Copied to clipboard!
Tips Melewati Genangan

Mitsubishi Xpander dengan ground clearance yang cukup tinggi sedang melewati genangan air (Foto : Mitsubishi Motors)



TIPS

Pemilik Mobil Jangan Paksa Lewati Genangan Air Kalau Belum Paham Tekniknya

Author : Zainal Abidin

10 Nov 2020


News OLX tidak pernah bosan dalam memberikan panduan positif bagi pemilik kendaraan dalam beraktivitas di tengah musim hujan saat ini. Kali ini kami memberikan tips bagaimana cara yang benar ketika OLXers dihadapkan pada genangan air akibat curah hujan yang cukup deras.

Berkendara di tengah guyuran hujan tentu memerlukan kewaspadaan ekstra, apalagi saat jalan yang hendak dilalui terhalang genangan air.

Setidaknya jika menemukan kendala seperti itu, pastikan dulu ketinggian air masih bisa dilalui mobil. Jika terlalu tinggi, sebaiknya jangan memaksakan diri dan putar haluan mencari alternatif jalur lain. 

Jika memang terpaksa banget harus menerobos, tentu ada teknik yang harus dikuasai. 

Bersumber dari tips Mitsubishi Motors Indonesia yang membahas soal teknik melewati genangan air, disebutkan pemilik mobil Mitsubishi Motors harus tahu benar tinggi ground clearance dari model Mitsubishi Motors miliknya.

“Mobil berjenis MPV dan SUV seperti Mitsubishi Xpander, Xpander Cross, Eclipse Cross, dan Pajero Sport memiliki ground clearance yang tinggi namun tetap harus diingat terdapat batas aman yang berbeda untuk setiap mobil. Selain itu, konsumen juga perlu mengecek kondisi mobil setelah melewati genangan air, dan sebaiknya memeriksakan mobilnya ke bengkel resmi Mitsubishi Motors untuk memastikan kondisi mobil tetap dalam keadaan yang prima,” ungkap Boediarto, Head of After Sales and CS Operation Group PT MMKSI.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan ketika OLXers memutuskan untuk melewati genangan air adalah : 

  • Perhatikan mobil di depan

Hal pertama yang paling penting dilakukan adalah dengan memperhatikan pengendara di depan yang memutuskan untuk melewati genangan air. Setidaknya jika mobil OLXers yang ada di urutan terdepan, sebaiknya menyingkir dan memberikan jalan bagi kendaraan lain di belakang. Lihat jenis mobilnya serta pelajari kontur jalan dari mobil yang jalan terlebih dulu. 

Jika mobil tersebut lolos tanpa masalah, dan jenis mobilnya sama dengan yang OLXers gunakan, artinya mobil OLXers aman untuk lewat. Dan pastikan saat giliran OLXers lewat, mobil jangan sampai berhenti atau mesinnya tiba-tiba mati. 

  • Batas aman mobil 

Batas aman ketinggian air yang masih bisa dilewati ialah tidak melebihi dari ketinggian ban saat melintas, maksimal setengah ban saat posisi mobil sedang tidak bergerak. Semakin tinggi air maka akan semakin besar risiko untuk mobil kemasukan air.

  • Perhatikan gelombang air 

Adanya gelombang air ini dipastikan akan membuat tinggi air menjadi naik turun dan berisiko untuk masuk ke dalam mobil lebih besar lagi.

  • Gunakan gigi satu atau L untuk mobil matic.

Untuk transmisi manual gunakan gigi 1 dan untuk transmisi otomatis dapat memilih transmisi L atau B untuk tetap berada dalam gigi rendah.

  • Setelah berhasil, lakukan pengetesan rem

Biasanya ketika menerobos genangan akan membuat rem menjadi basah dan fungsi pengereman menjadi terganggu. Agar rem kembali bekerja maksimal sebaiknya pengendara menginjak rem berkali-kali sampai rem berfungsi normal seperti sedia kala.

Jangan lupa untuk kemudian membawa mobil OLXers ke bengkel resmi agar mendapat pengecekan lebih lanjut.

Untuk pemilik mobil Mitsubishi Motor, agar lebih aman sebaiknya memeriksakan mobilnya ke bengkel resmi. Informasi bengkel bisa diakses melalui https://www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer maupun melalui mobile apps My Mitsubishi Motors ID.