Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    BeritaRahasia Toyota Tetap Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia Selama Pandemi Covid-19

    Rahasia Toyota Tetap Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia Selama Pandemi Covid-19

    PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia berhasil membukukan wholesales (penjualan pabrik ke dealer) sebanyak 161.256 unit dan retail sales (dealer ke konsumen) 182.665 unit.

    Dengan angka tersebut, Toyota masih menjadi merek mobil terlaris di Indonesia meski di tengah menurunnya penjualan otomotif nasional karena pandemi Covid-19.

    Menurut President Director PT TAM Susumu Matsuda, situasi di tahun 2020 cukup menantang, dan hal tersebut tetap menjadi komitmen Toyota untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia.  Oleh karena itu, kata Matsuda, Toyota tidak hanya menghadirkan lineup kendaraan yang lengkap, tapi juga berbagai layanan.

    “Kami bersyukur upaya kami dalam mendukung mobilitas mendapat sambutan baik dari pelanggan dan masyarakat luas. Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Ke depan, kami akan terus berupaya untuk menciptakan mobility happiness for all,” ungkap Matsuda dalam keterangan tertulis, Rabu (20/1/2021).

    Berdasarkan data internal Toyota, sebelum pandemi mewabah di Indonesia, Toyota membukukan penjualan ritel 66.599 unit di kuartal pertama 2020. Sejalan dengan mulai mewabahnya pandemi, di kuartal kedua penjualan ritel Toyota mengalami penurunan cukup signifikan menjadi 26.366 unit, atau 60,4 persen lebih rendah dari angka di kuartal pertama.

    Di pertengahan tahun, Toyota menghadirkan beberapa produk baru dan sejumlah program inovatif yang menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan di tengah pandemi Covid-19 seperti Toyota Spektakuler dan Deal Cermat, termasuk juga yang berbasis digital seperti Toyota Chatbot, mToyota, Halo Beng, Toyota Virtual Expo, hingga KINTO yang memperkenalkan cara baru dalam bermobilitas. 

    Alhasil, pada kuartal ketiga Toyota mampu bangkit dengan membukukan penjualan ritel sebesar 35.111 unit, atau naik 33,2 persen dibandingkan kuartal kedua. Bahkan di kuartal keempat, penjualan ritel Toyota meningkat secara signifikan menjadi 54.589 unit, atau 55,5 persen lebih tinggi dari kuartal ketiga. 

    Usut punya usut, rahasia yang membuat Toyota tetap disukai selama pandemi Covid-19 di Indonesia tak lepas dari dukungan mobil-mobil di segmen MPV, mulai dari Calya, Avanza-Veloz, Kijang Innova, Voxy, Sienta dan juga Alphard serta Vellfire yang total penjualannya tembus 105.274 unit atau memberi kontribusi sebesar 57,6 persen.

    Adapun, di tengah penurunan di segmen Low MPV, Avanza-Veloz berhasil mendongkrak dengan membukukan 40.728 unit yang secara komposisi berkontribusi sebesar 38,7 persen di segmen MPV Toyota. Sementara Kijang Innova juga turut menopang segmen MPV Toyota dengan berkontribusi sebesar 28,5 persen atau 29.952 unit di sepanjang tahun 2020.

    Selain MPV, segmen SUV jadi primadona dengan penjualan 47.995 unit atau berkontribusi sebesar 26,8 persen dari total penjualan ritel Toyota. Toyota Rush yang berada di segmen Medium MPV menjadi kontributor terbesar di segmen SUV Toyota dengan mencatatkan angka penjualan ritel sebesar 34.528 unit atau 71,9 persen dari segmen SUV Toyota.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait