Selasa, April 23, 2024
Lainnya
    MotorTandai Usia 120 Tahun, Royal Enfield Hadirkan All New Easy Cruiser Meteor...

    Tandai Usia 120 Tahun, Royal Enfield Hadirkan All New Easy Cruiser Meteor 350

    News.OLX.co.id – Royal Enfield merayakan 120 tahun kehadirannya di dunia menawarkan model sepeda motor ukuran menengah, rentang mesin berkapasitas 250-750 cc yang merupakan spesialisasi merek motor berbasis negara India ini.

    Sebagai penanda momen spesial tersebut, Roya Enfield di Indonesia menghadirkan model barunya, all-new easy cruiser Royal Enfield Meteor 350. 

    Meteor 350 terbaru ini menambah jajaran warisan Royal Enfield dalam memproduksi sepeda motor cruiser yang digemari oleh banyak pengendara. Dimulai dengan Citybike tahun 1990-an, disusul Lightning, sebagai cruiser jalan raya pertama di India, lalu pada tahun 2002, Royal Enfield juga membawa generasi pertama Thunderbird yang mampu menaklukkan segala medan. 

    Terus berevolusi, model cruiser Royal Enfield hadir dengan UCE twin-spark Thunderbird 2008 dan Thunderbird X. Dan sekarang hadir Meteor 350 yang siap diajak mengarungi perjalanan lebih hebat lagi.

    Meteor 350 diperkenalkan dalam tiga tipe berbeda, Fireball sebagai varian paling bawah, disusul Stellar sebagai varian tengah dan yang paling tinggi adalah Supernova.

    Hadirnya model terbaru Royal Enfield Meteor 350 di Indonesia juga sangat spesial mengingat pasar Tanah Air punya potensi besar bagi perkembangan merek motor ini. Apalagi Meteor 3550 memang sudah ditunggu-tunggu oleh pecinta motor Royal Enfield sejak tahun lalu. 

    “Sejak awal, sepeda motor Royal Enfield menerima respon yang sangat baik di Indonesia, dan sekarang Indonesia telah menjadi salah satu pasar terpenting di Asia Pasifik. Meteor 350 adalah seri terbaru dari serangkaian model yang sedang kami rencanakan, yang dibangun di atas kesuksesan besar model Twin 650 yang kami luncurkan dua tahun lalu,” ujar Vimal Sumbly, Head Business APAC of Royal Enfield saat peeluncuran Meteor 350 di Indonesia hari ini, Rabu (31/3/2021).

    Vimal juga mengakui bahwa Meteor 350 menjadi bagian dari strategi Royal Enfield untuk memenuhi permintaan berkendara santai dan terjangkau di segmen kelas menengah yang semakin meningkat. 

    “Kami melihat potensi besar untuk unit motor-motor kami yang evokatif, mudah dan menyenangkan untuk dikendarai, dan kami sangat senang bisa melanjutkan kesuksesan itu dengan Meteor 350 yang baru,” tambahnya.

    Keunggulan dan Spesifikasi Royal Enfield Meteor 350

    Royal Enfield Meteor 350
    Royal Enfield Meteor 350 (Foto : Royal Enfield)

    Secara keseluruhan Meteor 350 merupakan motor cruiser yang unggul, mudah digunakan serta menawarkan kombinasi menawan dari gaya klasik cruiser dengan berbagai fitur modern. 

    Selain mudah dan menyenangkan untuk dikendalikan, motor ini menawarkan keseimbangan, kelincahan dalam penanganan, dan fungsi pengereman yang ditingkatkan kapabilitasnya. 

    Apalagi Meteor 350 sudah dilengkapi dengan Royal Enfield Tripper, perangkat navigasi turn-by-turn untuk petunjuk arah. Dimana perusahaan yang lahir pada tahun 1901 ini sudah menginvestasikan banyak waktu dan upaya membuat navigasi menjadi mudah dan sangat intuitif dengan integrasi Google Maps. 

    Tripper menunjukkan arah secara real time serta dirancang dengan Google Maps Platform. Dipasangkan melalui Royal Enfield App ke smartphone pengendara, pengoperasian Tripper sangat mudah dan efisien, sehingga memberikan tingkat informasi yang diperlukan pengendara, namun tetap aman dan tidak mengganggu fokus.

