OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Mudik No, Silaturahmi Dalam Kota Yes! Lakukan Persiapan Ini



Mudik No, Silaturahmi Dalam Kota Yes! Lakukan Persiapan Ini

03 May 2021

Tips Libur Lebaran Dalam Kota

Ilustrasi silaturahmi di dalam kota saat lebaran Idul Fitri (Foto : Shutterstock)

News.OLX.co.id - Hari raya Idul Fitri sudah di depan mata, yang terbayang saat ini pastinya adalah suasana kampung halaman yang selalu kita sambangi setiap tahunnya sebagai tradisi. Sayangnya, dua tahun belakangan tradisi mudik dilarang oleh Pemerintah guna mencegah penyebaran COVID-19.

Kerinduan mendalam bisa bersilaturahmi dengan orang tua di kampung halaman terpaksa harus tertahan. 

Mudik memang dilarang, tapi bukan berarti OLXer tidak bisa mengisi liburan tahun ini dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Kalian masih bisa merencanakan perjalanan liburan di dalam kota. Setidaknya masih banyak lokasi wisata dalam kota yang bisa dijadikan destinasi liburan.

Atau sebagai pengganti mudik, OLXer juga bisa bersilaturahmi ke rumah sanak saudara yang juga sama-sama tidak bisa mudik dan berdomisili di kota yang sama. Dan ini bisa jadi bakal makan waktu yang cukup panjang selama perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Untuk melakukan kegiatan tersebut dengan aman dan nyaman, menggunakan mobil pribadi menjadi salah satu opsi terbaik.   

Nah, agar perjalanan silaturahmi dan liburan dalam kota ini tetap menyenangkan bagi OLXer bersama keluarga, tentu ada banyak sekali persiapannya. 

Yuk kita simak tips persiapan kendaraan sebelum nantinya akan kita gunakan keliling kota.

Cek Kondisi Mobil

Hal yang paling pertama dipersiapkan adalah kondisi kesehatan mobil itu sendiri. Meski bukan perjalanan mudik yang memakan waktu berhari-hari, bukan berarti OLXer tidak akan menemui kondisi jalanan macet atau kendala-kendala teknis lainnya saat berkeliling kota untuk silaturahmi.

Sebaiknya tetap melakukan pengecekan rutin dan melakukan servis ringan untuk mobil pribadi yang OLXer miliki. Pastikan mesin, kaki-kaki serta sistem pengereman berfungsi sebagaimana mestinya.

Apalagi hampir semua dealer resmi merek kendaraan roda empat tetap menghadirkan kampanye perawatan yang menawarkan kemudahan serta harga yang lebih murah dalam melakukan servis rutin jelang libur lebaran. Jadi jangan ragu untuk memanfaatkannya.

Lakukan pemeriksaan menyeluruh, mulai dari kondisi aki, oli mesin, air wiper dan bagian lainnya untuk memastikan bahwa mobil yang akan OLXer pakai keliling kota benar-benar sudah siap.

Dan jangan lupa untuk memastikan kondisi AC mobil bekerja dengan maksimal sehingga OLXer dan keluarga tidak akan kegerahan sepanjang perjalanan.

Cek Kondisi Tubuh, Lakukan Tes SWAB Antigen

Bukan cuma kendaraan OLXer saja yang harus dijaga kondisinya tetap prima. Kondisi kesehatan tubuh OLXer bersama keluarga juga harus dipastikan baik-baik saja. Kuncinya adalah istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. 

Selain itu, perhatikan juga pola makan agar tidak mudah terserang penyakit. 

Sebaiknya urungkan niat perjalanan OLXer untuk bersilaturahmi atau liburan dalam kota jika ada salah satu anggota keluarga OLXer yang kurang enak badan. Kita tidak tahu apa yang terjadi, sakit biasa atau karena virus COVID-19. Jangan sampai OLXer dan keluarga menjadi penyebar virus.

Bahkan bila perlu, sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan, OLXer bersama keluarga melakukan tes SWAB antigen untuk memastikan semua dalam kondisi sehat wal afiat. 

Tentunya OLXer tidak mau dituding sebagai penyebab terjadinya cluster silaturahmi diantara sanak saudara Anda bukan?

Jaga Prokes dan Selalu Sedia Hand Sanitizer, Masker dan Vitamin di Dalam Mobil 

Setelah kondisi mobil sudah benar-benar dianggap siap, sekarang giliran mempersiapkan diri OLXer bersama keluarga. Jangan pernah lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama perjalanan. Tetap pakai masker, sering-sering mencuci tangan dan sebisa mungkin menjaga jarak. 

Juga harus selalu membekali kabin mobil dengan cairan hand sanitizer, cairan desinfektan, stok masker, tisu basah dan tisu kering sehingga siap digunakan kapan saja. 

Agar tidak terlalu ribet, sebaiknya belilah hand sanitizer atau cairan desinfektan dalam kemasan botol kecil agar mudah ditempatkan dimana saja.

Selain itu jangan sampai ketinggalan obat-obatan seperti obat anti mabuk, minyak angin, dan obat pribadi masing-masing anggota keluarga. Juga vitamin dan suplemen untuk menambah imun tubuh OLXer dan keluarga selama perjalanan.

