Copied to clipboard!

Ilustrasi transmisi matik (carnavati)



TIPS

Saat Lampu Merah, Tuas Mobil Transmisi Otomatis Harus di Posisi D, N atau P?

Author : Herdi Muhardi

18 Sep 2020


Mobil dengan transmisi otomatis kini semakin jamak dipilih, khususnya mereka yang menetap di kota besar. Tentu saja alasanya lebih simple dan praktis.

Namun pemilik mobil dengan transmisi otomatis sering kali dilema apalagi ketika lampu merah, apakah ketika berhenti sesaat tuas perseneling harus dipindahkan posisi apa? Ttetap di D (Driver), N (Netral) atau P (Parking)?

Menanggapi hal tersebut Training Development, Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Aji Prima Barus Nurcahya, menyarankan jika saat di lampu merah atau berhenti sesaat posisikan tuas transmisi di N.

“Saat posisi stop harus di N ini difungsikan untuk safety supaya tidak terjadi insiden ketika mengontrol pedal,” ungkap Aji saat Virtual Journalist Workshop 2020 yang diadakan Daihatsu beberapa waktu lalu.

Ya, tak jarang ada kasus mobil nyeruduk kendaraan yang ada di depan lantaran hilang kontrol setelah berhenti. Biasanya pengemudi memposisikan tuas transmisi di D, dan menginjak pedal gas secara penuh.

Sebaliknya, jika tuas transmisi di posisi P, maka ada potensi yang terjadi ketika mobil hendak bergerak, maka saat melakukan perpindahan gigi tuas transmisi masih tersangkut di posisi R, lalu mobil justru akan mundur.

Selain itu, bisa juga ketika mobil hendak bergerak tuas transmisi terangkut di posisi N. Akan lebih berbahaya lagi ketika jalanan menanjak atau menurun, mobil akan menggelinding sendirinya.

Lantas bagaimana jika tuas transmisi tetap berada di posisi D, apakah hal tersebut akan merusak sistem transmisi?

Sejatinya, jika saat di lampu merah tuas transmisi ada di posisi D, maka tidak serta merta akan terjadi kerusakkan pada sistem transmisi otomatis. 

“Karena sistem transmisi otomatis sudah dibuat sedemikian rupa. Ketika kita (mobil) berhenti, maka putaran mesin berkurang, karena turbin runner tidak akan berputar kencang, namun sistem si transmisi tetap aman terlumasi (oli transmisi),” ucapnya.

Aji juga mengatakan tak perlu khawatir jika ketika berhenti sementara dengan tuas transmisi masih di posisi D. Walaupun tetap harus berhati-hati saat menginjak pedal. Sebab saat ini sistem transmisi memiliki cooler yang dapat mengontrol suhu minyak transmisi meski kondisinya panas.