BERITA

Mobil Suzuki Buatan Indonesia Makin Dalam Serap Pasar Kendaraan Nasional

17 Sep 2019

Jakarta - Target untuk menguasai 11 persen total penjualan kendaraan roda empat di Indonesia yang dicanangkan Suzuki hingga akhir 2019 nanti, berjalan cukup mulus.

Di awal semester 2019 ini, PT Suzuki Indomobil Sales 9SIS) berhasil mencetak tren penjualan yang cukup positif.

Di Agustus 2019, catatan penjualan ritel PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencapai 9.114 unit. Dimana produk lokal seperti Carry, All New Ertiga, Karimun Wagon R dan APV sukses memberi kontribusi sebesar 87 persen dari total jualan Suzuki.

New Carry masih jadi backbone SIS dengan kontribusi 54 persen dengan angka penjualan 4.931 unit. Dimana penjualan ritelnya naik 6,8 persen dibanding penjualan bulan sebelumnya. 

New Carry jadi Rajanya Pick Up di Indonesia dengan menguasai 59,6 persen pasar kendaraan niaga ringan nasional.

Sementara mobil andalan keluarga Indonesia, All New Ertiga menyumbang angka penjualan terbesar kedua untuk total penjualan Suzuki di Agustus 2019. Kontribusinya mencapai 23,4 persen dengan angka ritel 2.134 unit. 

Untuk penguasaan nasional, All New Ertiga memiliki market share sebesar 11,3 persen di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). 

“Kami sangat senang karena sejak awal semester kedua tahun ini penjualan kami terus menunjukkan tren positif. Terima kasih kepada seluruh konsumen setia Suzuki atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kualitas mobil-mobil Suzuki, khususnya yang diproduksi di Indonesia. Tentu ini menjadi motivasi untuk selalu menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan, serta terus berkontribusi terhadap industri otomotif Indonesia melalui produk lokal,” ujar Makmur, 4W Sales Director PT SIS dalam keterangan tertulis, Selasa (17/9/2019).

Keberhasilan ini tak lepas dari berbagai strategi marketing lewat program penjualan dengan tawaran keuntungan lebih besar kepada calon pembeli.

Bulan September 2019 ini, Suzuki menghadirkan program Midyear Festival Semarak September Ceria yang memberikan berbagai penawaran menarik untuk pelanggan. 

Salah satu program utamanya yakni beli All New Ertiga tipe GL atau GX selama September 2019 dapat hadiah langsung satu unit motor Suzuki GSX150 Bandit serta berkesempatan ikut undian berhadiah Jimny. 

Sedangkan untuk pembelian produk unggulan Suzuki lainnya, konsumen berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung berupa smartphone hingga sepeda motor.

Khusus bagi pembeli New Carry Pick Up, konsumen akan mendapat hadiah langsung satu unit sepeda motor All New Satria F150 serta gratis oli mesin dan jasa servis hingga 50.000 km.

“Raihan ini membuat kami semakin optimistis dapat menguasai 11 persen pangsa pasar otomotif Tanah Air pada akhir 2019 mendatang. Tentu kami akan selalu memberikan berbagai program menarik dan menguntungkan konsumen, serta terus meningkatkan layanan penjualan maupun purnajual Suzuki,” tutup Makmur. (Z)