OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Nissan Segera Stop Produksi 14 Model Global



Nissan Segera Stop Produksi 14 Model Global

02 Jun 2020

Pabrik Nissan

Nissan Micra yang diproduksi di pabrik Nissan Prancis (Foto : Google)

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Nissan akhirnya memutuskan untuk menutup pabrik produksinya di Indonesia dan Spanyol (Barcelona) sebagai upaya mempertahankan pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

Chief Executive Officer Nissan, Makoto Uchida, dalam pidatonya di Yokohama, Jepang, Kamis lalu (28/5/2020) mengungkapkan rencana Nissan untuk memangkas biaya tetap sebesar 300 miliar yen atau sekira Rp 41,17 triliun.

"Rencana transformasi kami bertujuan untuk memastikan pertumbuhan yang stabil tanpa ekspansi penjualan yang berlebihan. Kami sekarang akan berkonsentrasi pada kompetensi inti kami dan meningkatkan kualitas bisnis kami, sambil mempertahankan disiplin keuangan dan fokus pada pendapatan bersih per unit untuk mencapai profit," ungkap Uchida.

Salah satu wujud dari rencana empat tahun ke depan, Nissan juga bermaksud untuk menghentikan produksi sebanyak 14 model mobil dan memangkas kapasitas produksi hingga 20 persen di seluruh dunia.

Dalam arti, Nissan bersiap memangkas kapasitas produksi sebanyak 20 persen menjadi 5,4 juta unit per tahun, dengan asumsi shift kerja standar sebagai bagian dari efisiensi. Sehingga pemanfaatan pabrik produksi bisa mencapai level di atas 80 persen. 

Konsekuensinya, Nissan akan mengurangi jajaran produk globalnya dari 69 model menjadi kurang dari 55 model, atau berkurang 14 model.

Kini fokus Nissan secara global lebih mengarah pada segmen model inti global, termasuk kendaraan segmen C dan D yang disempurnakan, kendaraan listrik, dan mobil sport.

Akan ada 12 model baru yang siap diperkenalkan dalam waktu 18 bulan ke depan, termasuk model untuk memperluas penetrasi di kendaraan listrik (EV) dan mobil yang digerakkan motor listrik, termasuk e-POWER, dengan target penjualan lebih dari 1 juta unit setahun di akhir tahun fiskal 2023.

Nissan juga akan memfokuskan bisnis intinya untuk pasar Jepang, China, dan Amerika Utara.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga