OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  "Mobility Happiness for All" Menjadi Semangat Toyota Indonesia Rayakan Usia 50 Tahun



"Mobility Happiness for All" Menjadi Semangat Toyota Indonesia Rayakan Usia 50 Tahun

05 Jan 2021

50 Tahun Toyota Indonesia

Logo Toyota (Foto : Shutterstock)

Tahun 2021 ini menjadi tahun yang sangat spesial bagi merek mobil Toyota di Tanah Air. Pabrikan kendaraan asal Jepang ini genap berusia setengah abad atau 50 tahun dalam upayanya memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan dan berpartisipasi aktif membangun industri otomotif nasional.

Bersama masyarakat Indonesia, Toyota menjadi perusahaan mobilitas dengan pilihan paling lengkap, mulai dari produk terbaik yang sarat akan teknologi mesin dan keselamatan terkini, hingga elektrifikasi. Toyota Indonesia juga hadir melayani masyarakat melalui 333 outlet yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, bahkan lewat berbagai layanan digital. 

“Merupakan sebuah kehormatan bagi Toyota untuk dapat menjadi bagian dari mobilitas masyarakat Indonesia selama 50 tahun. Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan yang telah diberikan sehingga kami dapat bertumbuh kembang bersama seiring berjalannya waktu. Berkembang dari perusahaan mobil menjadi sebuah perusahaan mobilitas, kami berkomitmen untuk menciptakan Mobility Happiness for All, dimana kami tidak hanya menghadirkan ever-better cars, tapi juga layanan Total Mobility Solution yang sesuai dengan trend dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, sehingga kami senantiasa menjadi bagian dari solusi mobilitas di Indonesia, dari saat ini hingga nanti,” ungkap President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, dalam siaran pers, Selasa (5/1/2021).

Sejarah lahirnya merek mobil yang kini menjadi merek mobil terbesar di Indonesia ini berawal di era 1970-an. Dimana Toyota hadir dan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi masyarakat Indonesia saat itu. 

Diawali dengan mendatangkan model kendaraan secara impor, perlahan tapi pasti, dan didukung dengan kepercayaan masyarakat, Toyota Indonesia berkembang hingga melokalisasi proses produksi dan terus meningkatkan kandungan lokal dengan mengembangkan rantai pasok di dalam negeri, termasuk lokal material dari industri hulu. 

Saat ini, Toyota Indonesia sudah didukung 5 pabrik manufaktur mobil dan mesin, serta dipercaya oleh Toyota Motor Corporation (TMC) untuk menjadi salah satu basis produksi di pasar Asia-Pasifik dan melakukan ekspor produk Toyota buatan Indonesia ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

“Berkat kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat serta dukungan dari Pemerintah Indonesia, Toyota Indonesia dapat berkembang menjadi salah satu pusat produksi dan ekspor di Asia-Pasifik ke pasar global. Kedepan, kami berkomitmen untuk terus turut serta secara aktif dalam pengembangan industri otomotif Indonesia dan menambah kandungan lokal melalui pendalaman industri hulu, termasuk produk berteknologi tinggi yang berbasis elektrifikasi untuk turut mendukung program pemerintah dalam menurunkan emisi dan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang,” sambut President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono.

Selama lima dekade Toyota di Indonesia turut membantu dalam kemajuan industri otomotif. Deretan produk yang cukup luas merupakan salah satu komitmen untuk terus memenuhi berbagai kebutuhan mobilitas masyarakat. 

Sudah lebih dari 20 line up kendaraan dari beragam jenis dan model, mulai dari MPV, SUV, Hatchback, Sedan, Commercial, hingga Sport hadir dalam emblem Toyota.

Bahkan ketika Indonesia sudah mulai masuk pada tren mobilitas yang ramah lingkungan dalam dua tahun terakhir, dimana banyak merek kendaraan lainnya yang sudah mulai memasarkan kendaraan elektrifikasi, Toyota Indonesia sudah lebih dulu menjadi pionir ketika di tahun 2009 lalu memperkenalkan Toyota Prius sebagai kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang ramah lingkungan. 

Bahkan hingga sekarang, tercatat sudah ada 10 line up kendaraan berteknologi elektrifikasi yang dipasarkan Toyota di Indonesia. 10 model elektrifikasi Toyota tersebut terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 1 Battery Electric Vehicle (BEV).

“Kedepannya, kami juga berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan beragam layanan solusi mobilitas baru yang untuk mewujudkan Mobility Happiness for All. Tidak hanya dengan terus menghadirkan teknologi elektrifikasi yang lengkap dan sesuai kebutuhan pelanggan, tapi juga membangun ekosistem untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat agar dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” pungkas Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga