Copied to clipboard!
New Honda CR-V

New Honda CR-V



MOBIL BARU

Meluncur di FIlipina, Spesifikasi New Honda CR-V Sudah Pakai Teknologi SENSING

Author : Zainal Abidin

24 Oct 2020


Honda CR-V menjadi salah satu model Sport Utility Vehicle (SUV) yang cukup tinggi peminatnya di Tanah Air. Kemewahan Honda CR-V setara dengan dua model SUV paling laku di Indonesia, yakni Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Tapi sayangnya untuk pasar Indonesia, di tahun ini PT Honda Prospect Motor (HPM) seolah masih enggan untuk menghadirkan versi CR-V paling terbaru. Tentu dengan alasan bahwa kondisi pasar domestik saat ini masih belum stabil akibat terpaan pandemi COVID-19.

Hal berbeda terjadi di negara tetangga, Filipina. Baru-baru ini Honda Cars Philippines, Inc. (HCPI) selaku unit bisnis mobil Honda di negara tersebut melakukan peluncuran New Honda CR-V secara virtual dan disiarkan melalui halaman Facebook dan YouTube HCPI. 

New Honda CR-V terbaru yang sekarang resmi beredar di Filipina sudah lebih canggih dengan hadirnya fitur Honda SENSING. Dimana fitur ini sukses mengantarkan New Honda CR-V mempertahankan 5 bintang untuk peringkat keamanan ASEAN NCAP.

Pilihan Mesin Diesel dan Bensin

Di pasar domestik Filipina, Honda CR-V terbaru hadir dalam dua pilihan mesin, yakni 1.6 liter DOHC i-DTEC Diesel Turbo yang dipadukan transmisi otomatis 9-speed, dengan tenaga 120 PS pada 4.000 rpm, dan torsi maksimum 300 Nm pada 2.000 rpm. 

Juga hadir pilihan mesin 2.0 liter SOHC i-VTEC dengan mesin CVT yang menghasilkan output maksimum 154 PS pada 6.500 rpm dan torsi puncak 189 Nm pada 4.300 rpm untuk varian bensin 5 penumpang.

Dua pilihan mesin tersebut menawarkan kinerja New Honda CR-V yang lebih responsif dan lebih efisien urusan konsumsi bahan bakar. 

Eksterior Didesain Ulang

New Honda CR-V sekarang punya tampilan eksterior yang diklaim makin modern dan bergaya. Bagian depan sekarang sudah mengaplikasikan desain bumper terbaru, grille wing chrome baru, aksen bumper chrome dan lampu utama berteknologi LED. 

Foglamp pun sudah menjadi fitur standar pada semua varian, sedangkan tipe SX Diesel 9AT AWD sebagai varian tertinggi kini dilengkapi Front Sequential Turn Signal. 

Sementara pada sektor kaki-kaki, New Honda CR-V kini mengusung velg 18” dengan desain terbaru yang membuat tampilannya terlihat semakin mewah. Selain itu, roof rail pun sekarang sudah ada di semua variannya. 

Saat bergeser ke bagian belakangnya, terlihat komposisi lampu belakang sekarang terlihat lebih gelap dengan bumper yang juga sudah didesain ulang.

Untuk varian S Diesel 9AT sekarang sudah dilengkapi Power Tailgate yang memberikan kemudahan dalam mengakses area bagasi belakang. Sementara untuk varian tertingginya, SX Diesel 9AT AWD punya fitur Hands-Free Access Power Tailgate, memungkinkan pintu belakang terbuka hanya lewat gerakan menendang. 

Kemewahan SX Diesel 9AT AWD makin paripurna dengan hadirnya Panoramic Sunroof dan Auto Rain Sensing Wipers.

Ruang Kabin Lapang Menampung 7 Penumpang dengan Nyaman

Sejak generasi pertamanya, Honda CR-V memang sudah dikenal sebagai mobil SUV dengan ruang kabin yang cukup luas. 

Di New Honda CR-V terbaru ini, keunggulan tersebut masih tetap dipertahankan, tetapi semakin bertambah nyaman berkat improvement yang dilakukan di bagian interiornya.

Pada varian SX Diesel 9AT AWD kini sudah dilengkapi 8-way Power-Adjustable Driver Seat with 4-way Power Lumbar Support, ini memungkinkan konfigurasi kursi yang dapat disesuaikan, sekaligus memberikan posisi mengemudi paling nyaman. 

Sistem 4-way Power-adjustable Seat ini juga ada pada bangku penumpang bagian depan. 

Untuk menjaga kapasitas baterai handphone penumpang Honda CR-V, USB Port sekarang terletak di konsol tengah, bahkan untuk varian SX Diesel 9AT AWD sudah lebih canggih lagi karena dilengkapi Wireless Mobile Charger.

Fitur andalan untuk hiburan selama perjalanan, sekarang New Honda CR-V sudah menggunakan 7-inch Touchscreen Display Audio system with Apple CarPlay and Android Auto di tiga variannya.

Selain itu, varian SX Diesel 9AT AWD dan S Diesel 9AT mengemas fitur Navigasi dan kontrol tambahan untuk sistem AC otomatis. 

Teknologi Keselamatan Honda SENSING 

Khusus untuk dua varian mesin diesel Honda CR-V yang baru saja diluncurkan di Filipina, sekarang sudah dilengkapi dengan Honda SENSING. 

Hadirnya fitur teknologi keselamatan terbaru yang dikembangkan Honda ini, CR-V baru sekarang merupakan model SUV yang paling aman. Hal ini bisa dibuktikan dengan keberhasilan New Honda CR-V meraih 5 bintang hasil uji keselamatan ASEAN NCAP. 

Di dalam teknologi keselamatan tersebut, Honda New CR-V sekarang punya fitur Front Driver dan Passenger Airbags, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD), Emergency Stop Signal, dan Multi-View Rear Camera dengan Panduan. 

Ketiga variannya juga sudah dapat fitur keselamatan standar tambahan seperti LaneWatch, side airbags dan side curtain airbags. 

Jika dilihat dari ubahan model serta improvement fitur-fitur yang hadir di New Honda CR-V, tentunya model SUV ini akan memberikan nilai tambah yang cukup tinggi bagi pemiliknya. 

Masalahnya apakah model ini akan menarik minat HPM untuk memboyongnya ke Tanah Air? Mungkin cuma masalah waktu saja, sambil menunggu kondisi pasar otomotif Indonesia lebih stabil dan minat masyarakat untuk membeli mobil baru semakin tinggi usai pandemi.