OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Motor /  Royal Enfield Classic 350 Meluncur, Bisa Jadi Obat Kangen Pecinta Motor Klasik



Royal Enfield Classic 350 Meluncur, Bisa Jadi Obat Kangen Pecinta Motor Klasik

02 Sep 2021

Royal Enfield Classic 350

Merek motor asal Inggris, Royal Enfield yang tahun ini memasuki usianya ke 120 tahun membangkitkan kembali sepeda motor klasik dan legendarisnya, yaitu Royal Enfield Classic 350.

Ya, dengan mempertahankan kesan jadul pada bentuknya,  namun Royal Enfield Classic terbaru ini diklaim telah dirancang ulang untuk memenuhi aspirasi modern.

Menurut, Siddhartha Lal, Managing Director Eicher Motors Ltd, Royal Enfield Classic 350 terbaru memadukan desain klasik dan tak lekang oleh waktu dengan pengalaman berkendara yang benar-benar modern dan halus.

“Sepanjang sejarah Royal Enfield, kami selalu konsisten dalam upaya menghadirkan sepeda motor klasik yang elegan dan tak lekang oleh waktu, yang sangat menyenangkan untuk dikendarai, dan Classic 350 baru menawarkan semua pengalaman ini,” ungkap Siddharta dalam keterangan tertulis, Kamis (2/9/2021).

Royal Enfield Classic 350
Royal Enfield Classic 350

Siddharta menyatakan, Classic 350 memiliki filosofi desain yang sederhana dan elegan dengan detail gaya khas, dipadukan posisi berkendara yang nyaman, dan mesin UCE andal, sehingga menjadikan Royal Enfield Classic sepeda motor favorit di kalangan penikmat berkendara jarak jauh.

Tak hanya itu, Siddharta mengatakan, bahwa Royal Enfield Classic 350 telah mengusung mesin J-series modern Royal Enfield, serta ditambah sasis baru sehingga menawarkan pengalaman berkendara yang sangat halus dan sempurna yang hampir terasa seperti sensasi berkendara untuk pertama kalinya.

“Kami menaruh perhatian besar pada setiap aspek sepeda motor, mulai dari tampilannya yang memukau, hingga kesempurnaan pada setiap bagian dan titik sentuh, hingga performa berkendaranya yang sempurna. Mesin yang dikalibrasi dengan sangat baik sangat halus, responsif secara intuitif dan menarik, dan memiliki suara yang halus pada akselerasi,” jelasnya.

“Sasis yang serba baru memberikan kepercayaan diri yang luar biasa saat berkendara, serta memberikan keleluasaan untuk bermanuver dengan mudah di situasi lalu lintas yang padat dan di tikungan yang berkelok-kelok. Classic sejauh ini merupakan sepeda motor yang paling nyaman untuk dikendarai, dengan tempat duduk dan suspensi yang mewah, serta ergonomis yang luar biasa,” sambungnya.

Fitur Royal Enfield Classic 350

Royal Enfield Classic
Royal Enfield Classic 350

Sejatinya ubahan yang cukup terlihat pada Royal Enfield Classic 350 yaitu adanya penyegaran khususnya pada bagian lampu depan seperti model Meteor 350. Oia untuk pencahayaan motor ini masih menggunakan bohlam halogen,

Untuk cluster instrumennya dibuat semi digital ditambah layar panel LCD yang termasuk dapat menampilkan odometer dan konsumsi bahan bakar.

Tak lupa, karena motor ini kerap digunakan untuk perjalanan jarak jauh, maka fitur tambahan berupa Royal Enfield’s Tripper navigation system, dan juga port USB pada bagian bawa stang sehingga memudahkan pengendara mengisi daya telepon genggam.

Untuk kenyamanan sadel saat perjalanan yang lebih lama, Classic baru memiliki kursi baru yang lebih lebar dengan bantalan busa lembut. Dengan setang baru, posisi berkendara telah diubah agar lebih nyaman sambil mempertahankan ciri khas Classic yang populer.

Spesifikasi Royal Enfield Classic 350 

Royal Enfield Classic 350
Royal Enfield Classic 350

Untuk dapur pacu, Royal Enfield Classic 350 sudah mengusung mesin silinder tunggal berpendingin, 4 tak, berpendingin udara dengan kapasitas 349cc ditambah sistem injeksi untuk proses pembakaran.

Dengan mesin tersebut, daya yang dihasilkan Classic 350 mencapai 20,2 Tenaga kuda pada 61.500 rpm dan torsi 27Nm pada 4.000rpm. Semua tenaga pada motor ini disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan.

Disebutkan dengan mesin dan sasis baru, maka Royal Enfield Classic mampu memberikan kenyamanan dan kemampuan manuver yang superior, dan stabil saat dipacu dengan kecepatan tinggi.

Adapun kenyamanan saat berkendara juga ditunjang dengan penggunaan suspensi depan teleskopik dan belakang t twin-tube emulsion shocks, yang masin-masing telah dipasang velg (depan) berukuran 19 inci dibalut ban 100/90 plus cakram, serta velg (belakang) berukuran 18 inci dibalut ban 120/80 plus cakram.

Varian warna Royal Enfield Classic 350

Royal Enfield Classic 350
Royal Enfield Classic 350

Royal Enfield Classic 350 tersedia dalam lima varian baru yang memukau dengan 11 warna, antara lain:

●    Classic Chrome - Edisi premium yang spesial, seri Classic Chrome menghadirkan tampilan dan nuansa yang kaya dari sebuah sepeda motor Inggris dari tahun 1950-an. Tersedia dalam dua varian warna perpaduan - Chrome Red dan Chrome Bronze - seri Chrome memiliki lencana khusus dari masa lalunya dengan tangki mencolok dari oleh Royal Enfields tahun 1950-an.

●    Seri Classic Dark hadir dengan gaya yang lebih muda, urban, dan kustom dari Classic 350, hadir dalam warna Stealth Black dan Gunmetal Grey. Seri ini dilengkapi dengan velg alloy dan ban tubeless.

●    Seri Classic Signals, tersedia dengan warna Marsh Grey dan Desert Sand, melanjutkan keterkaitan Royal Enfield dengan angkatan bersenjata. Seri ini datang dengan lencana dan grafik, serta memiliki nomor unik yang akan dicap di tangki.

●    Seri Halcyon, seperti namanya, merupakan penanda warisan Classic dan mencerminkan tampilan klasik retro yang megah. Seri ini tersedia dalam warna Hijau, Abu-abu dan Hitam.

●    Classic 350 Redditch terinspirasi oleh klasik sejati di masa lalu dan memiliki warna tangki tunggal - Redditch Grey dan Redditch Sage Green - dengan komponen yang dihitamkan.

Semua varian Classic 350 yang baru dilengkapi dengan dual channel ABS dan dual disc brake, kecuali varian Redditch yang dilengkapi dengan single channel ABS dan disc brake di bagian depan.

Perlu dicatat, bahwa Royal Enfield Classic 350 teranyar ini baru diluncurkan di India. Namun tidak menutup kemungkinan, jika permintaan di Indonesia cukup tinggi makan motor ini akan hadir juga di Tanah Air.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga