Copied to clipboard!
Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC)

Dua unit Suzuki Carry menjadi armada team SCRC dalam menangani bencana banjir (Foto : Suzuki Indonesia)



KOMUNITAS

Satu Tahun Perjalanan Komunitas Reaksi Cepat Suzuki, Hadirkan Program Peduli Antisipasi Banjir

Author : Zainal Abidin

18 Nov 2020


Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) baru saja genap berusia satu tahun. Memperingati hari jadinya tersebut, komunitas ini menggandeng PT Suzuki Indomobil Sales dan Indonesian Offroad Federation (IOF) mencanangkan program Peduli Antisipasi Banjir Jabodetabek yang akan berlangsung hingga awal 2021.

Program ini guna mengantisipasi risiko bencana banjir yang mungkin terjadi di Jabodetabek mengingat curah hujan yang cukup tinggi di penghujung tahun hingga awal tahun nanti.

Apalagi saat ini kita masih sama-sama berjuang dalam memerangi wabah COVID-19 yang tentunya akan semakin memperbesar tantangan dalam menghadapi banjir. 

Lewat pencanangan program ini, Tim SCRC mendapat dukungan penuh dari Suzuki Indonesia berupa 1 unit New Carry Ambulance lengkap dengan peralatan medis serta 1 unit mobil Box New Carry. 

Untuk keperluan evakuasi korban banjir, juga ada perahu karet 260 bermesin Suzuki 15PK (Suzuki DT 15 AL), perahu karet 470 Selilingger dengan mesin Suzuki 40PK (Suzuki DT 40 WL), RIB boat, alat selam scuba serta perangkat radio komunikasi sebagai sarana pendukung.

Dukungan juga datang dari komunitas 4X4 Perwira AAU 98 atau biasa disebut K4K4P 98 yang akan mengawal mobilisasi SCRC ke area bencana, baik untuk tujuan pendistribusian peralatan, relawan, dan bantuan lainnya termasuk kendaraan ke medan yang sulit.

Seluruh sarana serta dukungan ini diharapkan mampu memaksimalkan kinerja tim SCRC dalam menangani bencana banjir jika nanti benar-benar terjadi. 

“Merayakan usia setahun perjalanan SCRC, kami menginisiasi program ini untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir, sekaligus mendukung upaya pemerintah daerah dalam pemetaan prioritas bantuan. Meskipun memang tidak akan mudah karena tantangannya lebih berat. Selain menghadapi potensi banjir kami juga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan masyarakat serta relawan dalam penanggulangan bencana banjir,” ungkap Octavian Sc (Koko), Ketua Harian SCRC dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11/2020). 

Nantinya, lewat program ini, seluruh masyarakat Jabodetabek terdampak banjir membutuhkan bantuan dan pertolongan evakuasi, bisa langsung menghubungi layanan Hotline SCRC di nomor 0896-5838-8850.

Inisiasi positif SCRC merayakan usia 1 tahun ini juga mendapat tanggapan positif dari pihak PT Suzuki Indomobil Slaes (SIS). “Kami berterima kasih kepada Suzuki Club Reaksi Cepat yang dengan sigap mencanangkan program Peduli Antisipasi Banjir Jabodetabek. Kami akan mendukung seoptimal mungkin dalam memberikan bantuan. Semoga kegiatan ini akan menguatkan kita semua, khususnya dalam situasi dan kondisi seperti sekarang,” sambut 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra.

Sejarah berdirinya SCRC dimulai pada 28 September 2019 di Jakarta. Sebanyak 14 klub mobil Suzuki memiliki perwakilannya di SCRC dan kini sudah berjumlah 300 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.