Pastikan E-Toll Terisi Full

Meski hanya melakukan perjalanan keliling kota, bukan berarti OLXer mengabaikan saldo E-Toll. Perjalanan dalam kota bisa jadi lebih efisien dengan menggunakan jalur bebas hambatan atau Tol. Untuk itu sangat penting bagi OLXer memastikan sudah melakukan top up saldo E-Toll OLXer.

Juga tidak ada salahnya jika OLXer menyiapkan lebih dari satu atau dua E-Toll di dalam mobil dengan kondisi semuanya sudah terisi saldo. Hal ini untuk berjaga-jaga jika salah satu kartu E-Toll tersebut terselip dan susah diraih saat di gerbang tol.

Internet Smartphone untuk Mengakses Aplikasi Penunjuk Arah 

Ada kalanya tujuan dari perjalanan OLXer kali ini adalah untuk pertama kalinya, sehingga dalam menentukan rute-nya, OLXer masih meraba-raba. Disinilah pentingnya gawai OLXer untuk dimanfaatkan mengakses aplikasi GPS atau penunjuk arah. 

Ada dua aplikasi GPS yang umum digunakan, Google Map dan Waze, keduanya sama baiknya, tinggal pilih yang mana yang akan lebih memudahkan OLXer menuju destinasi.

Untuk memastikan hal tersebut, OLXer juga harus memperhatikan paket internet pada handphone. Jangan sampai saat dibutuhkan, internet handphone OLXer habis kuota dan tidak bisa mengakses GPS.

Car Charger dan Power Bank

Perangkat penambah daya gawai juga terkadang menjadi hal sepele yang diabaikan namun saat dibutuhkan OLXer akan menyesal karena tidak membawanya dalam perjalanan. 

Jadi jangan pernah terabaikan untuk membawa perangkat car charger ataupun power bank untuk memastikan daya pada gawai OLXer tidak akan lowbatt. Internet full kuota tapi baterai gawai habis itu sama juga bohong.

Sekarang ini sudah banyak sekali produk car charger yang tersedia dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Cari yang memiliki slot USB lebih dari satu agar bisa dipakai untuk melakukan pengisian daya lebih dari satu handphone. 

Pastikan juga untuk kabel charger yang dibawa memiliki ukuran panjang, jadi untuk penumpang baris kedua juga tetap bisa mengisi daya tanpa harus ribet pindah-pindah tempat.

Perangkat Hiburan di Dalam Mobil

Ini juga tidak boleh dianggap sepele, menyediakan hiburan di dalam kabin mobil agar perjalanan tidak menjadi bosan. Biasanya mobil-mobil keluaran terkini sudah hadir dengan perangkat entertainment mumpuni. 

Sediakan playlist musik favorit OLXer untuk bisa dimainkan sepanjang waktu selama perjalanan. Atau setidaknya mendengarkan siaran radio kesayangan kalian. 

Rasa jenuh dan kantuk saat berkendara setidaknya bisa diusir dengan mendengarkan lagu-lagu kesayangan.  Begitu juga dengan penumpang lainnya. 

Atau masing-masing penumpang bisa memutar lagu atau video lewat gawai masing-masing. Agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya sebaiknya lakukan hal tersebut menggunakan headset.

Bawa Juga Makanan dan Minuman

Sebenarnya hal ini sangat tidak dianjurkan karena bisa mengotori kabin mobil. Tapi mungkin untuk perjalanan dengan waktu yang panjang, tidak ada salahnya. 

Membawa cemilan dan minuman di dalam mobil juga bisa membantu mengurangi rasa jenuh selama perjalanan. Asalkan semua penumpang bertanggung jawab untuk tidak mengotori mobil dengan meninggalkan sisa-sisa makanan atau menumpahkan minuman.

Pastikan di dalam mobil tersedia tempat sampah untuk membuang bungkus makanan, cemilan dan minuman. Jadi saat tiba kembali di rumah, OLXer tidak kesulitan untuk membersihkannya. 

Sertakan Uang Receh & Koin 

Nah, ini juga kadang dilewatkan oleh sebagian pengendara mobil, padahal juga penting dalam melancarkan perjalanan OLXer. Apalagi jika perjalanan di dalam kota, sudah pasti uang receh dan koin sangat dibutuhkan. 

Tentu OLXer pernah mengalami berkendara masuk ke gang sempit yang di setiap sudut tikungannya ada 'polisi cepek'. Disinilah peran uang receh dan koin hadir. Jangan sampai OLXer dimaki dalam hati karena dianggap pelit untuk berbagi sekadar 500 atau 1000 rupiah. 

Begitu juga saat mengalami kondisi darurat BAB atau BAK di rest area atau di SPBU, sudah pasti OLXer harus mengisi kotak yang tersedia. Karena di Jakarta jarang yang gratis bro!.

Mungkin itulah rangkuman hal-hal yang harus OLXer harus persiapkan sebelum melakukan perjalanan silaturahmi ke rumah sanak saudara atau liburan di dalam kota saat lebaran nanti. Yang pasti OLXer jangan mudik ke kampung halaman jika tidak mau berurusan dengan Polisi atau disuruh putar balik lagi setelah menempuh perjalanan jauh.

Stay healthy dan selamat berlibur!

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga