OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Resmi Akuisisi Cooper, Goodyear Jadi Perusahaan Ban Terbesar di Pasar Amerika



Resmi Akuisisi Cooper, Goodyear Jadi Perusahaan Ban Terbesar di Pasar Amerika

09 Jun 2021

Kolaborasi Goodyear dan Cooper

Goodyear resmi akuisisi merek ban Cooper (Foto: Google)

News.OLX.co.id - Goodyear Tire & Rubber Company mengumumkan rencana akuisisi Cooper Tire & Rubber Company pada Februari 2021 lalu, dan kini kedua pabrikan ban tersebut resmi merger menjadi satu kekuatan baru di industri ban kendaraan.

Berbasis di Amerika, perusahaan gabungan ini nantinya akan menawarkan lebih banyak pilihan di seluruh spektrum harga sehingga pelanggan dan konsumen semakin dimudahkan untuk memilih ban bermerek Goodyear dan Cooper.

“Kami sangat antusias untuk secara resmi menggabungkan Goodyear dan Cooper yang sekaligus akan menyatukan fokus kami kepada pelanggan, inovasi, serta produk dan solusi berkualitas tinggi. Kombinasi ini memperkuat kemampuan Goodyear untuk melayani lebih banyak konsumen secara global dan memberikan peningkatan skala investasi yang lebih besar mendukung solusi mobilitas dan armada baru,” ungkap Richard J. Kramer, Ketua, Chief Executive Officer dan Presiden Goodyear.

Tentunya penggabungan dua perusahaan ban raksasa ini bisa memberikan berbagai dampak positif di tengah industri ban secara global. 

Posisi Goodyear akan semakin kuat dan menjadi yang terdepan di Amerika Utara lainnya. Sementara di pasar Cina, kombinasi antara keduanya menggandakan kehadiran Goodyear serta meningkatkan hubungan dengan para produsen mobil lokal, sekaligus menciptakan distribusi yang lebih luas untuk ban pengganti Cooper melalui jaringan 2.500 toko ritel bermerek Goodyear.

Perusahaan gabungan ini juga nantinya memiliki kesempatan memanfaatkan kekuatan original equipment Goodyear dan pasar ban pengganti premium, bersama dengan kekuatan kelas menengah dari merek Cooper khusus di segmen truk ringan dan SUV.

Melalui kerjasama ini juga, Goodyear berharap mampu mencapai sekitar $ 165 juta dalam sinergi biaya run-rate untuk dua tahun kedepan. Akuisisi ini juga diharapkan mampu menambah laba per saham dalam satu tahun pertama serta meningkatkan posisi neraca Goodyear. 

Efek dari akuisisi ini, secara otomatis saham biasa Cooper akan berhenti diperdagangkan di Bursa Efek New York.

Sebagai pemimpin industri ban di Amerika, perusahaan gabungan ini akan menawarkan produk ban dan berbagai pilihan layanan melalui hubungan Goodyear dengan produsen mobil untuk original equipment tradisional dan yang sedang berkembang, pengembang sistem mengemudi otonom, operator armada baru dan mapan, serta platform mobilitas lainnya.

Dengan model bisnis, struktur organisasi, dan saluran distribusi yang saling melengkapi, Goodyear akan mengintegrasikan semua yang terbaik dari Goodyear dan Cooper untuk memberi manfaat bagi pemegang saham, pelanggan, konsumen, dan karyawannya.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga