Copied to clipboard!

Nissan Kicks e-Power (postmediadriving)



MOBIL BARU

Nissan Kicks e-Power Meluncur di Indonesia, Ini Kehebatan dan Harganya

Author : Herdi Muhardi

03 Sep 2020


Nissan Indonesia secara resmi meluncurkan Nissan Kicks e-Power di Tanah Air. Mobil bergaya Compact Sport Utility Vehicle (SUV) ini diklaim memiliki sensasi berkendara mobil listrik tanpa perlu charger eksternal.

Menurut Presiden Direktur Nissan Indonesia Isao Sekiguchi, debut Nissan Kicks e-Power di Indonesia adalah pionir dan solusi inovatif bagi konsumen yang menginginkan sensasi berkendara dan efisiensi mobil listrik, tanpa perlu repot dengan charging.

“Sebagai pemimpin elektrifikasi global dan pemain besar SUV dunia, Nissan membuat Nissan Kicks e-Power sebagai pendukung mobilitas yang handal, canggih, efisien, dan menyenangkan bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman mengendarai mobil listrik,” ungkap Isao saat peluncurannya di akun Youtube Nissan, Rabu (2/9/2020) malam.

Nah, OLXer yang mau tau apa saja kehebatan Nissan Kicks e-Power, berikut ulasannya:

Desain

Secara desain Nissan Kicks e-Power mengusung design signature Nissan, hal ini terlihat dari Grille V-motion yang khas, floating-roof, lampu depan LED dengan logo Kicks.

Pada bagian kaki-kaki, mobil ini dilengkapi velg berukuran 17 inci dengan desain two-tone exterior color. Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, Nissan Kicks e-Power hadir dalam empat pilihan warna, di mana dua warna two-tone seperti Monarch Orange & Hitam dan Storm White & Hitam, serta pilihan warna mono-tone berupa Gun Metallic dan Black Star.

Oia, mobil SUV ini memiliki ground clearance tinggi 175 mm, yang diklaim sang cocok dan sesuai untuk berbagai situasi jalan di Indonesia.

Untuk bagian kabin, SUV ini memiliki kabin dengan warna interior hitam, kursi berlapis kulit dan kapasitas bagasi yang sangat lapang (423 liter).

Kursi depan dengan teknologi Zero Gravity, dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kelelahan untuk perjalanan yang panjang.

Teknologi e-Power 

Nissan Kicks e-Power mengusung teknologi e-Power adalah powertrain listrik 100 persen, memanfaatkan teknologi kendaraan listrik (EV) yang disempurnakan dari Nissan Leaf, dimana mesin bensin untuk mengisi baterai bertenaga tinggi bila diperlukan.

Hal ini menghilangkan kebutuhan akan pengisi daya eksternal, sekaligus menawarkan output tinggi yang sama dengan EV.

e-Power memberikan akselerasi kuat, torsi, dan tarikan yang responsif serta berkendara yang senyap dengan akselerasi halus seperti EV. Sistem e-Power menawarkan penggerak motor listrik penuh, yang berarti semua roda sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik. Dengan teknologi ini baterai output tinggi dan powertrain terintegrasi dengan mesin bensin, generator listrik, inverter dan motor.

 

One-Pedal Operation

Hal menarik lainnya dari Nissan Kick e-Power yaitu menerapkan sistem One-Pedal Operation. Ya, teknologi ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan akselerasi dan deselerasi dengan hanya menggunakan satu pedal, yaitu pedal gas saja.

Pada lalu lintas kota yang macet, teknologi satu pedal ini mengurangi kebutuhan untuk berpindah dari satu pedal ke pedal lainnya, membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan lebih menyenangkan.

One-Pedal operation juga memungkinkan berkendara secara sporty di jalan berliku, menjadikan berkendara lebih seru dan juga lebih mudah.

Fitur

 

Nissan Kicks e-Power juga sudah dijejali beberapa teknologi inovatif berupa Nissan’s Safety Shield System, dan termasuk di dalamnya teknologi Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System.

Intelligent Forward Collision Warning mendeteksi pergerakan mendadak kendaraan di depan pada jalur yang sama dan memperingatkan pengemudi akan potensi tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Sementara itu, Intelligent Emergency Braking secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan dan pengereman darurat saat risiko tabrakan meningkat sehingga dapat menghindarkan terjadinya tabrakan belakang atau mengurangi dampak dari tabrakan itu sendiri.

Selain itu ada juga teknologi Intelligent Cruise Control, di mana mobil ini akan secara otomatis menjaga jarak dan kecepatan aman dari kendaraan di depannya, sehingga mengurangi kelelahan pengemudi saat perjalanan jauh atau kemacetan pada saat berkendara dengan mengaktifkan fitur Intelligent Cruise control.

Beberapa teknologi Nissan lainnya juga disematkan, seperti Blind Spot Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control dan Hill Start Assist.

Performa

Dalam sistem hybrid konvensional, roda-roda digerakkan oleh motor listrik dan mesin bensin. Namun, dalam sistem e-Power, mesin bensin tidak terhubung ke roda; mesin bensin hanya berfungsi untuk mengisi baterai. Tidak seperti EV penuh, sumber tenaganya adalah mesin, bukan hanya baterai.

Nissan Kicks e-Power dilengkapi motor listrik EM57, generator dan inverter, serta mesin 1,2 liter DOHC 12-valve tiga silinder. Sistem e-Power menawarkan tenaga maksimum 95 kilowatt (kW) dan torsi 260 Nm, dan baterai lithium-ion­.

Karena diklaim memiliki pengalaman berkendara 100 persen kendaraan listrik, maka konsumen akan merasakan akselerasi cepat, halus, torsi instan, kabin senyap dan bahan bakar bensin yang efisien. 

Harga

Menyoal harga, Nissan Kicks e-Power dibanderol Rp 449 juta on the road DKI Jakarta. Pemesanan dibuka mulai hari ini dan pengiriman ke konsumen dimulai Oktober 2020 mendatang.

Perlu dicatat, harga tersebut sudah termasuk Nissan Care Package, layanan unggulan berupa suku cadang dan servis berkala gratis hingga empat tahun atau 50.000 km mana yang lebih cepat.

Selain itu ada juga garansi kendaraan standar tiga tahun atau 100.000 kilometer mana yang lebih cepat. Adapun garansi juga diberikan untuk baterai lithium-ion dan sistem kelistrikkan hingga lima tahun atau 100.000 km mana yang lebih cepat.