sejumlah mobil yang sudah modifikasi oleh anak bangsa.

    Dari sekian banyak mobil yang sudah dirombak para pemilik dan builder, namun ada yang cukup menarik perhatian Airlangga, yaitu Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau disebut juga mobil pedesaan. 

    Bagaimana tidak, sosok AMMDes yang terlihat sangat mungil ternyata bisa juga didesain menjadi konsep mini truk mixer semen.

    Adapun mobil konsep ini mini mixer truck ini digarap pria asal  Banyuwangi, Jawa Timur, Dandung Prasojo yang sebelumnya berhasil memikat juri dalam kompetisi AMMDes Digimodz.

    “Saya ingin menyampaikan apresiasi atas kolaborasi Kementerian Perindustrian, NMAA dan PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) atas terselenggaranya AMMDes DIGIMODZ yang merupakan kompetisi modifikasi digital AMMDes, untuk memperebutkan Piala Menteri Perindustrian RI,” ungkap Airlangga saat memberikan sambutannya.

    Dengan bentuk  yang seperti ini, Airlangga berharap konsep mobil tersebut dinilai kuat dan bisa sangat berguna jika di-develop pada AMMDes untuk pembangunan jalan dan bangunan di pedesaan dengan kawasan yang tak mungkin dimasuki truck ‘molen’ berukuran besar.

    Sementara itu, Dadung sendiri ternyata mengakui konsep mini mixer truck karena hingga saat ini truk semen berukuran besar mobilitasnya masih kurang jika di pedesaan.

    “Mobil ini cocok untuk dipakai membangun jalan-jalan rusak di desa, daerah bekas bencana, dan bangunan-bangunan rusak lainnya,” jelas  Dandung.

    Sejatinya, ubahan yang paling mencolok memang dilakukan pada bagian belakang dengan penambahan sebuah mixer dengan warna kuning. Selain itu, ubahan lainnya juga terjadi pada lampu depan, kemudian dipasangnya rak yang posisinya di atas untuk menyimpang perkakas seperti sekop dan lainnya.

    Kata Dandung, untuk menggarap desain mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Tentu saja kita doakan yang terbaik, agar mini mixer truck bisa diwujudkan rupanya dan dibuat langsung oleh PT KMWI.

    Namun yang pasti, untuk memodifikasi sebuah mobil, selain desain dan fungsi, hal yang penting diperhatikan adalah soal faktor keamanan. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait