Copied to clipboard!

Ilustrasi lampu depan. (Istimewa)



TIPS

Penyebab Lampu Depan Mendadak Mati

Author : Herdi Muhardi

18 Nov 2020


Jika ingin bepergian menggunakan kendaraan pribadi, sudah sewajarnya melakukan berbagai pengecekan. Hal ini untuk menghindari terjadinya masalah ketika di tengah jalan.

OLXer juga perlu ketahui, masalah pada mobil tidak hanya seputar ban atau mesin saja, tetapi masalah pada bagian kelistrikan juga bisa terjadi. Salah satunya lampu utama atau lampu depan tiba-tiba mati.

Ya, untuk sebagian orang lampu depan mati memang bukan menjadi masalah berarti. Namun, jika mengemudi pada malam hari, tentu saja masalah tersebut sangat dikhawatirkan, karena ketika malam tiba tanpa penerangan, maka bukan tak mungkin resikonya cukup tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya sistem kelistrikan dalam hal ini lampu depan juga perlu dilakukan pengecekan. Akan tetapi jika memang mati secara mendadak, maka tak perlu panik.

Nah, berikut ini ada beberapa yang perlu diketahui penyebab lampu depan mati:

1. Kehilangan koneksi atau kabel terbakar

Lampu mendadak mati biasanya ada masalah antara kabel lampu depan dengan mesin yang menghasilkan energi. Jika kabel ini memiliki koneksi yang longgar atau terbakar, lampu depan tidak akan menyala.

Cara mengatasinya: Anda perlu mengakses area tempat kabel menghubungkan baterai dan lampu depan. Periksa koneksi yang longgar atau kabel yang terbakar dan pasang kembali atau kencangkan.

2. Relay rusak

Relay merupakan bagian dari sistem lampu yang bertanggung jawab memberikan daya ke lampu depan. Sama seperti komponen lampu depan lainnya, relay juga bisa rusak. Dalam hal ini, lampu depan mobil tidak mau menyala . Jika Anda kebetulan mengalami masalah dengan relay, pertimbangkan untuk menggantinya dan periksa lagi.

3. Salah satu lampu depan mati

Masalah yang terjadi jika salah satu lampu depan mati, biasanya karena filamen bohlam tertentu terbakar sehingga perlu diganti.

Adapun ciri, lampu depan akan mati yaitu, pada bagian bohlam agak memutih atau gelap. Artinya, lampu perlu diganti.

Namun perlu dicatat, jika terjadi masalah pada bagian lampu depan, sebaiknya periksa saklar lampu depan, kabel, modul, sekring dan juga bohlam.

Meski kerap dianggap mudah untuk memperbaiki lampu depan, namun jika OLXer masih pemula, sebaiknya bawa ke teknisi di bengkel-bengkel resmi