Copied to clipboard!
Mitsubishi Xpander AP4

Mitsubishi Xpander AP4 yang dikemudikan Rifat Sungkar saat uji perdana di Sirkuit Tembong Jaya (Foto : Instagram Rifat Sungkar)



BERITA

Rifat Sungkar Bikin Mitsubishi Xpander AP4 'Terbang' di Sirkuit Reli

Author : Zainal Abidin

13 Jul 2020


Mitsubishi Xpander memang dikenal orang sebagai sebuah mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan desain elegan serta futuristik. Mobil ini memang terlihat penuh pesona saat melaju di jalan perkotaan. Jadi tidak perlu heran kalau akhirnya Xpander jadi mobil pilihan para kaum urban di kota-kota besar seperti Jakarta.

Tapi apakah model paling laris dari Mitsubishi Motors ini habitatnya hanya di jalanan kota atau jalan aspal saja? 

Sepertinya agak sulit mengiyakan pendapat tersebut. Karena di sirkuit offroad atau lintasan tanah dan gravel pun, Mitsubishi Xpander ternyata mampu menunjukkan jati diri barunya, sebagai mobil keluarga yang tidak cuma keren di jalan kota, tapi juga tangguh melahap jalur ekstrim.

Ini dibuktikan langsung oleh Rifat Sungkar, pereli nasional yang punya segudang prestasi baik di dalam negeri maupun di mancanegara yang baru saja kelar melakukan tes perdana Xpander AP4 milik XRT (Xpander Rally Team). 

Uji coba perdana tersebut berlangsung di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten, pada hari Sabtu (11/07/2020) kemarin sebagai finalisasi setting dan handling mobil di lintasan tanah atau gravel.

Sirkuit Tembong Jaya memang sering dipakai sebagai lokasi kejuaraan Sprint Rally dan Speed Offroad. Belakangan sirkuit ini mengalami perubahan layout dengan penambahan beberapa tikungan baru di beberapa sektor. Karakter sirkuit yang tadinya fast track kini berubah menjadi medium track.

Perubahan karakter sirkuit Tembong Jaya membuat sesi uji coba Xpander AP4 menjadi lebih optimal dalam menggeber tenaga mesin di trek lurus maupun saat menguji keandalan suspensi ketika melahap tikungan maupun melewati gundukan.

"Alhamdulillah uji coba berjalan lancar dan sesuai target. Bahkan di beberapa sisi melebihi perkiraan," ucap Julian Johan selaku Team Manager XRT menceritakan hasil test Mitsubishi Xpander AP4 dalam sebuah keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).  

Bahkan Rifat Sungkar bersama M. Redwan sebagai navigatornya mengaku sangat nyaman dengan handling yang ada saat ini. 

“Sebetulnya saya sudah optimis dengan Xpander AP4 ini saat melakukan tes di Selandia Baru. Namun dalam uji coba hari ini, kami lebih yakin lagi dengan performanya, melebihi harapan kami sebelumnya,” ucap Rifat Sungkar.

Bahkan Rifat juga memposting salah satu foto uji coba yang menunjukkan Xpander AP4 sedang terbang di akun instagramnya dengan memberikan caption "The first 'Flying' family LMPV".  

Di uji coba perdana ini, Rifat bersama sang navigator membawa Xpander AP4 melahap 25 putaran dari pagi hingga menjelang sore, dimana para pembalap dari tim lainnya ikut menyaksikan bagaimana performa luar biasa dari Mitsubishi XPander AP4 yang sudah diubah sedemikian rupa agar memenuhi regulasi sebagai mobil rally

Mitsubishi Xpander AP4 sendiri memang menjadi mobil MPV pertama yang dipakai sebagai mobil rally.