OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Pilihan Velg Baja atau Alloy? Ini  Kelebihan dan Kekurangannya



Pilihan Velg Baja atau Alloy? Ini  Kelebihan dan Kekurangannya

13 Jan 2021

Velg HSR Wheel. (HSR Wheel)

Velg sudah menjadi komponen penting pada sebuah kendaraan. Sebab, tanpa velg sebuah mobil atau motor tak akan bisa melaju. Sebaliknya, velg akan sangat berguna ketika sudah dibalut ban, sehingga meneruskan tenaga dari mesin ke bagian roda agar sebuah kendaraan dapat mudah melaju dengan mudah. 

Tidak hanya itu, velg juga memiliki perang penting karena harus kuat  beban kendaraan. Bicara soal velg, OLXer pasti sering mendengar istilah velg steel atau baja dan juga velg Alloy. Sejatinya, fungsi keduanya masih tetap sama. Hanya saja, ada beberapa hal yang membuat kedua jenis velg ini berbeda.

Nah, jika ingin mengganti velg baja atau alloy, ada baiknya ketahui perbedaan dan keunggulannya keduanya. Berikut ulasannya.

Velg Baja

Sesuai namanya, velg baja atau steel dibuat dari material baja sehingga memiliki bobot yang lebih berat daripada velg alloy. Kendati demikian velg baja jauh lebih kuat daripada alloy.

Bahkan, velg baja tidak mudah retak jika mengalami benturan atau kecelakaan. Velg baja juga harganya lebih terjangkau dan perawatannya akan lebih mudah.

Satu hal yang perlu diketahui, karena velg baja lebih berat, maka jika mengemudi di kondisi jalanan basah atau licin akan lebih berguna, lantaran memberikan tekanan gravitasi pada kendaraan.

Velg Alloy

Velg Alloy kerap ditawarkan pada mobil-mobil baru kelas menengah atas. Hal ini karena velg alloy memiliki desain dan bentuk palang yang dapat memberikan tampilan mobil jadi lebih sedap dipandang. Keberadaan velg alloy juga menjadi pilihan jitu bagi para modifikator.

Velg alloy sendiri biasanya terbuat dari kombinasi antara material magnesium, aluminium dan nikel. Dengan bahan ini velg alloy jauh lebih ringan daripada velg baja.

Karena velg alloy lebih ringan, maka hal ini akan berpengaruh terhadap akselerasi pada sebuah mobil jadi lebih cepat. Selain itu, velg alloy juga dipercaya lebih tepat untuk meredam panas yang dihasilkan ketika terjadi pengereman.

Toko Velg

OLXer yang ingin mengganti sebuah velg tidak ada salahnya bisa mencarinya di HSR Wheel. Sebab, di awal tahun 2021, HSR Wheel membuka toko baru hingga 14 toko sekaligus yang tersebar di berbagai kota-kota di Pulau Jawa.

Menurut Marketing Director HSR Wheel, Hendra Wijaya, seluruh toko resmi HSR Wheel sengaja dihadirkan untuk menjawab permintaan pasar yang cukup tinggi  tanpa harus terkendala oleh jarak.

“Tentunya dengan dibukanya 14 toko resmi ini dapat meningkatkan pelayanan HSR Wheel terhadap konsumen dalam berbagai hal, terutama dalam menanggapi permintaan konsumen terkait pelayanan yang belum tersedia di kota-kota tertentu,” ungkap Hendra.

Jkata Hendra, tokonya menjual berbagai velg, termasuk untuk mobil modifikasi. Dia juga menyatakan, seluruh toko resmi HSR Wheel sudah dilengkapi pelayanan Free maintenance, balancing, pengisian angin ban dengan Nitrogen dan tambal ban.

Selain itu, 14 toko baru HSR Wheel juga menjual berbagai produk lainnya seperti lowering kit, big  brake kit HSR dan hingga aksesoris mobil lain. Tidak hanya velg, HSR Wheel juga dilengkapi dengan brand-brand ban seperti Accelera, Forceum, Zeetex hingga Yokohama.

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga