Copied to clipboard!
Penjualan Honda Juni 2020

Honda Brio menyumbang penjualan hingga 50 persen dari total penjualan Honda di bulan Juni 2020 (Foto : HPM)



BERITA

Penjualan Mobil Honda Melejit Hingga 93 Persen di Juni 2020

Author : Zainal Abidin

09 Jul 2020


Pasar otomotif nasional mulai menunjukkan tren positif meski pandemi COVID-19 masih terus berlangsung dengan tingkat penyebaran virus masih terbilang cukup tinggi.

Hingga hari Rabu pukul 12.00 WIB, tercatat ada penambahan 1.853 kasus baru sehingga total saat ini ada 68.079 kasus COVID-19 di Indonesia.

Honda untuk pertama kalinya dalam kurun 3 bulan terakhir berhasil meraih angka penjualan sebanyak 2.488 unit di bulan Juni 2020, naik 93 persen dibandingkan penjualan pada bulan Mei.

“Pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini. Kontribusi yang besar juga datang dari pembeli mobil pertama di segmen LCGC, yang didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit,” ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam keterangan tertulis yang dirilis hari Rabu (8/7/2020). 

Seperti yang dijelaskan, segmen LCGC memberi kontribusi terbesar penjualan mobil Honda di bulan Juni. Dimana pada segmen ini Honda mengandalkan Honda Brio. 

Tercatat Honda Brio berhasil terjual hingga 1.314 unit, atau sekira 52 persen kontribusi dari total penjualan seluruh model Honda. 

Model lainnya, Honda HR-V terjual sebanyak 343 unit, Honda Jazz sebesar 293 unit, Honda CR-V sebanyak 192 unit dan Honda Mobilio sebesar 164 unit.

Sementara itu Honda BR-V terjual 66 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 52 unit. Honda Civic Sedan mencatat penjualan sebanyak 26 unit disusul Honda Accord sebanyak 20 unit, Honda City sebanyak 14 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 4 unit.

Penjualan Honda juga didukung oleh program yang memberikan kemudahan dan keringanan kepada konsumen, khususnya pembelian lewat jalur online. 

Dari keseluruhan penjualan Honda di bulan Juni kemarin, 50 persen berasal dari pembelian via online. 

Honda baru-baru ini juga sudah meluncurkan kampanye #HondaHopefuel untuk menumbuhkan harapan dan tetap mendukung mobilitas sehari-hari para konsumen melalui berbagai inovasi layanan yang disiapkan Honda untuk era baru saat ini.

Layanan tersebut meliputi Home Service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, Pick Up Service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus, Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam, hingga kemudahan pembelian mobil secara online melalui website resmi Honda maupun virtual official store di berbagai situs e-commerce.

“Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia,” pungkas Yusak Billy.