MOTOR

Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasi Lengkap Yamaha NMax 2020

02 Dec 2019

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM mengumumkan kehadiran motor matik premium andalannya di Indonesia, Nmax 2020. Skutik gambot yang menguasai pasar matik premium empat tahun terakhir ini tampil berbeda dengan berbagai ubahan yang cukup signifikan.

Line up terbaru di keluarga MAXI Yamaha ini memang sudah sangat dinantikan oleh pecinta Nmax di Indonesia.  

All new Nmax kini menawarkan ragam fitur terbaik yang membawanya naik satu tingkat dari sekadar matik premium, menjadi matik mewah yang canggih serta kekinian. 

Konsepnya jauh lebih kekinian dengan pendekatan pada kaum millenial berkat kemampuannya terkoneksi dengan smartphone pemilik motor. 

Teknologi Comunication Control Unit, Fitur Pertama di Motor Buatan Indonesia

Memang bukan Yamaha namanya kalau tidak membuat sebuah terobosan yang selalu jadi trendsetter. Ini dibuktikan di Nmax terbaru yang sudah mengusung konsep “Connected”. Ini merupakan yang pertama untuk motor buatan Indonesia yang mengadopsi Teknologi Comunication Control Unit (CCU) terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth. 

Keunggulan utama dari teknologi CCU adalah menyimpan lokasi parkir motor saat motor unpair/disconnected dengan smartphone. Teknologi ini juga memberikan notifikasi di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan dan email yang masuk ke smartphone.

Keunggulan lain dari CCU juga membantu pemilik motor dalam mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai serta memberikan rekomendasi untuk maintenance. Lewat konektivitas ini juga kita bisa menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara. 

Dan yang terakhir adalah memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Fitur seperti ini belum ada di motor merek apapun yang diproduksi di Indonesia. Sehingga Yamaha sekali lagi membuktikan diri sebagai pabrikan roda dua yang selangkah lebih maju.

Mesin Irit dan Sasis Baru Menambah Kenyamanan

Dari sektor mesin, Yamaha All New Nmax 155 hadir dengan Total New Engine 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Ciri khas dari teknologi mesin Blue Core & VVA adalah menjaga efisiensi bahan bakar, tenaga serta torsi maksimum di setiap putaran mesin. 

Bahkan kompetitor Honda PCX ini juga sudah dilengkapi dengan Stop & Start System (SSS) yang berfungsi menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien pada saat motor sedang berhenti. Didukung juga dengan Smart Motor Generator yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Hal terbarukan lainnya dari mesin Nmax adalah desain pad air cleaner box yang besar, desain new cylinder head dengan katup intake yang besar, serta desain ruang bakar yang compact dan menggunakan piston YZF-R15. 

Sementara pada bagian rangkanya juga menggunakan desain baru yang berkontribusi meningkatkan kualitas dan kenyamanan berkendara. Langkah ini ikut mengoptimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. Sasis yang di desain rigid menghasilkan kenyamanan posisi berkendara serta manuver yang lebih baik.

Fitur-Fitur Premium Pertama di Kelasnya

Yamaha memang tidak pernah pelit dalam menghadirkan kenyamanan bagi setiap pemilik motor berlambang garputala ini. Fitur-fitur paling mutakhir bahkan diklaim sebagai yang pertama ada di All new Nmax 155.

Salah satunya adalah Traction Control System atau TCS yang menjadikan All new Nmax sebagai motor pertama di kelas matik 150cc - 155cc yang punya fitur ini. Fungsinya untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Selain itu, pengendara juga makin dimudahkan dengan adanya fitur Smart Key System alias keyless. Urusan gadget pengendara juga aman dari resiko habis baterai karena adanya fitur Electric Power Socket untuk melakukan pengecasan sambil berkendara. 

Yamaha All new Nmax 155 kini hadir dengan sistem pencahayaan lampu depan dan belakang berteknologi LED. Jika selama ini banyak pemilik Nmax lama melakukan modifikasi dengan menggunakan lampu LED aftermarket, di Nmax terbaru rasanya sudah tidak perlu lagi. 

Sementara buat pemilik Nmax yang doyan melakukan touring, kini juga sudah tersedia fitur lampu hazard untuk memberi tanda dalam situasi darurat. 

Untuk memilih tampilan informasi dan melakukan setting pada speedometer semakin mudah dengan hadirnya fitur Handlebar Switch Control. Lalu ada fitur Dual Channel ABS yang membuat motor semakin stabil saat pengereman.

Generasi terbaru Yamaha Nmax akan tersedia dalam berbagai pilihan warna premium, termasuk edisi MAXI Signature yang menonjolkan warna hitam matte beraksen emas. 

All New Nmax 155 Connected/ABS terdiri dari warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White. Sedangkan All New Nmax 155 Standard warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White, Matte Red. 

Untuk harganya sejauh ini belum diumumkan, namun pihak Yamaha Indonesia menyebut bakal berkisar di angka 30 juta rupiah.

Spesifikasi Lengkap All new Nmax 155

 

All New Nmax 155 Connected/ABS

All New Nmax 155 Standard

DIMENSI

 

 

P X L X T

1935mm X 740mm X 1160mm

1935mm X 740mm X 1160mm

JARAK SUMBU RODA

1340mm

1340mm

JARAK TERENDAH KE TANAH

124mm

124mm

TINGGI TEMPAT DUDUK

765mm

765mm

BERAT ISI

132kg

130kg

KAPASITAS TANGKI BENSIN

7.1L

7.1L

 

 

 

MESIN

 

 

TIPE MESIN

Liquid Cooled 4-stroke, SOHC,VVA

Liquid Cooled 4-stroke, SOHC,VVA

JUMLAH / POSISI SILINDER

Single cylinder

Single cylinder

DIAMETER X LANGKAH

58mm X 58.7mm

58mm X 58.7mm

VOLUME SILINDER

155 cc

155 cc

PERBANDINGAN KOMPRESI

11.6 : 1

11.6 : 1

DAYA MAKSIMUM

11.3kW / 8000rpm

11.3 kW / 8000 rpm

TORSI MAKSIMUM

13.9Nm / 6500rpm

13.9Nm / 6500rpm

SISTEM STARTER

Electric starter

Electric starter

SISTEM PELUMASAN

Wet Sump

Wet Sump

KAPASITAS OLI MESIN

0.9 L (periodical change)

0.9 L (periodical change)

SISTEM BAHAN BAKAR

Fuel Injection

Fuel Injection

TIPE KOPLING

Single dry clutch

Single dry clutch

TIPE TRANSMISI

Automatic

Automatic

 

 

 

RANGKA

 

 

TIPE RANGKA

Underbone

Underbone

SUSPENSI DEPAN

Telescopic

Telescopic

SUSPENSI BELAKANG

Unit Swing

Unit Swing

BAN DEPAN

110/70-13M/C 48P

110/70-13M/C 48P

BAN BELAKANG

130/70-13M/C 63P

130/70-13M/C 63P

TIPE BAN

Tubeless

Tubeless

REM DEPAN

Hydraulic Single Disc brake

Hydraulic Single Disc brake

REM BELAKANG

Hydraulic Single Disc brake

Hydraulic Single Disc brake

 

 

 

KELISTRIKAN

 

 

SISTEM PENGAPIAN

TCI

TCI

BATTERY

YTZ6V

YTZ6V

TIPE BUSI

NGK/CPR8EA-9

NGK/CPR8EA-9

(Z)