OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Bekas /  Mobil Sebelum Perang Dunia II Ada di Indonesia, Dijual Pemiliknya Rp 2,4 Miliar



Mobil Sebelum Perang Dunia II Ada di Indonesia, Dijual Pemiliknya Rp 2,4 Miliar

22 Apr 2020

Ilustrasi Mercedes-Benz 170 V. (Dok Mercedes-Benz.com)

Sebuah mobil super klasik ternyata ada di Indonesia, yaitu Mercedes-Benz 170 V, yang merupakan leluhur dari seri Mercy E-Class dan diproduksi untuk masal pada 1936.

Diketahui, Mercedes-Benz 170 V pertama kali hadir tepat di ajang International Automobile and Motorcycle Exhibition (IAMA), di Berlin, Jerman, pada 15 Februari 1936. Kala itu, mobil tersebut dianggap memenuhi standar kenyamanan berkendara, berkat desain yang ramping dan kompak, bahan konstruksi ringan, fitur yang sudah dibenamkan, interior luas, serta mesin baru empat silinder.

Tentu saja, mobil ini jadi mobil paling  baru yang dikembangkan, dan sangat modern, serta cocok untuk kaum kelas menengah atas di masa nya.

Untuk jantung pacunya, Mercedes-Benz 170 V telah dibenamkan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.697 cc yang menghasilkan daya hingga 38 Tenaga Kuda.

Dilansir situs Mercedes-Benz.com, Mercedes-Benz 170 V jadi mobil paling populer saat itu yang dibuat dengan beberapa tipe, mulai dari sedan dua pintu, empat pintu, convertible empat pintu, roadster, Cabriolet A, Cabriolet B, hingga open tourer.

Selain tiu, 170 V juga di masa perang dibuat versi komersial, yang digunakan kendaraan militer atau ambulan. Secara total, Mercedes-Benz 170 V diproduksi kurang lebih sebanyak 91.048 unit sepanjang 1936-1942.

Namun saat ini, tidak diketahui berapa Mercedes-Benz 170 V yang masih tersisa. Jika pun ada, apakah masih bisa beroperasi atau tidak ya?

Mercedes-Benz 170 V
Dijual Mercedes-Benz 170 V di OLX.co.id

Nah, kebetulan OLXer yang ingin menjadi bagian dari sejarah Mercy bisa berkesempatan mendapatkan satu unit Mercedes-Benz 170. Pasalnya, salah satu mobil tersebut kini dijual sang pemilik berinisial Putra yang berdomisili di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Putra mengatakan dalam deskripsinya, bahwa mobil berkelir hitam yang ada sebelum Perang Dunia II jarak tempuhnya kurang dari 55.000 Km.

“Mercedes Benz 170 V 1936 prewar, full paper (asli Indonesia) & great condition. Mobil sangat langka,” tulisnya dalam deskripsi.

Namun sayang Putra tidak memperlihatkan foto asli dan hanya menempelkan foto ilustrasi. Akan tetapi dia menyebutkan, bahwa mobil tersebut serupa, termasuk warna hitam. Namun jika serius ingin melihat wujud aslinya dia akan memperlihatkan fotonya dengan cara personal message alias japri (jaringan pribadi).

Soal harga, Mercedes-Benz 170 V 1936 dijual Rp 2,45 miliar. Nah, OLXer yang penasaran dengan mobil ini bisa langsung klik di sini.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga