OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Motor /  Motor Listrik Juga Cocok Untuk Pelaku UMKM



Motor Listrik Juga Cocok Untuk Pelaku UMKM

04 May 2021

Salah satu produk sepeda motor Gelis yang digunakan untuk usaha minuman dingin. (Youtube Gelis)

Sepeda motor berpenggerak tenaga listrik kini tak hanya sebagai armada transportasi untuk mendukung mobilitas masyarakat dari satu tempat ketempat lainnya. Sebaliknya, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kini semakin mudah memiliki motor listrik untuk berniaga.

Setidaknya hal ini dilakukan PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsen kendaraan listrik dengan merk Gelis, yang semakin gencar menghadirkan produk motor listrik dengan mengusung roda tiga, sehingga cocok untuk pelaku UMKM.

Menurut Chief Sales and Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia (SPI) Ary Tjahyono, kehadiran motor Gelis mendorong penggunaan kendaraan listrik ramah yang dikenal ramah lingkungan.

Gerobak Listrik Gelis
Tampilan saping Gerobak Listrik Gelis (Youtube Gelis)

“Dengan kendaraan listrik, selain hemat energi juga ramah lingkungan,” ungkap Ary dalam keterangannya.

Karena cocok untuk pelaku UMKM, Ary tak menampik, jika motor listrik roda tiga Gelis menjadi salah satu kendaraan roda tiga bermotor listrik yang harganya terjangkau, termasuk dalam hal biaya operasional.

Saat ini, PT SPI sendiri memiliki lima tipe motor listrik roda tiga yaitu Gelis 300 Light Metal, Gelis 300 Retro, Gelis 300 Cargo, Gelis 300 Grab dan Gelis 300 Chassis. Untuk harganya dibanderol mulai Rp 17-22 juta Off The Road.

Perluas pasar Motor Listrik

Motor Listrik Gelis
Motor Listrik Gelis buka dealer di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. (Gelis)

Untuk menjangkau para pelaku UMKM di berbagai daerah, Gelis rupanya cukup serius memasarkan produknya. Hal ini ditandai dengan adanya jaringan diler yang baru diresmikan di kawasan Pondok Pinang Jakarta Selatan. 

Kata Ary, PT SPI berkomitmen mendukung para pelaku UMKM agar bangkit kembali sebagai langkah recovery keterpurukan akibat COVID-19. 

"Seiring banyak dealer, kami juga menyiapkan perangkat-perangkat pendukung untuk efektifitas penggunaan Gelis," beber dia.  

Saat ini, SPI telah memiliki 10 dealer di Jawa, Bali, dan Batam. Dealer tersebut melayan penjualan maupun di layanan purna jual, seperti yang tersebar di Jakarta, Bogor, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Batam, Sidoarjo, Surabaya, Bali hingga Lombok.

Harapan dan Dukungan Untuk Motor Listrik 

Dengan berorientasi mensejahterakan masyarakat pelaku UMKM, Ary berharap kepada pemerintah untuk mendukung kehadiran motor listrik Gelis dalam membantu melakukan recovery selama masa pandemi khususnya kepada pelaku UMKM.

Sementara itu CEO PT Cipta Laju Utama Didi Hardianto mengatakan, sebagai produk anak bangsa yang dirakit di Kawasan industri Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pihaknya memberikan dukungan penuh dengan membuka dealer.

“Kami berkomitmen memberikan dukungan terhadap produk anak bangsa,” ucapnya.

Lebih lanjut Didi mengatakan, karena Gelis cocok digunakan untuk ritel, maka saat ini PT PSI sedang melakukan pembicaraan dengan Induk Koperasi TNI Angkatan Darat (Inkopad) yang memiliki 1.200 lebih mitra binaan, agar bisa menggunakan produk tersebut.

“Ini produk dalam negeri, jadi kita buka dealer. Sedang kita bicarakan dengan UMKM Inkopad. Kendaraan ini bisa digunakan untuk masyarakat umum,” paparnya.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga