Copied to clipboard!
Keunggulan Porsche Cayenne

Porsche Cayenne (Foto : Eurokars)



MOBIL BARU

Porsche Cayenne, SUV Mewah Impian Para Sultan

Author : Zainal Abidin

17 Nov 2020


Penggemar sports car tentunya sudah tidak asing lagi dengan Porsche, merek mobil sport asal Jerman dengan catatan sejarah sangat mengagumkan untuk diceritakan oleh semua orang di dunia.

Salah satu yang paling menarik dan paling banyak diimpikan para ‘sultan’ di antara berbagai model menarik Porsche lainnya adalah Cayenne, midsize luxury SUV yang diproduksi sejak tahun 2002. 

Porsche Cayenne boleh disebut sebagai model yang cukup istimewa bagi pabrikan Jerman tersebut. Pasalnya, ini adalah SUV pertama Porsche yang kembali menggunakan mesin V8 sejak 1995 saat produksi Porsche 928 dihentikan. 

Cayenne juga menjadi mobil varian offroad pertama Porsche sejak model traktor Super dan Junior dibuat sekitar tahun 1950-an. Dan Cayenne adalah model Porsche pertama dengan empat pintu. 

Jadi tak perlu heran ketika dunia menyebutnya sebagai model midsize luxury SUV paling menarik dengan pengembangan konsep yang cukup matang. Bahkan model ini menjadi backbone penjualan Porsche di seluruh dunia dengan penjualan mencapai hingga 770.000 unit. 

Alasan Mengapa Harus Punya Porsche Cayenne

Porsche Cayenne sekarang sudah hadir dalam generasi ketiga dengan berbagai peningkatan kinerja yang cukup signifikan. Bahkan midsize luxury SUV ini diklaim lebih identik dengan DNA Porsche sebagai sports car dibandingkan generasi sebelumnya. 

Konstruksi mobil lebih ringan dan lebih stabil, dengan sistem penggerak roda yang lebih kuat, dinamika berkendara luar biasa, serta sistem bantuan pengemudi yang sangat cerdas.

Konstruksi body-nya dibuat lebih ringan, hasil dari inovasi pencampuran bahan aluminium dan baja, sehingga Porsche mengklaim bobot Cayenne generasi ketiga kini lebih ringan 65 kg dibandingkan generasi sebelumnya.

Model Cayenne terbaru ini juga dikembangkan untuk keseimbangan yang lebih baik antara kedinamisan sebuah sports car berpadu kenyamanan touring car dengan kemampuan offroad yang luar biasa.

Pemilik New Cayenne bisa melahap jalur offroad secara lebih mudah dengan memilih antara lima mode penggerak dan sasis yang telah diprogram, tergantung kebutuhan medan yang dilalui.

Bahkan model ini menjadi kebanggaan dalam setiap perjalanan bersama keluarga, karena New Cayenne menawarkan ruang kabin cukup luas untuk mengakomodasi kenyamanan lima orang penumpang sekaligus. 

Untuk kebutuhan memuat barang dalam jumlah banyak pun bukan masalah, dengan konfigurasi bangku di baris kedua bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk meningkatkan volume kompartemen bagasi hingga 100 liter.

Berbekal mesin 3.000 cc V6 turbo, Porsche New Cayenne bisa menggelontorkan tenaga maksimal hingga 340 dk dengan torsi 450 Nm. Hasilnya, akselerasi dari posisi diam sampai kecepatan 100 km/jam bisa diraih dalam waktu 5,9 detik.

Sementara untuk varian Porsche New Cayenne S, meski kapasitas mesinnya sedikit lebih kecil, yaitu 2.900 cc V6, dengan teknologi twin-turbo, tenaga maksimalnya bisa mencapai 440 dk dengan torsi 550 Nm. Kemampuan akselerasi 0-100 km/jam bisa diraih dalam waktu 4,9 detik.

Alasan ini juga yang menjadikan Cayenne sebagai midsize luxury SUV paling sporty dibandingkan model luxury SUV merek lainnya. 

Semua komponen inti dari Cayenne merupakan pengembangan teknologi baru. Kekuatan mesin yang lebih bertenaga dan efisien disalurkan ke transmisi Tiptronic S delapan kecepatan baru, yang secara spontan bisa mengubah keinginan pengemudi menjadi akselerasi, traksi, dan kinerja terbaik di kelasnya.

Alasan lain mengapa Porsche Cayenne lebih baik dari model sports car lainnya adalah aplikasi fitur keamanan berkendara yang sudah begitu lengkap. 

Bahkan kini di Porsche Cayenne dibekali fitur Driving Assistance yang inovatif, dengan cruise control adaptif, fungsi stop-and-go, Lane Keeping Assist, Lane Change Assist dan Night Vision Assist, dimana seluruh fitur tersebut mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan untuk sang pemilik selama fitur-fitur ini ditambahkan sebagai opsi tambahan di Porsche Cayenne.

Porsche Advanced Cockpit mengintegrasikan elemen tampilan dan kontrol dalam satu desain yang megah. Pada bagian konsol tengah hadir Direct Touch Control dengan layar sebesar 12,3 inchi yang didalamnya hadir sistem Porsche Communication Management (PCM) sebagai media interface pengemudi untuk menjalankan semua fungsi kendaraan.

Mendapat Pengakuan Dunia Sebagai Midsize Luxury SUV Terbaik

Segala keunggulan yang ada di Porsche New Cayenne membawa model ini pada berbagai pengakuan internasional. 

Tahun ini saja (2020), Porsche Cayenne sudah berhasil meraih gelar mobil dengan Best Resale Value kategori Luxury Midsize SUV - 2 Row di ajang Kelley Blue Book. Sementara Good Housekeeping mengganjar Cayenne dengan gelar Best New Family Car kategori Midsize Luxury SUV. Tahun sebelumnya, Cayenne juga menjadi Car and Driver Editor’s Choice.

Berbagai penghargaan internasional yang diterima oleh Porsche Cayenne tentu menjadi jaminan mengapa mobil ini layak untuk dijadikan kendaraan kebanggaan para ‘sultan’ bersama keluarga tercinta. (ADV)