Copied to clipboard!

Mitsubishi Xpander Black Edition



MOBIL BARU

Varian Mitsubishi Xpander Black Edition, Apa Bedanya Dengan Versi Lainnya

Author : Herdi Muhardi

25 Oct 2020


Mitsubishi Xpander Black Edition jadi varian terbaru yang diluncurkan PT MPT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek Mitsubishi di Tanah Air.

Hadirnya Xpander Black Edition ternyata mampu menghadirkan tampilan yang lebih sangar dan juga sporty. Kombinasi warna hitam atau jet black mica dengan kelir merah dianggap cukup tepat. Sekalipun, varian ini hadir dengan warna putih alias quartz white pearl dengan campuran warna merah masih terlihat asyik dan masih enak dipandang.

Namun OLXer juga harus tau, kalau varian Mitsubishi Xpander Black Edition ini bukan dijadikan varian termahal, lantaran dibuat terbatas hanya 1.000 unit.

Mitsubishi Xpander Black Edition
Mitsubishi Xpander Black Edition. (Zie)

Sebaliknya, varian ini merupakan pengembangan dari Xpander Exceed A/T dan Exceed M/T. Artinya, Xpander Black Edition ini di atas varian Exceed namun masih di bawah tipe sport dan Ultimate.

Dengan begitu, Mitsubishi Xpander memiliki lima varian berbeda, yaitu GLS, Exceed, Xpander Black Edition, Sport dan juga Ultimate.

Lalu apa yang membedakan Mitsubishi Xpander Black Edition dengan versi Xpander lain khususnya tipe Exceed? Berikut ulasannya:

Mitsubishi Xpander Black Edition
Mitsubishi Xpander Black Edition (Zie)

Secara tampilan, yang membedakan Xpander Black Edition sangat terlihat dari penyematan aksen hitam lebih banyak, seperti alloy wheel atau velg, dan door mirror atau rumah kaca spion.

Aksen merah juga ikut melekat di bagian bodykit yang terletak di sisi kanan-kiri di bawah side skirt, serta bawah bumper depan dan belakang. Selain itu, penggunaan emblem edisi spesial berupa “Black Edition” pada bagian bokong jadi ciri yang membedakan varian ini dengan lainnya.

Masuk ke dalam kabin, jok Xpander Black Edition yang berbahan kulit sintetis sudah menggunakan penambahan seat cover atau jok dan floor mat atau karpet berupa jahitan seperti garis-garis merah.

Sementara itu, sistem hiburan mobil ini sudah dipasangkan layar berukuran tujuh inci audio touch screen.

Nah, untuk versi Mitsubishi Xpander Exceed, sejatinya tampilan luarnya polos tidak ada penambahan seperti versi Black Edition.

Demikian juga pada bagian interior, tidak ada unsur garis-garis merah. Hanya saja, material jok pada versi Exceed ini bukan menggunakan kulit sintetis melainkan bahan fabric atau kain.

Selain itu, jika Xpander Black Edition menggunakan head unit audio touch screen 7 inci, maka untuk Xpander Exceed ini masih menggunakan head unit 2DIN dan tidak layar sentuh, termasuk koneksi ke smartphone.  Serta tak punya sambungan ke gawai Anda. Selebihnya identik.

Namun perlu dicatat, perbedaan yang cukup menarik sehingga membuat Xpander Black Edition lebih diperhitungkan karena varian ini dijual terbatas, yaitu hanya 1.000 unit, sedangkan tipe Xpander Exceed tidak ada batasannya.

Nah, untuk selebihnya masih sama, termasuk pada bagian dapur pacu yang masih menggunakan mesin tipe Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) berteknologi 4A91 DOHC berkapasitas 1.5 liter dengan 16 katup yang menghasilkan daya hingga 130 Tk pada putaran 6000 rpm dengan torsi 145 Nm per putaran 4000 rpm.

Adapun untuk harga Mitsubishi Xpander Black Edition dan Xpander Exceed, harganya juga tak terlalu jauh, yaitu :

- Xpander Exceed M/T Rp 242,8 juta

- Xpander Exceed A/T Rp 253,2 juta

- Xpander Black Edition M/T Rp 257,1 juta

- Xpander Black Edition AT Rp 267,5 juta

Nah, mau tau lebih detail soal Mitsubishi Xpander, bisa lihat di sini