Copied to clipboard!
Gear Oil Ecstar

Proses pelumasan komponen gear di dalam mesin mobil (Foto : Shutterstock)



TIPS

Perpindahan Gigi Mobil Suzuki Lebih 'Smooth' Pakai Gear Oil Ecstar Terbaru

Author : Zainal Abidin

16 Nov 2020


Joan Mir bersama team Suzuki Ecstar sukses menyegel gelar juara dunia MotoGP 2020. Finish di posisi tujuh pada balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tomo, yang berlangsung hari Minggu (15/11/2020), 171 poin yang dikumpulkan rider Suzuki Ecstar ini sudah tidak mungkin terkejar oleh rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli dengan selisih 29 poin. Sementara musim balap tahun ini tinggal menyisakan satu seri lagi.

Gelar ini menjadi kado terindah pabrikan motor Suzuki yang tengah merayakan usia 100 tahun di dunia, dan yang ke-50 tahun di Indonesia.

Salah satu kunci kesuksesan Joan Mir menjadi juara dunia memang tidak bisa lepas dari performa motor Suzuki GSX RR 2020 yang digunakannya bersama Alex Rins. Dimana mesin tersebut mendapat support dari pelumas mesin berteknologi tinggi dari Ecstar.

Tentunya oli merupakan bagian yang sangat krusial bagi kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat. 

Ecstar sendiri sudah dikembangkan sejak tahun 1980 di Jepang. Visi dari merek pelumas ini yaitu menciptakan pelumas dengan performa terbaik di pasar domestik Jepang saat itu. Ecstar yang berarti bintang dianalogikan sebagai pelumas yang menuntun menuju performa menyenangkan (Ecstatic).

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) juga menjual rangkaian produk pelumas Ecstar dengan berbagai tipe untuk mobil Suzuki yang dirancang dengan kualitas tertinggi, bertaraf internasional, dan bersertifikasi SNI.

Salah satunya adalah Gear Oil yang pertama kali diluncurkan pada Februari lalu dengan tipe 75W-80 API GL-4. 

Yang terbaru, SIM juga sudah menambah rangkaian Gear Oil Ecstar untuk kebutuhan mesin mobil, yaitu Gear Oil 75W-90, API GL-4 dan Gear Oil 80W-90, API GL-5.

Gear Oil berfungsi untuk melumasi dan melindungi gear di dalam transmisi serta membuat perpindahan gigi lebih halus dan efisien. Kami menghadirkan dua produk terbaru Gear Oil Ecstar sebagai perluasan varian yang dapat digunakan sesuai kebutuhan mobil,” ujar Sparepart Dept. Head PT SIM, Christiana Yuwantie dalam keterangan tertulis Suzuki, Senin (16/11/2020). 

Oli ini diformulasikan dan dirancang secara khusus untuk melindungi dan memastikan mobil selalu memberikan “The Ultimate Performance”. 

Gear Oil Ecstar 75W-80 API GL-4 memiliki tingkat viskositas atau kekentalan yang lebih rendah serta digunakan untuk mesin yang membutuhkan pelumas dengan kemampuan menjangkau setiap celah komponen transmisi. 

Sementara varian terbaru, 75W-90 API GL-4 tingkat kekentalannya lebih tinggi dan cocok digunakan pada mobil bertransmisi manual yang memiliki durabilitas tinggi seperti Carry, Ertiga, dan SX-4 S-Cross.  

Varian baru lainnya, Gear Oil Ecstar 80W-90 API GL-5 juga memiliki fungsi yang sama, yaitu melumasi dan melindungi gear pada sistem transmisi mobil. Bedanya, untuk pelumas gear yang satu ini diperuntukkan bagi mobil dengan sistem penggerak roda belakang atau gardan (diferensial), seperti Carry dan Grand Vitara. 

“Kami mengembangkan Ecstar sebagai komitmen untuk memberikan kualitas produk dan layanan terbaik. Rangkaian gear oil baru ini memberikan lebih banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan mobil konsumen. Tentunya produk ini telah lulus uji dengan kualitas tertinggi bertaraf internasional sehingga dapat memberikan The Ultimate Performance,” tutup Christiana Yuwantie.