OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Sandiaga Uno Beli Mobil Hybrid di IIMS 2021, Apa Istimewanya Mobil Tersebut?



Sandiaga Uno Beli Mobil Hybrid di IIMS 2021, Apa Istimewanya Mobil Tersebut?

19 Apr 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi booth Toyota di IIMS Hybrid 2021 dan membeli satu uni Toyota Corolla Cross hybrid. (@sandiuno)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi event Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 dengan tajuk Bangkitkan Pariwisata Indonesia Melalui Wisata Berkendara yang Aman, Tertib, Sehat dan Menyenangkan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Tak hanya menjadi pembicara di salah satu booth di IIMS Hybrid 2021, Sandiaga ternyata kepincut dan langsung membeli mobil baru berupa Toyota Corolla Cross Hybrid.

“Nissan Livina (milik Sandi) kelihatannya sudah cukup tua dan renta. Kelihatannya ini (Corolla Cross Hybrid) untuk gantiin kendaraan sehari-hari yang dipakai kita untuk operasional, kita tunggu yang hybrid,” ucap Sandi saat ditanya alasan membeli Corolla Cross Hybrid.

Sandi sendiri memang tak menampik, jika ada mobil full listrik dirinya ingin memilikinya. Hanya saja, kata ia mobil hybrid bisa menjadi transisi menuju mobil listrik.

“Begitu nanti banyak charging station, kita develop lebih siap mungkin nggak lama 1-2 tahun ke depan,” ujar Sandi.

Menurut Sandy, alasan lain dirinya tertarik membeli Toyota Corolla Cross tak lain untuk memberikan karena ingin memberi contoh agar semakin banyak masyarakat yang beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Nah OLXer sendiri mau tau sebenarnya apa yang menarik dari Toyota Corolla Cross Hybrid? Berikut ulasannya:

Toyota Corolla Cross hybrid ini, merupakan mobil yang masuk ke dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV) High Compact yang saat ini menjadi tren di Indonesia maupun global.

Eksterior Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid
Toyota Corolla Cross Hybrid

Secara desain Toyota Corolla Cross hybrid ini berbeda dengan versi sedan. Hal ini bisa dilihat dari dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm, wheelbase mencapai 2.640 mm dan ground clearance setinggi 165 mm.

Hal ini pula membuat Corolla Cross hybrid ini kabin lebih lega. Belum lagi mobil ini sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) yang diklaim body rigidity, sistem suspensi lebih nyaman karena adanya redaman yang empuk dan terasa pas untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan.

Memiliki radius putar mencapai 5,2 meter, Corolla Cross Hybrid dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan.

Pada bagian pintu belakang juga dibuat lebih lebar, agar memudahkan akses keluar dan masuk penumpang. Demikian juga pada bagian jendela lebar yang memberikan keleluasaan untuk melihat pemandangan.

Interior Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid
Tampilan Toyota Corolla Cross Hybrid. (Toyota)

Masuk ke dalam kabin, Toyota Corolla Cross ini memiliki head clearance 105 mm di depan dan 87 mm di belakang dipercaya agar memberikan rasa nyaman bagi penumpang di area depan dan belakang.

Tampilan elegan terasa pada bagian interior, seperti penggunaan nuansa hitam, serta terlihat keren dengan adanya steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inch, head unit 9 inch IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, Near Field Communication (NFC), Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

Untuk fitur NFC sendiri bisa menjadi fitur tambahan yang dapat digunakan untuk membaca uang elektronik. Akan tetapi fitur NFC hanya dapat digunakan untuk membaca sisa saldo dan tidak bisa melakukan transaksi, seperti top up/tambah saldo maupun proses pembayaran.

Pada baris kedua terdapat kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Pengemudi Corolla Cross hybrid juga memiliki fitur kenyamanan dengan adanya pengaturan posisi duduk enam arah secara elektrik dan power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi.

Selain itu, Toyota Corolla Cross juga dilengkapi fitur keamanan pasif dan aktif terbaru mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seat belt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Sedangkan fitur keselamatan tambahan pada mobil ini juga didukung adanya Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist.

Mesin Toyota Corolla Cross Hybrid

Untuk jantung pacu, Toyota Corolla Cross hybrid sudah menggunakan mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 96 Tk dan torsi 14,5 Kgm. Sementara ketika menggunakan motor listrik, tenaga bertambah sebesar 71 Tk  dan torsi sebesar 16,6 Kgm.

Power unit ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasoline. Benefit yang dihadirkan oleh varian hybrid ini salah satunya penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien, dan tetap menghadirkan performa serta kesenangan berkendara bagi penggunanya.

Harga Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid

Menyoal harga Corolla Cross 1.8 Hybrid Rp 463,51 juta dengan status on the Road Jakarta.

Untuk pilihan warna, Toyota Corolla Cross ini hadir dalam tujuh pilihan warna yang terdiri dari Attitude Black Metallic, Platinum White Pearl, Metal Stream Metallic, Red Mica Metallic, Graphite Metallic, Celestite Gray Metallic, Nebula Blue Metallic.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga