BERITA

Rahasia Dibalik Ramainya Daihatsu Sigra Jadi Taksi Online

17 Sep 2019

Daihatsu Sigra jadi salah satu mobil yang digarap PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek mobil Daihatsu untuk pasar Indonesia. Mobil yang satu ini juga punya kembaran yakni Toyota Calya.

Nah, bicara soal Daihatsu Sigra, ternyata mobil yang satu ini kini jadi tulang punggung PT ADM lho. Bahkan, wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) Daihatsu Sigra justru berkontribusi sebanyak 33.718 unit, sedangkan tahun lalu hanya mencapai 31.813 unit.

Usut punya usut, laris manisnya Daihatsu Sigra tak lepas dari maraknya taksi online. Ya, mereka yang terjun menjadi taksi online banyak yang memilih Daihatsu Sigra sebagai armadanya.

Bahkan Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, meski tak ada data pasti soal kepemilikan Daihatsu Sigra dijadikan taksi online, namun dia tak menepis mobil yang meluncur tiga tahun lalu itu banyak untuk tujuan tersebut. 

“Kemaren ada yang bilang Sigra ini banyak digunakan taksi online. Tapi kami tidak punya datanya apakah privat atau taksi online, karena waktu mereka beli tidak bilang taksi online,” ucap Hendrayadi saat ditemui di kawasan Tangerang, Banten, Senin (16/9/2019).

Namun begitu, Hendrayadi tak menampik, jika Daihatsu Sigra banyak dicari karena beberapa alasan, yaitu harga tergolong sangat terjangkau. Seperti diketahui Sigra dijual mulai dari Rp 114 juta sampai Rp 156,75 juta.

Selain itu, lanjut Hendrayadi, seperti selera masyarakat Indonesia, mobil dengan kapasitas tujuh penumpang. Jadi alasan Daihatsu Sigra banyak dilirik karena mampu menampung dengan kapasitas banyak. 

Sementara itu, dengan ubahan Daihatsu Sigra yang sudah dilakukan Senin (16/9/2019) kemarin, hal ini diharapkan dapat kembali meningkatkan penjualan mobil tersebut. 

Pasalnya, menurut EC Design Engineering Division PT ADM Soni Satriya pembaruan Daihatsu Sigra karena hasil riset kepada konsumen

“Yaitu styling refreshment, feature refreshment, dan service package," kata Soni.

Soni menyatakan, untuk styling refreshment, Daihatsu Sigra dibuat tampil berbeda baik di sektor eksterior maupun interior dengan tampilan lebih segar dan elegan. 

Sedangkan yang dimaksud feature refreshment, hal ini berkat penambahan sejumlah fitur, baik fitur hiburan hingga fitur keamanan. 

Sedangkan soal service package yaitu, hingga service berkala di angka 50.000 km, konsumen cukup membayar komponen, sedangkan jasa servis gratis. Sehingga, pada servis pertama (10.000 km) biayanya hanya Rp 335.600 untuk pergantian oli dan baterai elektrolit.

Sedangkan untuk service kedua atau 30.000 km, biaya yang dikeluarkan hanya  407.000 karena ada pergantian oli beserta filter dan pembersihan rem. 

Sedangkan ketika service ketiga atau periode 40.000 km sebesar Rp 683.000 karena ada biaya untuk komponen yang wajib diganti seperti minyak rem, filter kabin, oli mesin, saringan udara AC. Nah, tergolong murah ternyata ya!

Mau cari Daihatsu Sigra bekas, lihat di sini.(Her)