    Royal Enfield sendiri mengklaim fitur ini sebagai fitur navigasi roda dua terbaik. 

    Di sektor performa mesin, Meteor 350 sudah dibekali mesin silinder tunggal 349 cc dan berpendingin udara yang menghasilkan tenaga maksimum 20,2 bhp dan torsi 27 Nm pada kecepatan 4000 rpm, dengan suara geraman mesin low-down  sebagai ciri khas sebuah cruiser. 

    Untuk merespon berbagai kebutuhan, sepeda motor baru ini memiliki gearbox 5 kecepatan dengan gigi kelima menjadi perjalanan berkendara yang bebas stres serta irit, dan kopling 7 pelat untuk memudahkan penggantian gigi dalam lalu lintas yang padat. 

    Sementara rangka ganda spline downtube dirancang untuk menginspirasi kepercayaan diri pada belokan, kokoh di jalan raya, dan mudah bermanuver di jalan kota yang sibuk. 

    Posisi jok yang rendah dan pusat gravitasi yang dikombinasi dengan kekuatannya menghasilkan sepeda motor yang optimal untuk berkendara di perkotaan sekaligus bagi yang hobi berpetualang turing jarak jauh. 

    Penempatan kaki yang kokoh dan kenyamanan mewah dibantu oleh forks 41mm dengan travel 130mm dan peredam kejut emulsi tabung ganda yang dilengkapi dengan preload 6 langkah yang dapat disesuaikan di bagian belakang. Untuk pengalaman penjelajahan bonafide, footpegs dipasang di depan dengan perpindahan gigi menggunakan tumit dan ujung kaki.

    Ketiga varian Meteor 350 dilengkapi dengan velg alloy dan ban tubeless sebagai standar, memberikan kenyamanan dan rasa ketenangan bagi pengendara terutama dalam perjalanan jauh. Ban depan menggunakan ukuran 100/90 – 19 dan belakang 140/70 -17. Sistem pengereman menggunakan dual channel ABS dengan ukuran cakram depan 300 mm dan 270 mm di belakang. 

    Lampu depan dan belakang motor menggunakan LED yang bersih dan kontemporer dengan efisiensi dan daya tarik dari lampu depan Halogen yang dipasang dengan baik. Kontrol stand dan switchgear berkualitas premium dengan daya putar dan saklar lampu yang memberikan tampilan kilas balik klasik ke masa lalu.

    Ketiganya juga hadir dengan kluster instrumen baru yang menggabungkan keanggunan abadi dari speedometer analogdancing needle’ dengan fungsionalitas layar LCD untuk hal-hal penting seperti indikator gigi, pengukur bahan bakar, jam, dan tripmeter. Terakhir, port USB dipasang di bawah stang untuk mengaktifkan pengisian daya saat dalam perjalanan.

    Harga dan Warna Royal Enfield Meteor 350

    Royal Enfield Meteor 350
    Royal Enfield Meteor 350 Supernova (Foto : Royal Enfield)

    Royal Enfield Meteor 350 tersedia dalam 7 warna dengan 3 edisi berbeda, Fireball, Stellar dan Supernova. 

    Meteor 350 Fireball tersedia dengan tangki bahan bakar berwarna merah tunggal atau kuning cerah dengan lapisan pelek roda yang serasi, memiliki fitur blacked-out cycle parts dan mesin, yang dilengkapi dengan machined fins

    Sementara Stellar dilengkapi dengan tangki kontemporer berwarna merah, biru, atau hitam matt dan komponen bodi yang serasi, hadir dengan setang dan knalpot krom ditambah sandaran punggung yang nyaman untuk pembonceng. 

    Terakhir Supernova yang merupakan pilihan kelas atas, dengan hasil akhir dual-tone biru atau coklat dengan bagian bodi yang serasi, serta dilengkapi dengan roda mesin, pilihan jok premium, dan kaca depan. 

    Harga Meteor 350 

    Varian Royal Enfield Meteor 350

    Harga (Off the Road Jakarta)

    Meteor 350 Fireball

    Rp 85.100.000

    Meteor 350 Stellar

    Rp 86.500.000

    Meteor 350 Supernova

    Rp 87.900.000

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait