Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    BeritaSuzuki Resmi Umumkan Recall 21 Unit Jimny Transmisi Otomatis di Indonesia

    Suzuki Resmi Umumkan Recall 21 Unit Jimny Transmisi Otomatis di Indonesia

    News.OLX.co.id – Akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan secara resmi program recall atau kampanye perbaikan unit Suzuki Jimny terbaru yang sudah sampai ke tangan konsumen.

    Kampanye perbaikan ini menyusul adanya indikasi kesalahan saat perakitan oil seal unit Suzuki Jimny yang diproduksi pada rentang bulan Mei hingga Juni 2021.

    “Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, kami menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan. Untuk itu, kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen,” terang Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu lalu.

    Sedikitnya ada 21 unit Jimny bertransmisi otomatis (Automatic Transmission/AT) yang sudah ada di Indonesia yang harus mengikuti program kampanye perbaikan ini, karena dikhawatirkan masalah oli yang merembes bisa menyebabkan mobil tidak akan normal dan mungkin bisa mengancam keselamatan pemiliknya. 

    Selama proses pengecekan, teknisi Suzuki akan membongkar transmisi untuk memastikan apakah terdapat perubahan bentuk atau perembesan. 

    “Kalau ditemukan, akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set. Kalau tidak ada, teknisi kami hanya mengganti komponen washer set ketika dipasang kembali, karena komponen tersebut sifatnya non-reusable part,” lanjut Suzuki dalam keterangan tertulisnya.

    Selain masalah di Automatic Transmission, Suzuki Jimny juga disinyalir bermasalah pada bagian door harness yang melibatkan sebanyak 1.540 unit. 

    Terdiri dari 150 unit Jimny transmisi manual dan 1.390 sisanya bertansmisi otomatis. Seluruhnya diproduksi periode bulan Mei 2018 hingga Desember 2020.

    Dijelaskan Hariadi, tekanan dari tekukan saat buka atau tutup pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi menggangu fungsi beberap fitur, seperti power window dan central door lock. Agar kenyamanan dan keamanan konsumen tetap terjaga, maka perlu dilakukan service campaign.

    Dalam program Product Quality Update ini, Suzuki bakal langsung menghubungi semua pemilik Jimny baru di Indonesia yang terkena recall campaign maupun service campaign. 

    “Kami akan mengarahkan seluruh pemilik Jimny ke bengkel resmi untuk segera dilakukan pemeriksaan. Konsumen tidak perlu khawatir karena perbaikan ataupun penggantian part yang bermasalah semuanya gratis,” pungkasnya. 

    Dengan berjalannya program ini, menjadi bentuk nyata Suzuki untuk terus berupaya menjaga kualitas produk dan terus meningkatkan kepuasan serta kepercayaan konsumen.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait