OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Modifikasi /  Nitro 155, Supermoto Modern dan Futuristik yang Lahir Dari Motor Retro



Nitro 155, Supermoto Modern dan Futuristik yang Lahir Dari Motor Retro

30 Aug 2021

Tampilan Nitro 155, motor yang diubah dari basis Yamaha XSR 155. (Treasure Garage)

Yamaha XSR 155 sejatinya merupakan sepeda motor sport dengan desain retro minimalis. Motor yang diluncurkan di Indonesia pada 2019 dengan mesin 1 silinder berkapasitas 155cc ini cukup diminati oleh mereka yang doyan serba klasik.

Namun tahukah OLXer, seorang builder asal Bali, dari Treasure Garage, bernama Imanuel Prakoso, merombak motor berdesain retro Yamaha XSR 155 dengan banderol Rp 36,9 juta itu menjadi sebuah supermoto modern dan futuristik.

“Mesinnya enak. Overall salah satu yang terbaik di kelasnya, bisa dipakai on road dan off road,” ungkap Imanuel yang mengikuti ajang Yard Built Indonesia dan Yamaha Indonesia.

Menurut Immanuel, motor yang diberi nama Nitro 155 sengaja didesain agar dapat menghasilkan motor lincah ketika bermanuver di jalanan on road. Akan tetapi, motor ini tetap dapat memperhatikan segi fungsionalitas dan futuristik sebagai ciri khasnya.

Imanuel mengatakan, dengan wujud barunya ini, Nitro 155 tetap sanggup dikendarai ke mana saja, karena pada dasarnya motor ini berjenis sport dan retro scrambler, yang juga bisa dipakai di jalanan off road.

Lantas apa saja yang sudah diubah?

Yamaha XSR 155
Tampilan Nitro 155, motor yang diubah dari basis Yamaha XSR 155. (Treasure Garage)

Nah OLXer, ubahan yang terjadi pada Nitro 155 cukup banyak, mulai dari bodi, frame, system pengereman, lampu-lampu, hingga jok.

“Yang tersulit pembuatan tangki, karena fuel injection jadi harus akurat, dan headlamp agak ribet karena desain tidak biasa,” ucapnya kepada News OLX.

Yamaha XSR 155
Bagian lampu Nitro 155. 

Ya, secara keseluruhan ubahan signifikan dilakukan seperti penggantian rangka bodi yang dibuat custom dengan bahan bermaterial full almunium. Nah, untuk menunjang tampilan, pencahayaan motor ini sudah menggunakan lampu LED Acrylic Handmade.

Agar tambah gagah saat dikendarai dan mampu mengontrol laju motor dengan baik, stang ikut diubah dari Fatbar Protaper. Tak lupa, di atas stang, motor ini sudah dipasang speedometer rep KTM agar lebih menarik.

Yamaha XSR 155
Kaki-kaki Nitro 155

Meski kaki-kaki masih original dari XSR 155, namun tetap ada sejumlah komponen yang dilakukan pergantian seperti pada velg bodywork dengan tipe jari-jari berbahan full alumunium dengan ukuran 17 inch, dan dibalut ban Battlax S22. Alhasil bagian bawah ini desainnya cukup nyentrik ala motor masa depan.

Belum lagi sistem pengeremannya sudah menggunakan floating disc brake dan brake caliper dari Anchor, yang ditunjang dengan handle rem dan kopling hidrolis dari RCB.

Oia, seluruh bodi ini dicat full custom paint oleh tim Treaser Garage. Sementara  motor yang dimodifikasi dengan beragam custom work dan accessories ini menghabiskan biaya sekitar Rp 65 jutaan dan memakan waktu hingga 3,5 bulan lamanya.

Nah, OLXer apakah tertarik dengan mengubah motor retro agar menjadi supermoto? Jangan lupa siapkan modal dan biayanya ya!

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga