BERITA

Saran Daihatsu Untuk Pemain Otomotif Baru di Indonesia

17 Sep 2019

Pasar otomotif nasional kembali dihadirkan pemain baru, yaitu merek Esemka yang merupakan milik PT Solo Manufaktur Kreasi dengan basis produksi di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah.

Kehadiran Esemka memang menuai polemik. Hal ini dikarenakan perusahaan yang diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu tersebut nyatanya hanya sebuah perusahaan otomotif swasta, bukan merek mobil nasional yang selama ini dianggap oleh sebagian orang.

Bahkan di media sosial banyak yang menganggap, Esemka hanya sebuah rebadge dari model Star Truck asal negeri Tiongkok.

Di luar pro dan kontra soal Esemka, ternyata bagi perusahaan otomotif lainnya yang sudah terjun di pasar otomotif nasional, hal ini justru ditanggapi santai karena persaingan akan semakin terbuka. Hal ini pula dikatakan Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra.

“Persaingan itu akan membuat kita semua pihak membuat yang terbaik supaya bisa terpilih oleh konsumen. Akibatnya, konsumen akan mendapatkan semua yang terbaik,” ucap Amel di Tangerang, Banten, Senin (17/9/2019).

Namun bagi perusahaan otomotif baru, secara pribadi Amel memberikan saran yang cukup membangun untuk Esemka. Menurut dia, untuk menggarap sebuah bisnis otomotif dianalogikan bahwa perusahaan itu adalah bukan hanya menjadi seorang pelari jarak pendek atau sprinter, melainkan marathon.

“Jadi (bisnis otomotif) panjang, karena yang pakai mobil itukan panjang. Kalau hanya kita jual itukan sekali saja, kalau sampo bisa, kalau mobil kan dipakai terus, jadi ya harus diperhatikan selama dia pakai,” ungkap Amel.

Kata Amel, ada baiknya untuk menjadi perusahaan otomotif baru, khususnya di Indonesia, harus memberikan perhatian lebih mulai dari menyediakan servis, bengkel untuk mempermudah perawatan, serta tersedianya spare part atau komponen.

Seperti diketahui, PT ADM sendiri sudah ada di Indonesia lebih dari 40 tahun lamanya.  ADM merupakan perusahaan joint venture antara Daihatsu Motor Company dengan Astra International yang ada sejak 1978.

Kendaraan bermerk Daihatsu yang di jual di Indonesia dan dipasarkan oleh Astra adalah Daihatsu Zebra, Ceria, Charade, Taft, Feroza, Taruna, Xenia, Terios, Sirion, Gran Max, Luxio, Ayla dan Sigra.

Kendaraan Daihatsu sepenuhnya didistribusikan oleh Astra melalui Divisi Daihatsu Sales Operation yang memiliki 137 jaringan penjualan di seluruh Indonesia, di mana 71 outlet penjualan merupakan cabang langsung dari Astra. (Her)