OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Posisi Duduk Nyaman Bikin Tidak Mudah Capek Saat Perjalanan Jauh



Posisi Duduk Nyaman Bikin Tidak Mudah Capek Saat Perjalanan Jauh

04 Oct 2021

Tips Tidak Mudah Lelah Saat Berkendara

Ilustrasi duduk di dalam mobil dengan posisi yang pas (Foto: Suzuki)

News.OLX.co.id - Menyetir mobil pada dasarnya adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Namun ada kalanya jika terlalu lama atau berkendara menempuh jarak jauh bisa mengakibatkan keletihan, hilang fokus dan ujung-ujungnya bisa celaka.=

Tentunya ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko ini. Bisa dengan berhenti untuk beristirahat, atau mengatur posisi duduk yang ergonomis.

Untuk menciptakan posisi duduk yang nyaman dan ergonomis, kalian harus memperhatikan tips berikut ini:

Posisi Duduk

Saat kalian masuk dan duduk di kursi kemudi, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya atur posisi kursi mobil. 

Posisi yang benar adalah badan harus tegak dan membentuk sudut 100 derajat. 

Atur posisi sandaran kursi agar berada pada posisi yang tepat namun tetap rileks, serta pastikan posisi tangan dan kaki tetap bebas bergerak ketika berkendara. 

Letakkan punggung menempel dengan sandaran jok atau backrest agar tidak mudah letih. 

Jangan lupa perhatikan jangkauan penglihatan mata ke area exterior mirror, interior mirror, maupun blind spot area. Pastikan semua terpantau jelas dengan posisi duduk yang sudah cukup nyaman. 

Posisi Kepala

Pastikan posisi headrest sesuai dengan tinggi kepala kalian. Pastikan juga posisi kepala tegak sejajar dengan bahu agar konsentrasi dan pandangan ke arah depan kendaraan tidak terganggu. 

Posisi headrest yang tepat bisa melindungi kepala dan leher bila terjadi benturan keras akibat kecelakaan.

Posisi Tangan

Posisi tangan harus bisa bebas bergerak dan rileks. Pada saat pegang kemudi posisikan ibu jari berada di luar genggaman 4 jari lainnya untuk terhindar dari cedera serius saat menggenggam lingkar kemudi secara penuh. 

Patokan yang benar adalah posisi tangan mengarah pukul 9 dan arah pukul 3. 

Selalu gunakan kedua tangan ketika memegang lingkar kemudi untuk menjaga refleks bermanuver dan juga demi keselamatan.

Posisi Kaki

Posisi kaki harus disesuaikan dengan kenyamanan pengendara, karena posisi kaki yang tepat akan mencegah nyeri lutut setelah berkendara jarak jauh. Usahakan agar tidak terlalu menekuk maupun terlalu lurus. 

Kondisikan tinggi rendahnya jok sesuai dengan postur tubuh, dan pinggul tidak boleh lebih rendah dari lutut karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki. 

Jika pada mobil kalian tidak punya fitur tersebut, tidak ada salahnya menggunakan bantal sebagai ganjalan. 

Untuk mobil transmisi manual, hindari kebiasaan kaki kiri menempel di pedal kopling apabila sedang tidak digunakan. Tujuannya agar fungsi kopling terus bekerja atau berfungsi lebih baik.

Lakukan Peregangan Otot

Berkendara dengan jarak jauh dan duduk terlalu lama harus diimbangi dengan peregangan otot. 

Hal ini dilakukan agar peredaran darah lancar dan pengendara tidak merasa kelelahan. 

Peregangan otot dapat dilakukan setiap 2-3 jam sekali ketika badan sudah terasa pegal atau kurang nyaman selama berkendara.

"Berkendara juga harus diimbangi dengan peregangan otot dan postur tubuh yang benar. Ini berlaku untuk perjalanan jauh maupun dekat," ujar Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga