OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Pasta Gigi, Cara Mudah dan Murah Membersihkan Batok Lampu Mobil



Pasta Gigi, Cara Mudah dan Murah Membersihkan Batok Lampu Mobil

27 Feb 2020

Ilustrasi membersihkan lampu utama. (shutterstock)

Lampu utama mobil atau headlamp cahayanya bisa saja memudar. Ternyata, hal ini bukan hanya karena bohlam atau lampunya yang bermasalah, melainkan mika atau batok lampu yang sudah mulai kusam.

Batok lampu biasanya mulai kusam karena beberapa faktor mulai dari dimakan waktu, terkena paparan panas matahari, debu, cuaca atau partikel lainnya yang langsung menyebabkan penutup lampu berbahan plastik rusak.

Cara paling ampuh mengatasi batok lampu kusam adalah mengganti dengan yang baru atau membeli pembersih khusus. Namun begitu, kedua cara tersebut cenderung sangat mahal.

Nah, melansir the journal, alternatif membersihkan cangkang lampu depan murah meriah yaitu dengan cara menggunakan pasta gigi.

Penggunaan pasta gigi dikarenakan salah satu bahan bakunya memiliki sifat abrasif ringan, sehingga cocok untuk membuat mika lampu lebih jernih.

Namun perlu diketahui, selain pasta gigi, ada alat-alat yang diperlukan, mulai dari kain kering, lap, sikat gigi, kanebo dan kain halus.

Sebelum mulai membersihkan, ada baiknya pastikan kotoran atau debu menempel di mika lampu dibersihkan dengan air bersihh. Kemudian oleskan pasta gigi pada kain kering, kemudian usap ke permukaan mika lampu secara merata.

Setelah itu, usap dengan cara melingkar, kemuduan gunakan sikat halus untuk memoles. Langka selanjutnya, lap mika yang sudah dilumuri pasta gigi dengan kain basah, lalu keringkan dengan lap.

Ada baiknya gunakan wax setelah dibersihkan, hal ini agar mika lampu tak cepat menguning kembali. Jika mika lampu masih tetap kusam atau menguning. Lakukan cara di atas beberapa kali. Selamat mencoba OLXer, semoga berhasil.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga