Copied to clipboard!

Pontiac 1952 dijual di OLX.co.id.



MOBIL BEKAS

Mobil Super Klasik Pontiac 1952 Dijual Hampir Setengah Miliar

Author : Herdi Muhardi

08 Apr 2020


Pasar otomotif nasional kini didominasi merek-merek mobil dari Jepang. Jika ada brand Eropa, Korea Selatan, China, India atau Amerika Serikat, tentunya jumlahnya sangat kecil.

Namun OLXer harus tau, di era sebelum mobil-mobil Jepang berjaya yang mulai masif pada tahun 70’an, ternyata mobil-mobil Amerika Serikat sudah terlebih dahulu menjamur di jalanan Indonesia. 

Nah, salah satu merek mobil Amerika Serikat yang dulu hadir di Nusantara yaitu Pontiac. Brand ini memang mudah saja masuk Indonesia, karena masih bagian dari keluarga General Motors, di mana GM sendiri sudah mendirikan pabrik produksinya di Tanjung Priok, Jakarta sebelum zaman penjajahan Jepang. 

Kenangan akan mobil Pontiac lawas sendiri faktanya masih dapat ditemukan di Indonesia. Bahkan kondisinya sangat ciamik sehingga jadi koleksi berharga bagi mereka pecinta mobil klasik. 

Nah, salah satu mobil Pontiac jadul ternyata ada lho di situs jual beli OLX.co.id. Mobil ini rupanya dilego sang pemilik dengan inisial Joko Catur Jatmiko.

Tidak disebutkan secara detail spesifikasi mobil tersebut. Akan tetapi mobil Pontiac lansiran 1952 ini merupakan versi Chieftain yang jarak tempuhnya kurang dari 120.000 km.

“Pontiac 1952 super antik betul-betul klasik tiada duanya (khusus kolektor) sangat antik mesin asli ada. Saat ini pakai mesin V6 matik, pajak hidup,” ungkap sang pemiliknya. 

Seperti diketahui, Pontiac Chieftain 1952 dibekali mesin bensin 4,4 liter, 6 silinder. Dengan mesin ini mereka mengklaim mobil tersebut mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 14,9 detik.

Mobil dengan transmisi automatic ini pada bagian interiornya sudah dibalut dengan jok bermaterial kulit. Adapun siapapun yang melihat wujudnya saat ini, kesan klasik dan ikonic akan sangat melekat. Soal harga, Joko rupanya menjual mobil koleksinya ini dengan banderol Rp 475 jutaan.

Nah, gimana OLXer, tertarik kah dengan mobil legendaris ini. Oia, Pontiac Chieftain model seperti ini juga sempat hadir di serial film ‘Gengsi Dong’ yang diperankan oleh tokoh utama, Warkop DKI atau Dono, Kasino, dan Indro.

Adapun dalam film tersebut menceritakan bahwa mobil ini milik Raden Mas Ngabei Slamet Condrowirawatikto Edi Pranoto Joyosentiko Mangundirjo Kusumo alias Slamet (Dono). Slamet yang merupakan anak orang kaya juragan tembakau merantau ke Jakarta untuk kuliah.

Namun, dirinya tak mau kalah dengan teman-teman kuliahnya yang banyak membawa mobil. Singkat cerita, keberadaan mobil ini membuat Dono jadi bulan-bulanan karena wujudnya dianggap teman-teman Dono mirip dengan wajahnya. 

Bagi OLXer yang ingin tahu soal Pontiac Chieftain 1952 ini bisa cek langsung di sini