Copied to clipboard!
Mitsubishi Small but Beautiful

Rencana pengembangan teknologi mobil Mitsubishi Motors di masa mendatang (Foto : Carscoops)



BERITA

Rencana Mitsubishi Fokus ke Pasar ASEAN, Indonesia Siapkan Kehadiran Model Terbaru

Author : Zainal Abidin

30 Jul 2020


Awal minggu lalu, tepatnya Senin 27 Juli 2020, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan laporan keuangan kuartal pertama (tahun fiskal 2020) serta rencana bisnisnya untuk jangka menengah tiga tahun (fiskal 2020 hingga 2022). 

Mitsubishi sudah meluncurkan rencana bisnis baru bertajuk "Small but Beautiful” yang bertujuan untuk memotong biaya sambil meningkatkan profitabilitas untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dalam rencana terbaru ini, perusahaan akan fokus di kawasan ASEAN sebagai wilayah pasar paling kompetitif. Mitsubishi juga akan berkonsentrasi pada kendaraan hybrid, plug-in hybrid, dan kendaraan roda empat demi peningkatan pangsa pasar lebih dari 11 persen di kawasan ASEAN, termasuk Indonesia.

“Mitsubishi Motors melihat potensi pasar yang terdapat di wilayah ASEAN, termasuk di Indonesia. Ini menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang bagi MMKSI sebagai distributor di Indonesia untuk bertumbuh dan memperluas pasar dengan rencana pengembangan produk MMC,” ungkap Naoya Nakamura President Director PT MMKSI dalam keterangan tertulis, Rabu (29/7/2020).

Sejauh ini MMKSI sudah memperkenalkan produk-produk unggulan Mitsubishi Motors di Tanah Air dengan penerimaan pasar yang cukup baik. Diantaranya Small MPV Mitsubishi Xpander yang diperkenalkan 3 tahun lalu serta Medium SUV Pajero Sport, yang sudah menyapa konsumen Indonesia sejak tahun 2009 dengan pangsa pasar rata-rata lebih dari 40 persen. 

“Keduanya merupakan kebanggaan Indonesia, dibuat secara lokal untuk pasar domestik dan global di pabrik kami di Indonesia yang akan terus menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi untuk memenuhi permintaan terutama bagi pelanggan Indonesia. Kami harap kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia dapat selalu menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang berbagai petualangan dan perjalanan pelanggan setia kami, untuk saat ini dan dimasa yang akan datang,” lanjutnya.

Khusus di wilayah ASEAN, nantinya MMC akan semakin memperkuat jajaran model ramah lingkungan seperti PHEV dan EV, serta memperkenalkan model-model baru termasuk SUV, truk pick-up dan MPV dari tahun fiskal 2022 dan seterusnya.

Berbicara tentang model, Mitsubishi merencanakan serangkaian model mutakhir yang memanfaatkan teknologi dari aliansi Renault dan Nissan. 

Dilansir dari Carscoop (27/7/2020) beberapa model ini mencakup teknologi penggerak semi-otonom dan powertrain listrik. Bahkan ada rencana Mitsubishi mengembangkan model Kei-car varian elektrik bersama dengan Nissan. 

Secara khusus Mitsubishi juga mengkonfirmasi varian plug-in hybrid Eclipse Cross akan diperkenalkan pada tahun keuangan 2020. Sementara di tahun fiskal 2021 Mitsubishi bakal menghadirkan model EV terbaru untuk pasar Cina yang sedang dikembangkan bersama dengan GAC.

Dan selanjutnya pada 2022, Mitsubishi siap memperkenalkan PHEV Triton dan Outlander dengan powertrain yang semakin disempurnakan. 

Sebagai bagian dari rencana jangka panjang, MMC juga kemungkinan akan memperkenalkan Xpander Hybrid dan Pajero Sport yang didesain ulang. Termasuk memperkenalkan model crossover baru yang hadir dengan penawaran mesin diesel generasi berikutnya.