OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Produk /  NGK Punya Busi Iridium Khusus Toyota, Packaging Premium Pertama di Dunia



NGK Punya Busi Iridium Khusus Toyota, Packaging Premium Pertama di Dunia

24 Mar 2021

NGK Laser Iridium

Model NGK memperlihatkan busi premium NGK Laser Iridium (Foto : NGK Busi Indonesia)

News.OLX.co.id - NGK Spark Plugs hari ini memperkenalkan produk terbarunya yang diklaim bermain di segmen busi premium peruntukan mesin mobil merek Toyota. NGK Laser Iridium menjadi busi Genuine Performance Upgrade (GPU) dengan berbagai keunggulan yang memungkinkan adanya peningkatan sensasi berkendara.

Busi baru dari NGK ini sangat istimewa karena diciptakan khusus agar dapat bersinergi dengan mesin NR yang dipakai di rata-rata model Toyota seperti Avanza, Sienta, Yaris, Rush, serta model Toyota lainnya. 

“Tim riset dan pengembangan NGK Spark Plugs di Jepang telah mendesain sebuah busi varian baru yaitu Laser Iridium dengan part number ILKAR6B11 yang kompatibel dengan kendaraan Toyota bertipe NR-Engine yang kebutuhannya akan busi dengan performa tinggi cukup besar,” ungkap Takashi Shimizu, GM Sales & Marketing NGK Busi, Rabu (24/3/2021). 

NGK memang terkenal sebagai merek busi paling inovatif karena banyak merilis produk busi berbagai varian yang sesuai dengan kebutuhan konsumen pemilik kendaraan. 

Menurut Friendky Lay, Sr. Manager Sales & Marketing NGK Busi Indonesia, perilaku konsumen pemilik kendaraan dalam hal perawatan kendaraan, termasuk ganti busi, itu berbeda-beda.

“Dari survei yang sudah kami lakukan, ternyata orang punya preference berbeda untuk urusan ini. Banyak kita dapati pemilik mobil di segmen LCGC, mereka tidak puas dengan produk standar dan menginginkan upgrade. Dan tiga hal yang kami tangkap adalah, rata-rata mereka menginginkan busi yang menawarkan peningkatan performa bagi kendaraan mereka, punya durability yang lama, harga terjangkau dan bisa dibanggakan. Dan kami menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan masing-masing pelanggan tersebut,” jelasnya.

NGK Laser Iridium di develop langsung di Jepang dan didedikasikan untuk pemilik kendaraan Toyota. Kelebihan dari busi baru NGK ini adalah menggunakan bahan iridium dikombinasikan dengan platinum pada bagian ground electrode-nya.

Dan sebagai penanda bahwa busi ini adalah produk premium, NGK Laser Iridium juga dibungkus dengan packaging yang premium berwarna hitam eksklusif. Klaim dari NGK, packaging premium untuk busi ini baru pertama kali dipakai di dunia. 

Keunggulan Busi NGK Laser Iridium

NGK Laser Iridium
NGK Laser Iridium menggunakan packaging premium yang diklaim sebagai yang pertama di dunia (Foto : NGK Busi Indonesia)

Laser Iridium merupakan busi Genuine Performance Upgrade bagi kendaraan Toyota dengan mesin NR. Menurut Diko Oktaviano, tim teknis NGK Busi di Indonesia, proses pengembangan busi tersebut memang mendapat perhatian khusus di Jepang. 

“Tim kami di Jepang memberikan perhatian secara khusus kepada busi premium untuk Toyota ini. Kami ingin menambahkan pilihan lineup produk yang lebih luas kepada end-users yang menginginkan busi yang berkualitas tinggi dan terbaik di kelasnya dengan masa pakai yang lebih lama berkat penggunaan kombinasi material Platinum dan Iridium di kedua elektrodanya,” terang Diko.

Dijelaskan Diko, ruang bakar dengan kondisi panas yang sangat ekstrim tentu membutuhkan material istimewa, agar elektroda busi bisa bertahan dan berfungsi sempurna dalam waktu lama. Itulah alasan mengapa NGK memilih precious metal (logam mulia) sebagai bahan elektroda busi di Laser Iridium, karena memiliki sifat istimewa dibanding material lainnya, yaitu titik leburnya lebih tinggi, material lebih keras, dan tingkat konduktivitas lebih baik.

“Iridium bakal banyak berperan di produk-produk NGK kedepannya,” terangnya.

Busi NGK Laser Iridium memiliki fitur berupa bentuk center electrode yang lebih tipis. Hal ini menghasilkan titik api yang lebih fokus dan lebih stabil dengan penghambat yang lebih kecil. Energi ledaknya jadi lebih cepat.

Keunggulan ini dipadukan dengan material platinum di ground electrode, yang punya sifat jauh lebih kuat menahan keausan dibanding bahan nikel, sehingga umur busi lebih panjang.

“Semakin tipis diameter elektroda, maka akan semakin efisien dalam elektricity. Kebutuhan arus listrik yang diperlukan terpenuhi dalam menghasilkan proses pembakaran bahan bakar yang lebih sempurna. Menggunakan busi ini, maka emisi gas buang yang dihasilkan juga menjadi lebih rendah dan lebih irit bahan bakar,” pungkas pria yang pernah meraih The Best ASEAN Technical Contest 2017 ini.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga