Copied to clipboard!

Ilustrasi kabin mobil dibersihkan. (Bluebird)



TIPS

PSBB Diterapkan Lagi, Pengendara Mobil Wajib Lakukan Ini Jika Terpaksa Bepergian

Author : Herdi Muhardi

10 Sep 2020


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan kembali mulai menerapkan sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Senin 14 September 2020 dan kegiatan perkantoran ditiadakan sementara dan digantikan dengan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

"Dalam rapat gugus tugas tadi sore (9/9/2020) disimpulkan bahwa kita akan menarik rem darurat, yang itu artinya kita terpaksa kembali menerapkan PSBB seperti pada masa awal pandemi dulu, bukan lagi PSBB transisi, tapi kita harus melakukan PSBB sebagaimana masa awal dulu," ungkap Anies.

Di masa darurat kali ini, PSBB hanya akan membuka 11 bidang usaha esensial yang boleh tetap berjalan. Adapun seluruh usaha makanan hanya diperbolehkan pemesanan untuk dibawa pulang. 

Seperti dilansir dari situs corona.jakarta.go.id, jumlah kasus positif di Jakarta hingga 10 September 2020 di pagi hari mencapai 49.837 kasus. Sedangkan Total pasien yang meninggal gara-gara virus ini mencapai 1.347 pasien.

Meski tingkat kesembuhan di Jakarta secara total mencapai 74,7 persen atau 37.245 pasien, tetap saja hal ini masih cukup mengkhawatirkan.

Artinya, PSBB ini dilakukan guna mengurangi resiko penularan dan mengurangi jumlah orang yang terkena Covid-19. OLXer yang mau bepergian harus pikir-pikir lagi ya kecuali dalam keadaan terdesak. Meski menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, namun protokol kesehatan jangan sampai lupa yah. Sebab, mobil meskipun menggunakan mobil pribadi, ancaman terjangkit virus Covid-19 masih cukup tinggi. 

Adapun jika OLXer tetap harus melakukan bepergian dengan mobil, setidaknya lakukan beberapa tips pencegahan seperti berikut ini:

1. Bawa hand sanitizer di dalam mobil​

Berada di dalam kendaraan berarti OLXers susah untuk mencuci tangan. Inilah gunanya hand sanitizer kalian bawa. Gunakan sebelum dan sesudah OLXers berkendara. Kalau mau praktis, pilihlah yang ukuran kemasannya kecil dan mudah dibawa. 

2. Selalu gunakan masker 

Jangan lupa untuk menggunakan masker saat berkendara saat merasakan gejala-gejala seperti demam, pilek, dan batuk. Hal ini sangat dianjurkan mengingat kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang juga hanya berputar di dalam mobil.

3. Rutin menjaga kebersihan mobil

Saat ada kesempatan berada di rumah, pikirkan untuk mencuci mobil dan membersihkan interior. Gunakan produk khusus pembersih interior yang bisa OLXers temui di toko aksesoris mobil dan marketplace.

Lakukan secara rutin agar tidak ada kuman atau bakteri yang bersarang di kabin mobil. Apalagi jika memasuki musim hujan masih terus terjadi di beberapa wilayah termasuk Jakarta.

4. Semprot (fogging) anti bakteri​

Untuk lebih memastikan interior mobil bersih dan bebas dari virus, tidak ada salahnya kalian rajin menyemprotkan anti bakteri ke seluruh penjuru kabin. Sama dengan produk pembersih interior, produk anti bakteri juga banyak tersedia di pasaran. Lakukan setiap hari sebelum berkendara.

Cara lebih ekstrim bisa juga dilakukan, dengan melakukan fogging dengan kondisi AC menyala, agar sirkulasi di dalam kabin terjaga.

5. Lakukan pembatasan kapasitas penumpang

Untuk mengurangi resiko terpapar virus corona, sebaiknya ikut anjuran pemerintah dengan membatasi kapasitas hanya boleh maksimal 50 persen.

6. Sediakan pakaian ganti dan kantong

Bukan tak mungkin setelah sampai di tempat tujuan OLXer akan melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu bawalah pakaian ganti, serta pastikan pakaian yang sudah diganti disimpan terpisah di dalam kantong atau tas khusus.

7. Hindari sentuhan tangan

OLXer juga harus lebih menghindari sentuhan tangan jika di tempat umum. Untuk mengurangi resiko sebaiknya gunakan siku sebagai alat bantu.

8. Lekas kembali ke rumah

Jika dirasa cukup melakukan kegiatan, sebaiknya cepat pulang dan bersihkan diri mulai dari, jangan sentuh wajah Anda dan juga bersentuhan dengan anggota keluarga lainnya sesampainya di rumah. terlebih dahulu mencuci tangan, bahkan mandi. Untuk pakaian yang sudah digunakan langsung dicuci.

9. Tetap safety driving

Masa PSBB kembali diterapkan biasanya kondisi jalanan menjadi lebih lengang. Namun begitu OLXer harus tetap melakukan prinsip safety driving atau mengemudi aman dan tidak berlaku agresif yang dapat merugikan sesama pengguna jalan.

Gunakan juga sabuk pengaman karena wajib digunakan oleh pengendara pada dasarnya. wajib di Indonesia, penumpang di bangku tengah juga bisa mulai memakai sabuk pengaman sebagai tindakan preventif.