Copied to clipboard!
Tips Klaim Asuransi

Proses klaim asuransi di Autocillin (Foto : Adira Insurance)



TIPS

Perhatikan Hal-Hal Ini Biar Klaim Asuransi Cepat Diproses

Author : Zainal Abidin

15 Oct 2020


Salah satu alasan orang tidak berminat untuk mengambil polis asuransi perlindungan kendaraan adalah ribetnya birokrasi untuk mengajukan klaim. Padahal jika semua dilakukan sesuai dengan aturan main tata cara klaim, mungkin tidak perlu ada pemikiran klaim asuransi ribet dan berbelit-belit. 

Saat ini perusahaan asuransi sudah semakin kompetitif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Artinya, jika ada satu saja pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan asuransi merek tertentu, bad experience ini kemungkinan besar bakalan viral di sosial media dan mengurangi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk perlindungan tersebut.

Rismauli Silaban, Chief Technical Officer PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) menjelaskan bahwa proses pengajuan klaim itu sebenarnya tidak sulit, bahkan sangat mudah bagi pelanggan Adira Insurance. 

Menurutnya di Adira Insurance, pelanggan bisa melakukan pengajuan klaim dari rumah. Cukup mengisi kelengkapan data di Autocillin Mobile Claim (AMC), upload foto-foto kerusakan mobil yang ingin diklaim, pilih tanggal dan jam kendaraan masuk bengkel, setelah itu Adira Insurance akan menghubungi pelanggan.

Beberapa hal lainnya juga perlu dipersiapkan agar klaim ini bisa diterima dengan baik oleh pihak asuransi dan prosesnya bisa berjalan dengan cepat.

Berikut tips dari Rismauli Silaban agar klaim asuransi mobil dapat diterima oleh pihak asuransi :

  • Hindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis, seperti telat lapor klaim dari batas waktu pelaporan, tidak punya surat izin mengemudi, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausula pengecualian dalam polis.
  • Melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian.
  • Kendaraan milik tertanggung tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum.
  • Jika mengalami kecelakaan, jangan lupa memberikan bukti dengan mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraan pasca kecelakaan dan memahami penyebab kecelakaan yang ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung.
  • Perhatikan terkait wilayah pertanggungan apakah sesuai dengan isi polis.
  • Jangan membuat kerusakan yang disengaja oleh tertanggung.
  • Pahami polis, baca dan pelajari dengan jelas polis-polis yang diberikan pihak asuransi, terutama klaim yang dijamin dalam polis atau termasuk dalam klausul pengecualian dalam polis.

“Adira Insurance selalu berkomitmen menjalankan kewajibannya agar seluruh fasilitas pengajuan klaim dapat tingkatkan lagi kualitasnya untuk memberikan memuaskan,” tambahnya. 

Autocillin memberikan perlindungan berupa jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas berbagai macam kerugian akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya yang dialami oleh pelanggan. 

Bahkan merek asuransi kendaraan ini juga menjamin ganti rugi atas tuntutan pihak ketiga serta jaminan terhadap kematian atau cedera badan yang mengakibatkan cacat tetap, biaya pengobatan terhadap pengemudi dan atau penumpang di dalam kendaraan yang dipertanggungkan apabila terjadi kecelakaan juga dapat dijamin.

Perlindungan tambahan lainnya berupa jaminan jika terjadi angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, huru hara, dan kerusuhan.

“Produk kami didukung pula dengan fitur-fitur pelayanan terbaik antara lain layanan towing car, emergency road assistance, ambulans, Autocillin Garage seluruh Indonesia, hingga fasilitas gratis biaya perpanjangan STNK. Di masa pandemi ini, kami ingin terus memberikan yang terbaik untuk pelanggan,” pungkasnya.