TIPS

Parkir Mobil, Wajibkah Posisi Ban Harus Lurus?

17 Sep 2019

Jakarta - OLXer, pernah nggak kalian ditegur saat parkir dan membiarkan ban mobil dalam posisi miring?

Atau mungkin OLXer pernah dengar pantangan untuk melakukan hal tersebut?

Kalau iya, pernah nggak kalian cari tahu apa sih alasan parkir mobil ban-nya harus lurus? Ini masuk mitos atau fakta nggak sih?

Jadi awal pemikiran ini muncul akibat kekhawatiran kalau memarkir mobil dengan kondisi ban berbelok dalam waktu yang lama bakal merusak sistem power steering dan komponen kemudi lainnya. 

Ternyata ini cuma mitos saja OLXer. Faktanya kita tidak selalu harus dituntut untuk memarkir mobil dengan ban lurus. Ada kondisi tertentu malah mengharuskan kita parkir dengan posisi ban harus dibelokkan kok.

Contoh kalau OLXer parkir di tanjakan. Kalau ketemu kondisi seperti ini, maka penting buat OLXer parkir dengan posisi kemudi dibelokkan. Untuk apa? Dengan posisi parkir seperti ini kerja rem tangan lebih optimal dalam menahan bobot kendaraan saat diam.

Ini karena ban tertahan di trotoar sehingga menjaga mobil tidak mudah meluncur ke bawah.

Artinya, anggapan tersebut jelas adalah mitos yang nggak perlu dikhawatirkan sama sekali. Kalau istilah sekarang itu hanya HOAX.

Tapi…. ada tapinya loh. Kalau posisi parkirnya pararel dan di tempat yang rata, memang ada baiknya menjaga posisi ban dalam keadaan lurus dan jangan melakukan hand brake. Kenapa? Agar tukang parkir bisa dengan mudah menggeser maju-mundur mobil OLXer sewaktu-waktu dibutuhkan.

Hmmm, mungkin ini juga sih yang jadi sumber mitos. Gimana menurut OLXer? (Z)