OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Baru /  Perbedaan Masing-masing Mitsubishi Pajero Sport Facelift



Perbedaan Masing-masing Mitsubishi Pajero Sport Facelift

21 Feb 2021

Mitsubishi Pajero Sport Facelift resmi diluncurkan di Indonesia dengan ubahan eksterior, interior dan fitur. (Mitsubishi)

Dengan beragam penyegaran ringan, sosok Mitsubishi Pajero Sport Facelift sudah cukup menarik perhatian. Ya, tampilan mobil bongsor ini memang sangat menggugah karena desain gagah dan terkesan mewah.

Tak heran meski sebelum mengalami ubahan seperti saat ini, Mitsubishi Pajero Sport yang dipasarkan di Indonesia sejak 2009, secara total keseluruhan telah terjual setidaknya 164.773 unit dan sudah beredar di jalanan. 

Namun begitu, kalau OLXer yang ingin punya Mitsubishi Pajero Sport, perlu tahu juga kalau mobil penantang Toyota Fortuner ini memiliki enam varian, mulai dari tipe GLX (4x4) MT, Exceed (4x2) MT, Exceed (4x2) AT, Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT. 

Ya, dengan bermacam-macam varian Pajero Sport yang dtawarkan, tentunya akan ada perbedaan di masing-masing model, termasuk harga jualnya. OLXer yang ingin tahu apa saja perbedaan masing-masing Mitsubishi Pajero Sport, berikut ulasannya:

Perbedaan tipe Mitsubishi Pajero Sport 

Mitsubishi Pajero Sport
Pajero Sport Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT. (Mitsubishi)

Secara garis besar, yang membedakan masing-masing tipe ini terdapat pada beberapa bagian mulai dari eksterior, interior, fitur dan mesin.

Eksterior

Sekilas, semua model Mitsubishi Pajero Sport ini memang terlihat sama. Padahal, jika lebih detail ada beberapa perbedaan seperti pada eksterior, di mana Pajero Sport tipe GLX (4x4) MT, Exceed (4x2) MT, dan Exceed (4x2) AT, masih menggunakan lampu-lampu jenis halogen, seperti pada lampu utama, hingga lampu kabut. 

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT memiliki bentuk lampu dibuat menumpuk seperti lampu sein, LED Active Cornering Lamp, dan LED Foglamp. (Mitsubishi)

Sebaliknya, Pajero Sport tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT  lebih mewah dan juga keren. Ini karena sudah menggunakan lampu jenis LED. Lampu-lampu ini juga dibuat tiga tumpuk, seperti lampu sein, LED Active Cornering Lamp, dan LED Foglamp

Oia, pada tipe Dakar series juga sudah dilengkapi fitur Active Cornering Lamp, dimana lampu ini sangat bermanfaat ketika mobil dipacu di malam hari, karena lampu ini akan menerangi jalanan secara otomatis khususnya saat melewati jalur menikung atau berliku.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport GLX (4x4) masih menggunakan velg berukuran 16 inci, sedangkan tipe Exceed (4x2) MT, Exceed (4x2) AT, Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT menggunakan velg ukuran 18 inci. (Mitsubishi)

Pada bagian kaki-kaki seperti velg, perbedaan hanya pada diameternya saja. Untuk tipe GLX (4x4) masih menggunakan velg berukuran 16 inci, sedangangkan tipe Exceed (4x2) MT, Exceed (4x2) AT, Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT sudah dipasang velg ukuran 18 inci, sehingga tampil lebih sangar.

Selain itu, tipe Pajero Sport tipe GLX (4x4) MT, Exceed (4x2) MT, dan Exceed (4x2) AT velg nya masih bermaterial alloy single tone wheel, sedangkan untuk tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT masih alloy tapi desainnya two tone. 

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar Ultimate (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x4)  AT sudah menggunakan fitur Power Back Door dengan cara Kick Sensor untuk membuka pintu belakang. (Mitsubishi)

Belum lagi untuk membuka pintu belakang, Pajero Sport tipe Dakar Ultimate (4x2) dan (4x4) AT sudah menggunakan Power Back Door yang diaktifkan dengan metode 'Kick Sensor', sehingga mempermudah OLXer saat membawa banyak barang namun sulit membuka pintu. Maka dari itu, untuk membuka pintu bagasu belakang, OLXer cukup menggerakan kaki ke bawah bumper, kemudian pintu secara otomatis akan terbuka.

Interior

Saat hendak masuk ke dalam kabin, untuk membuka pintu Pajero Sport cukup menggunakan Mitsubishi Remote Control. Tapi maaf, fitur ini hanya tersedia pada tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT.

Adapun Mitsubishi Remote Control dapat digunakan dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi pada smartphone. Dengan fitur ini, OLXer dapat membuka dan menutup bagasi secara otomatis hanya menggunakan telepon genggam. Manfaat fitur ini juga bisa mendapatkan informasi seputar kondisi kendaraan, konsumsi bahan bakar, hingga jadwal servis berkala.

Mitsubishi Pajero Spot Dakar
Fitur Electronic Parking Brake with Auto Hold yang ada pada tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT. Untuk tipe Dakar Ultimate (4x4) juga dilengkapi Hill Descent Control (HDC). (Mitsubishi) 

Untuk tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT, pada bagian lingkar kemudi, tuas transmisi dan jok sudah dibalut kulit. Lebih keren nya lagi, pada tiga varian ini sudah dilengkapi fitur Electronic Parking Brake with Auto Hold, dimana fitur ini memudahkan pengemudi saat menarik rem parkir hanya dengan sentuhan jari.

Sementara itu, yang membedakan sistem audio Pajero Sport yaitu GLX (4x4) MT masih menggunakan wide 2DIN, sedangkan Exceed (4x2) MT dan Exceed (4x2) AT sudah dipasang layar sentuh berukuran 7 inch. 

Pajero Sport
Tampilan head unit Dakar Ultimate (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x4) AT sudah menerapkan layar sentuh 8 inch ditambah enam unit speakers.

Adapaun untuk tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT sudah menerapkan layar sentuh 8 inch ditambah enam unit speakers. Tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT juga sudah dilengkapi dengan kamera mundur. Adapun  untuk tipe Dakar Ultimate (4x4) AT lebih canggih karena dibenamkan Multi Around View Monitor yang mengaplikasikan empat kamera.

Mitsubishi Pajero Sport
Power Outlet AC220V/150 W ada di Mitsubishi Pajero Spot

Selain itu ada juga Power Outlet dengan tegangan besar 150 Watt/220 Volt. Dimana fitur ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan kebutuhan daya listrik besar tidak hanya ingin mengisi baterai smartphone. 

Untuk tipe Dakar  4x2 sudah dilengkapi layar monitor 9 inch di atap pada baris kedua, sedangkan tipe Dakar 4x4 sudah terpasang sunroof, sehingga memberikan kesan mewah, karena mampu memandang indahnya atap langit dari dalam mobil. 

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Mitsubishi Pajero Sport
Tampilan lingkar kemudi dan dashboard Mitsubishi Pajero Sport 4x4 AT. (Mitsubishi)

Menyoal fitur keamanan dan keselamatan, semua tipe Mitsubishi Pajero Sport sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD), ISOFIX Child Seat, serta immobilizer.

Semua model Pajero Sport sudah dilengkapi dengan airbag. Hanya saja jumlahnya berbeda, seperti tipe GLX (4x4) MT, Exceed (4x2) MT dan Exceed (4x2) AT hanya dua airbag. Sementara Mitsubishi tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT, sudah dilengkapi 7 airbags. 

Mitsubishi Pajero Sport
Tampilan belakang Mitsubishi Pajero Ultimate (4x4) AT. (Mitsubishi)

Mitsubishi tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT, juga lebih lengkap fitur standarnya, seperti adanya Brake Assist, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist (HSA), Trailer Stability Assist (TSA), dan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).

Tapi, yang lebih lengkap lagi adalah tipe Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT karena sudah dijejali fitur Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), hingga Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Mesin

Mitsubishi Pajero Sport
Pajero Sport tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT, sudah dijejali mesin 2.4 Liter 4N15 MIVEC Turbocharged, yang mampu menghasilkan daya 178 Tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500. 

Untuk mesin Pajero Sport tipe GLX (4x4) MT, Exceed (4x2) MT, Exceed (4x2) AT, masih menggunakan mesin 4D56 Common Rail Turbocharged, berkapasitas 2.5 L, yang menghasilkan tenaga pada 134 Tk pada 4.000 rpm dan torsi 324 Nm pada 2.000 rpm. Semua tenaga ini disalurkan ke penggerak roda dengan transmisi lima percepatan.

Sedangkan untuk Pajero Sport tipe Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT, sudah dijejali mesin 2.4 Liter 4N15 MIVEC Turbocharged, yang mampu menghasilkan daya 178 Tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500. Hasil tenaga yang dikeluarkan, didukung dengan 8 kecepatan.

Berikut beberapa perbedaan masing-masing tipe Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport
Tampilan kabin Mitsubishi Pajero Sport Facelift Dakar Ultimate 4x2. (Mitsubishi)

Mitsubishi Pajero Sport

GLX

Exceed

Dakar

Dakar Ultimate

(4x4) MT

(4 x2) MT

(4x2) AT

(4x2) AT

(4x2) AT

(4x4) AT

Mesin

Mesin

2.5 L 4D56 Commonrail Turbocharged

2.4 L 4N15 MIVEC Turbocharged

Kapasitas

2.477 cc

2.442

Tenaga (Tk/rpm)

134 / 4.000

178 / 3.500

Torsi (Nm/rpm)

324 / 2.000

430 / 2.500

Transmisi

5 kecepatan

8 kecepatan

Rem

Belakang

Drum

Ventilated (Drum In)

Ban

Lebar

265

Aspek Rasio

70

60

Diameter

16

18

Material Velg

Single tone alloy wheel

Two Tone Alloy Wheel

Eksterior

Lampu depan

Halogen

LED

DRL

Halogen

LED

Lampu kabut

Halogen

LED

Cornering Lamp

Tidak

LED

Pembersih lampu utama

Tidak

Ya

Interior

Lingkar kemudi

Standar

Kulit

Kulit plus hand free switch

Paddle Shift

Tidak

Ya

Speedometer

Semi-high Contras

High Contrast

Full LCD Contrast

Console

Standar

Mewah

Tuas transmisi

Standar

Dilapisi bahan kulit

Power Outlet 150 Watt

Tidak

Ya

Parking Brake

Mechanical

Mechanical-leather Wrapped

Electronic Parking Brake with Auto Hold

Audi Steering Wheel

Tidak

Ya

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Brake Assist

Tidak

Ya

Airbag

2

7

Active Stability & Traction Control

Tidak

Ya

Hill Star Assist (HSA)

Tidak

Ya

Hill Descent Control (HDC)

Tidak

Ya

Trailer Stability Assist

Tidak

Ya

Ultrasonic Misacceleration Mitigation System

Tidak

Ya

Forward Collision Mitigation System

Tidak

Ya

Blind Spot Warming

Tidak

Ya

Lane Change Assist

Tidak

Ya

Rear Cross Traffic Alert

Tidak

Ya

Rear View Camera

Tidak

Ya

Multi Around View Monitor

Keyless Operation System

Remote Entry System

Ya

Multimedia

Audi System

Wide 2DIN, AM/FM Radio, CD/MP3, Ipod/Iphone/Ipad, USB, 4 Speaker

7 Inch Touch Screen Display, AM/FM Radio, Bluetooth, USB Player, Smartphone Connectivity, 4 Speaker

8 inch Touch Screen Display, AM/FM Radio, Bluetooth, USB Player, Smartphone Connectivity, 6 Speaker

Daftar harga

Pajero Sport facelift
Pajero Sport facelift dakar 4x2 sudah dilengkapi OEM Accessories

Mitsubishi Pajero Sport

Harga

Exceed (4x2) MT

Rp 502.800.000

GLX (4x4) MT

Rp 567.800.000

Exceed (4x2) AT

Rp 517.800.000

Dakar (4x2) AT

Rp 575.700.000

Dakar Ultimate (4x2) AT

Rp 624.700.000

Dakar (4x4) AT

Rp 733.700.000

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga