Copied to clipboard!
Rumah Sakit Pertamina

Kegiatan drive thru swab test di Rumah Sakit Pertamina Jakarta (Foto: Pertamina)



BERITA

Rumah Sakit Pertamina Sediakan Fasilitas Drive Thru Swab Test

Author : Zainal Abidin

06 May 2020


Harapan akan berlalunya pandemi COVID-19 di Indonesia kini kian terang. Sebaran virus di Jakarta kini sudah mengalami pelambatan yang cukup pesat. 

Pertengahan bulan April lalu, tepatnya di tanggal 15 April 2020 tercatat jumlah warga Jakarta yang positif COVID-19 mencapai 223 kasus. Angka ini berangsur turun di minggu berikutnya. 26 April 2020 menjadi 65 kasus dan di tanggal 27 April 2020 sekitar 70 kasus.

Penurunan ini bisa dicapai berkat keberhasilan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mampu membatasi pergerakan warga yang berpotensi menularkan virus.  

Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya fasilitas test COVID-19 yang bisa diakses oleh masyarakat di Jakarta untuk mendeteksi diri apakah terpapar virus atau tidak.

Yang terbaru, rumah sakit rujukan COVID-19, Rumah Sakit Pertamina Jaya sudah didukung laboratorium canggih dengan alat tes PCR (Polymerase Chain Reaction) yang  bisa melakukan tes hingga 1.400 sampel setiap harinya. 

“Dukungan peralatan yang memadai di RS Pertamina Jaya diharapkan bisa mendukung upaya Pemerintah melakukan rapid test secara cepat dan akurat sehingga bisa memetakan dan mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, Rabu (6/5/2020) dalam keterangan tertulis.

Dijelaskan olehnya, berbagai peralatan tes PCR yang tersedia di laboratorium RS Pertamina Jaya antara lain Verecrop dan LightCycler 480 serta alat ekstraksi Magna Pure 98 dan Cobas 6800 yang bekerja secara semi otomatis. 

Alat ini mampu mendeteksi sampel secara cepat dan akurat dengan kapasitas per harinya bisa mencapai 1.400 sampel. 

Bahkan RS Pertamina Jaya juga menyediakan fasilitas drive thru swab test untuk masyarakat umum di halaman parkir rumah sakit. 

Kegiatan drive thru swab test ini berlangsung dari hari Senin sampai Jumat pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Masyarakat yang memanfaatkan layanan ini tidak perlu turun dari mobil karena petugas kesehatan akan menghampiri dan melakukan pengecekan dari luar kendaraan. 

Untuk mendaftar swab test bisa dilakukan via online dengan menghubungi nomor whatsapp 082111365121 dan biaya yang ditetapkan untuk tes mandiri tersebut cukup kompetitif dengan rumah sakit lainnya.

Hasilnya test nanti bisa diketahui pada H+1 yang disampaikan melalui WA atau email.

Kondisi ini tentu cukup menggembirakan dan jika berjalan dengan semestinya, didukung dengan kedisiplinan masyarakat mematuhi PSBB, diperkirakan pada Juli 2020 Jakarta sudah terbebas COVID-19 dan aktivitas akan berangsur normal. (Z)