Copied to clipboard!
New Renault Climber

New Renault Climber (Foto: Renault)



MOBIL BARU

Renault Kwid Climber, Urban SUV Harga Mepet LCGC

Author : Zainal Abidin

21 May 2020


Merek mobil asal Prancis, Renault kembali memperkenalkan model terbarunya di Indonesia. Melalui perpanjangan tangan Renault di Tanah Air, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), Renault merilis Climber. Compact SUV ini hadir lewat konferensi pers online yang berlangsung hari Rabu, 20 Mei 2020. 

“Renault Climber yang tersedia dalam transmisi manual dan otomatis sudah tersedia di seluruh showroom Renault di Indonesia,” sebut Davy J. Tuilan COO PT MRI.

Diterangkan Davy, Renault Climber hadir dengan berbagai pembaruan jika dibandingkan dengan model Climber yang muncul di tahun 2018 lalu.

“Saat ini ada perubahan minat konsumen di Indonesia yang sekarang lebih suka dengan kompartemen mesin tebal yang memberi kesan kokoh dan kuat. Kalau dulu kan lebih suka yang langsing,” jelas Davy. 

New Climber tampil semakin menggoda dengan kesan sangat sporty dengan aplikasi kosmetik baru di bagian eksterior. Day-time Running Light (DRL), gril, serta new front lips mengikuti tren masa kini. Sementara di bagian belakang juga sudah mengaplikasikan new LED rear light serta dilengkapi empat sensor parkir pada bumper belakang.

“Fitur ini sudah pasti akan sangat membantu pemilik Climber dalam melakukan parkir dengan posisi yang sangat presisi,” ujar Davy.

Keunggulan dari model terbaru Renault ini menurut Davy ada pada sektor ground clearance. New Renault Climber memiliki tinggi dari permukaan tanah sekitar 184 mm. Dan pada bagian atapnya sudah tersemat roof rail sebagai penanda jelas karakter mobil SUV yang siap diajak berpetualang.

Masuk pada sisi interior, aura sporty makin kental dengan hadirnya perpaduan warna gelap dan oranye terang di bagian jok depan dan belakang. Warna oranye juga diaplikasikan di beberapa bagian sisi eksterior. Warna tersebut menurut Davy sering digunakan pada kendaraan offroad. 

Satu lagi yang menjadi perbedaan Climber dengan mobil urban SUV merek lainnya adalah sistem transmisi yang tidak pakai tongkat transmisi untuk perpindahan gigi-nya, melainkan tombol yang tinggal diputar ke posisi N, D atau R. 

Renault menyebutnya dengan ‘Shifting with Attitude’. Jika di model sebelumnya tombol tersebut terletak di sekitaran dasbor mobil, di New Climber posisinya berpindah di kompartemen tengah, diantara dua bangku depan. 

Untuk bangku baris kedua sudah ada arm rest yang bisa menambah kenyamanan penumpang belakang dan mengurangi kelelahan saat menempuh perjalanan yang cukup jauh. 

Ditambah ruang kabin belakang yang lumayan lega, pemilik Climber bisa mengatur dengan mudah barang bawaan yang cukup banyak.

Keunggulan lainnya yang juga bisa jadi daya tarik konsumen adalah monitor layar sentuh berukuran 8 inch yang sudah fully connected entertainment. Sistem ini bisa disambungkan dengan smartphone berbasis android dan apple car play dengan sistem perintah suara. 

“Fitur ini memungkinkan pemilik New Renault Climber melakukan pengiriman pesan atau chatting via aplikasi Whatsapp hanya dengan suara,” sebut Davy menjelaskan keunggulan fitur New Climber.

Terakhir di bagian mesin, dijelaskan tidak ada perubahan berarti, masih menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc yang menghasilkan tenaga maksimum 68 PS di 5.500 rpm dan torsi maksimum 91 Nm pada 4.250 rpm. 

Punya dua pilihan transmisi, manual (Kwid) dan AM/T (Climber), konsumen bisa memilih diantara lima warna untuk varian M/T dan tiga warna untuk AM/T. 

Soal harganya juga boleh dibilang sangat ramah bagi kantong pembeli mobil pertama atau konsumen dengan penghasilan tidak terlalu besar. New Renault Kwid M/T dibandrol Rp 149,9 juta sementara Renault Climber AM/T ditawarkan seharga Rp 158,9 juta (OTR Jakarta). 

“Model ini kita posisikan sebagai urban SUV, kompetitor langsung adalah Suzuki Ignis. Tapi rata-rata harga untuk sebuah urban SUV kan Rp 175 juta ke atas, nah, kita dibawah itu. Dengan model terbaru ini, kita mau memberikan produk yang sangat baik, tapi dengan harga yang murah, mepet-mepet harga mobil LCGC,” pungkasnya.

Model terbaru dari Renault ini sudah bisa dipesan sekarang. Untuk Climber dengan warna-warna tertentu inden-nya antara satu sampai dua bulan. Sementara untuk Renault Kwid unitnya sudah ready dan bisa langsung dibawa pulang.