Copied to clipboard!
Tips Beli Mobil Baru dan Bekas

Rangkaian produk Nissan Intelligent Mobility (Foto : Nissan.co.id)



TIPS

Pertama Kali Beli Mobil? Perhatikan 6 Tips Jitu Ini!

Author : Zainal Abidin

20 Nov 2020


Semua tentu setuju, bahwa salah satu impian hidup di dunia adalah punya mobil sendiri, mau itu mobil baru ataupun mobil bekas, sama saja. Apalagi di tengah kondisi seperti sekarang, ancaman terpapar virus corona masih mengintai kita. Punya mobil bisa jadi salah satu solusi untuk bepergian dan melakukan aktivitas tanpa khawatir.

Selain bisa bepergian dengan mudah dan nyaman, mobil juga merupakan aset saat kita dalam kondisi terdesak dalam urusan ekonomi. 

Nah, untuk Anda yang baru pertama kali berencana membeli mobil, berikut adalah tips yang bisa dipakai agar tidak menyesal di kemudian hari karena salah membeli mobil. 

Pertimbangkan antara Keinginan vs Kebutuhan

Dalam mimpi mungkin saja mobil yang kita inginkan adalah jenis mobil sport dua pintu, tapi pada kenyataannya yang dibutuhkan adalah mobil yang kapasitas muatnya banyak. Harus bisa memisahkan antara keinginan dan juga kebutuhan. Tapi tidak perlu khawatir juga karena saat ini sudah banyak model mobil yang punya tampilan sporty, tapi sekaligus bisa muat banyak. Setidaknya dua hal di atas bisa memuaskan Anda.

Yang paling penting adalah menyesuaikan dengan budget. Jadi sebelum memutuskan mobil yang hendak dibeli, sebaiknya buatlah catatan terlebih dulu mengenai merek, tipe, jenis, mesin, ukuran, fitur, layanan purna jual, dan harga dari beberapa mobil yang jadi pertimbangan. 

Jangan lupa lengkapi catatan-catatan tersebut dengan visualisasi bentuk luar dan dalamnya, jadi Anda tidak akan salah pilih. 

Usia Kendaraan

Jika pada kenyataannya budget yang dimiliki hanya cukup untuk membeli mobil bekas, tidak perlu berkecil hati. Saat ini juga banyak sekali mobil bekas yang dijual dengan harga terjangkau tapi kondisinya sendiri hampir seperti baru. Yang penting jadikan usia mobil sebagai bahan pertimbangan. Karena semakin tua usia mobil maka semakin menurun pula performa dan kondisinya. #LakuinSekarang, cari mobil bekas berkualitas disini!

Dicoba Dulu Sebelum Ambil Keputusan

Pentingnya melakukan test drive sebelum memutuskan untuk membelinya adalah agar Anda mendapatkan pengalaman langsung mengendarai mobil incaran. Jangan sampai setelah membeli mobil baru Anda kendarai. 

Dengan test drive Anda bisa mendapat pertimbangan langsung, mobil cocok tidak dengan selera Anda, ukuran atau dimensinya cocok atau tidak, ground clearance-nya cukup tinggi untuk melewati medan-medan rusak atau tidak. Intinya, manfaatkan sebaik mungkin fasilitas test drive yang disediakan untuk memastikan semuanya sesuai. 

Beli dari Dealer Terpercaya

Kalau yang diincar adalah mobil keluaran terbaru, belilah dari dealer resmi. Kalau yang jadi pilihan adalah mobil bekas, pastikan showroom tempat Anda melakukan transaksi sangat terpercaya, untuk memastikan mobil yang dibeli dalam kualitas prima dengan harga  yang wajar. 

Cash atau Kredit? 

Tidak semua orang memiliki dana untuk membeli mobil secara tunai. Pertimbangkan jasa kredit mobil sebagai solusinya. Bila ingin cicilan bulanan lebih ringan, perbesar uang muka atau ambil tenor paling lama. Keuntungan dari membeli mobil secara kredit adalah asuransi mobil yang seringkali disertakan dalam pembelian.

Jangan Lupa Asuransikan

Bila mobil yang Anda beli tidak disertai asuransi kendaraan, langsung daftarkan asuransi. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama di perjalanan bahkan dalam kondisi parkir. Baca aturan asuransi secara hati-hati dan pahami kondisi seperti apakah yang akan diganti oleh asuransi.

Nah, selamat berburu mobil impian Anda. (Sumber : Nissan.co.id)