BERITA

Oktober 2019, Ngeyel Masuk Busway Siap Kenapa Tilang Elektronik

10 Sep 2019

Catat nih OLXer, bulan depan alias Oktober 2019 jangan sampai Anda masuk busway. Sebab, jika nekat masuk jalur bus TransJakarta bukan tak mungkin akan terkena tilang elektronik.

Hal ini juga disampaikan langsung Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama Polda Metro Jaya terkait Electronic Traffic Law Enforcement/E-TLE) atau tilang elektronik bagi mereka yang masuk busway. 

Jika tak ada aral melintang, tilang elektronik akan diterapkan di seluruh koridor busway yang jumlahnya mencapai 13 koridor. Namun koridor busway yang utama untuk ditindak setidaknya ada 12 koridor, terutama koridor yang bersinggungan langsung dengan kendaraan lain.

“Paling lambat tahun ini. Tapi kami minta tadi Oktober paling lambat,” kata Agung seperti dilansir NTMC Polri, Selasa (10/9/2019).

Adapun perangkat kamera akan ditempatkan tersembunyi  pada berbagai titik di jalur busway. 

Dengan adanya sistem tilang ini, Agung berharap tak ada lagi kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor yang masuk melintasi jalur TransJakarta.

Hal ini sesuai dengan konsep pertama kali TransJakarta beroperasi, di mana busway akan steril sepenuhnya sehingga penumpang dapat nyaman dan sampai tempat tujuan lebih tepat waktu. Selain itu, tentu saja soal keamanan dan keselamatan lebih terjaga. 

Nah, jika busway bebas hambatan dan bus melaju sesuai yang diinginkan, maka harapannya masyarakat akan lebih beralih menggunakan transportasi umum, seperti halnya TransJakarta. (Her)