Copied to clipboard!
Proton X70 2020

Proton X70 2020 (Foto: SoyaCincau)



MOBIL BARU

Proton X70 2020 Meluncur di Malaysia, Berlimpah Fitur dengan Teknologi Terkini

Author : Zainal Abidin

13 Feb 2020


Malaysia - Proton baru saja meluncurkan kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya, Proton X70 2020. Diproduksi di pabrik baru Proton Tanjung Malim, Malaysia, Proton X70 menghadirkan sejumlah fitur dan teknologi baru.

SUV pertama produksi Tanjung Malim ini menetapkan target yang sangat tinggi dalam urusan kualitas dibandingkan dengan model terdahulunya. 

“Proton X70 2020 adalah pencapaian yang signifikan bagi kami karena tidak hanya mewakili model pertama dari jalur baru, tetapi juga karena kami telah menyamai dan melampaui standar kualitas model yang kami buat 14 bulan lalu,” ujar perwakilan Proton, Dato' Seri Syed Faisal Albar, Rabu (12/2/2020) dalam siaran pers.

Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa pabrik Proton mampu membangun kendaraan dengan standar kualitas global.

Fitur dan Teknologi Baru Proton X70

Proton X70 hadir dengan berbagai pembaruan di berbagai sektor. Beberapa fitur baru hadir dan dirancang untuk semakin meningkatkan kenyamanan pelanggan serta teknologi baru yang menjadikannya kendaraan yang lebih kompeten. Termasuk peningkatan output torsi, efisiensi bahan bakar serta pengenalan gearbox baru.

Urusan tenaga dipercayakan pada mesin 1.8 liter Turbocharged, Gasoline Direct Injection (TGDI) yang sudah cukup dikenal. Mesin ini menghasilkan tenaga 184 PS di putaran 5.500 rpm dengan torsi maksimal 300Nm di 1.750 - 4.000 rpm. 

Teknologi paling penting yang diperkenalkan di Proton X70 adalah transmisi kopling ganda tujuh percepatan (7-DCT) pengganti transmisi otomatis enam percepatan. Ubahan ini menghasilkan rasio yang lebih tinggi, lebih irit bahan bakar hingga 13 persen, serta perpindahan gigi yang lebih halus. Kemampuan berlarinya dari 0-100 km per jam bisa tercapai dalam kurun waktu 9,5 detik.

Di bagian interior juga terjadi peningkatan dimana untuk varian Premium dan Premium X sekarang sudah dilengkapi ventilasi yang memungkinkan udara dingin bersirkulasi ke pengemudi dan penumpang kursi depan.

Untuk menjadikan Proton X70 jadi lebih praktis, kini sudah tersedia power tailgate di varian Eksekutif. Urusan buka pintu belakang lebih mudah hanya dengan mengandalkan sensor kaki. 

Semua varian Proton X70 2020 diaplikasikan dengan Integrated Cockpit Information System (GKUI) yang sudah ada pada model sebelumnya. Sementara headunit sebagai fitur entertainment menggunakan sistem layar sentuh berbasis Android berukuran 8 inch. Ini menawarkan streaming musik online, navigasi, dan prakiraan cuaca. Lewat aplikasi Proton Link memungkinkan pemilik Proton X70 tetap terhubung ke kendaraan mereka melalui perangkat mobile. 

Melirik fitur keselamatan dan keamanan, Proton kini telah melengkapi X70 terbaru dengan berbagai piranti keselamatan terupdate. Semua varian sudah dilengkapi dengan 6 SRS airbag, ISOFIX di kursi belakang, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Auto Brake Hold, Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Hill Hold Assist (HHA), Hill Descent Control (HDC) and Emergency Stop Signal (ESS).

Sementara untuk fitur safety aktif yang dihadirkan adalah Autonomous Emergency Braking (AEB), Forward Collision Warning (FCW), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Information System (BLIS), Door Opening Warning System (DOW) and Intelligent High Beam Control (IHBC). 

Seluruh paket keselamatan tersebut mengantarkan Proton X70 2020 meraih 5 Bintang uji tabrak dari ASEAN NCAP.

Belum ada konfirmasi lebih jauh apakah produk terbaru dari pabrikan otomotif Malaysia ini bakal masuk ke Indonesia. Namun bila melihat keseriusan Proton untuk menjadi produsen mobil besar di kawasan Asia, sangat terbuka kemungkinan Proton X70 bakal dijual disini. (Z)